Kamar Tidur by GRUPO VOLTA

10 Ide Memasukkan Unsur Kayu pada Rumah Anda

Homify.co.id Homify.co.id
Loading admin actions …

Penggunaan kayu pada sebuah bangunan memiliki sejarah yang panjang. Bahkan material kayu ini menjadi unsur utama pada rumah jaman dahulu hingga sekarang. Namun, dengan berlalunya waktu penggunaan kayu dalam sebuah rumah telah disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat.

Keuntungan menggunakan material kayu adalah bahan ini mudah disesuaikan dengan bentuk bangunan dan salah satu yang terpenting adalah mengenai harganya yang tidak begitu mahal. Selain itu bahan material kayu lebih mudah dirancang karena ringan daripada batu bata. Jika Anda masih belum yakin mengenai bahan material dari kayu, Homify akan memberikan Anda referensi memasukkan unsur kayu pada rumah Anda. Hasilnya? Bisa Anda lihat sendiri di bawah ini!

1. Teras

Suasana romantis yang bisa Anda ciptakan di rumah adalah dengan duduk bersama di teras untuk melihat matahari terbenam. Jika Anda berpikir tentang furnitur yang sesuai untuk mendukung keromantisan Anda, jawabannya adalah kayu. Seperti yang Anda ketahui bahwa kayu yang baik adalah yang kualitasnya meningkat siring bertambahnya waktu. Jadi, teras Anda menua bersama Anda dan pasangan bukan?

Anda hanya perlu menambahkan alas duduk yang empuk untuk mendukung kenyamanan Anda dan pasangan. Teras ini akan menjadi tempat bersantai yang romantis bersama pasangan!

2. Meja Dapur

Meskipun kayu adalah bahan yang mudah sekali terbakar, tapi menggunakan kayu sebagai material untuk di dapur adalah pilihan yang pas. Ada beberapa jenis kayu yang memiliki ketahanan terhadap panas. Sehingga, tidak akan membuat permukaan meja bar cepat rusak jika Anda meletakkan sesuatu yang panas di atasnya. Anda butuh untuk meghubungi para ahli dari Homify untuk mendesain sekat antara kompor sebagai area yang panas dengan meja kayu Anda. Hal ini untuk menghindari kesalahan yang tidak diinginkan.

3. Kamar Mandi

Memiliki kamar mandi dengan lantai kayu akan membantu Anda memudahkan saat membersihkannya. Dengan perawatan yang tepat dan tidak terlalu sulit, kayu tetap bisa menjaga suhu ruangan dan kelembapan yang sempurna. Untuk menciptakan suasana nyaman dan membantu Anda melakukan rileksasi, Kamar mandi dengan material kayu membawa Anda menuju suasana hangat pedesaan yang kental. Shower sengaja di letakkan di dalam kotak kaca untuk memberikan dinamisme dalam kamar mandi. Menggunakan cermin yang cukup besar juga akan memberikan efek visual yang lebih luas untuk kamar mandi Anda.

4. Kamar Tidur

 Kamar Tidur by GRUPO VOLTA
GRUPO VOLTA

Recamara principal

GRUPO VOLTA

Alasan utama menggunakan kayu sebagai material pembuatan ruangan adalah karena sifat kayu sebagai isolator. Kayu mampu menjaga panas dalam ruangan agar tidak terlalu panas, dan memberikan kesejukan tapi tidak terlalu dingin. Tidak peduli bagaimana kondisi cuaca di luar rumah, ruangan atau rumah dengan material kayu akan tetap terasa hangat di dalamnya.

Bagaimana dengan kamar tidur? Tentu saja ini adalah ide yang menarik. Ruangan yang hangat dan tidak terlalu panas akan membantu Anda menciptakan suasana nyaman untuk meningkatkan kualitas tidur Anda. Dipadukan dengan wana putih memberikan kesegaran pada kamar Anda. Menggunakan kayu hampir di seluruh ruangan membantu Anda untuk tidak menambahkan dekorasi lain di kamar.

5. Lantai untuk Teras

 Teras by MAA Architects
MAA Architects

Telegraph House

MAA Architects

Jika Anda tinggal di perkotaan dan merasa tidak punya lahan untuk membangun sebuah teras, ide ini bisa Anda terapkan pada rumah Anda. Menggunakan kayu senagai lantai teras yang berada di atap rumah bukan ide yang buruk bukan? Teras ini bisa Anda gunakan untuk bersantai bersama teman atau keluarga menikmati langit sore yang menenangkan. Untuk menambahkan kesan natural pada teras ini, Anda juga bisa memilih furnitur kayu dan beberapa tumbuhan hidup sebagai hiasannya. Menarik bukan?

6. Pagar Rumah

Pagar kayu adalah elemen yang sangat khas dari rumah Amerika, yang telah diperkuat oleh film dan seni media. Selain itu, pagar bisa memberikan kesan yang lebih intim dan memiliki privasi tinggi bagi pemilik rumah. Menggunakan kayu sebagai pagar dan kerangka teras adalah pilihan yang tepat untuk Anda yang menyukai nilai seni tinggi. Keindahan yang disuguhkan dengan paduan warna coklat kayu dan putih membuat rumah ini tampak manis dan ramah bagi siapapun.

Baca juga ide membuat pagar atau fasad untuk Anda yang menyukai rumah dengan privasi tinggi. Homify sudah menyediakannya untuk Anda!

7. Pintu Masuk Rumah

 Rumah by WIZJA
WIZJA

Dom w Burowie

WIZJA

Menambahkan kayu pada fasad atau pagar depan rumah menjadi ide yang selanjutnya. Fasad yang identik dengan rumah modern dipadukan dengan material bernuansa pedesaan. Sangat sulit menemukan bangunan dengan material kayu di perkotaan. Jadi, mengapa tidak Anda coba untuk terlihat beda?

Pintu dan jendal fasad yang terbuat dari kayu memberikan sentuhan alami, nyaman dan ramah bagi siapapun yang datang berkunjung. Hal ini akan membantu Anda memecahkan stigma privasi yang tinggi untuk rumah dengan fasad yang tertutup sempurna.

8. Kolam Renang

 Taman by homify

Menanam rumput di pinggiran kolam memiliki beberapa kelemahan antara lain, lumpur yang ditimbulkannya saat terkena air, sisa air kolam yang menggenang bahkan kadang sampai merendam furnitur yang berada di pinggir kolam. Untuk mengatasinya, seorang arsitek bernama Rousseau memberikan ide untuk pinggiran kolam yaitu dengan memasangkan platform kayu yang mengelilingi kolam. Selain untuk mengatasi beberapa masalah di atas, kayu ini akan membuat penampilan taman belakang Anda terlihat lebih elegan dan tetap harmonis dengan alam sekitarnya.

9. Loteng

Balok-balok kayu yang menandai struktur dan berfungsi sebagai dasar atap merupakan elemen yang telah banyak digunakan dalam konstruksi. Kuat dan mudah untuk disusun menjadi alasan mengapa banyak konstruski menggunakan kayu. Untuk menambahkan kesan pedesaan yang kuat dan menyeimbangkan komposisi kayu di atap, Anda bisa menambahkan kayu untuk ditempelkan pada dinding loteng.

10. Tangga

 Koridor dan lorong by Elia Falaschi Photographer
Elia Falaschi Photographer

CASTELLO CECONI – INTERNI

Elia Falaschi Photographer

Desain tangga seringkali dirasa tidak perlu. Bahkan Anda mungkin lebih memilih desain tangga yang fungsional dan tidak terlalu rumit. Tapi dengan menggunakan balok-balok kayu yang disusun secara artistik seperti pada gambar, membuat Anda berpikir dua kali untuk mengabaikannya. Letaknya yang seringkali berada di sudut ruangan tidak membuat tangga harus terlhat biasa saja bukan?

Jika Anda merasa belum puas dengan ide-ide pada artikel ini, Anda bisa menelusuri segala macam tentang seluk-beluk rumah hanya di Homify! Kami sudah menyediakannya lengkap untuk Anda.

Jadi apakah Anda tertarik menggunakan unsur kayu pada rumah? Share di kolom komentar!
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!