by ABingPlus

12 Cara Mengolah Makanan Agar Tubuh Lebih Sehat

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Kepedulian pada makanan sehat dewasa ini terus meningkat. Masyarakat mulai mempertanyakan dan berintrospeksi tentang kebiasaan makan mereka. Apakah daging, ikan, sayuran yang dimakan mengandung gluten atau tidak, mengandung laktosa atau tidak, organik atau tidak… Semua kekhawatiran ini muncul karena masyarakat telah memahami bahwa sehat itu mahal. Memasak makanan pun tidak bisa sembarangan dan ada juga makanan yang tak boleh terlewatkan dalam asupan harian. Semua ini diperlukan agar kita tidak mengalami obesitas atau gangguan kesehatan. 

Buku ide kami kali ini menyajikan beberapa cara memasak makanan sehat untuk Anda sekeluarga. Bacalah sekarang agar tidak menyesal kemudian. 

1. Semua berawal dari dapur

 Dapur by homify

Benar, makanan sehat berawal dari dapur. Jadi penting bagi kita untuk memilih produk berkualitas. Jika kita punya makanan sehat di dapur, makanan kita seharusnya sehat dan kaya vitamin. Jauhilah produk mengandung lemak jenuh yang banyak dijual di pasar swalayan. 

Baca juga: 

8 Tips Menata Dapur Berdimensi Kecil 

2. Buah-buahan lebih baik daripada biskuit

 Garden  by Strigo GmbH
Strigo GmbH

picnic-set

Strigo GmbH

Buah-buahan jauh lebih menyehatkan daripada coklat, biskuit, atau cake. Ada aneka warna, bentuk dan rasa buah yang bisa kita pilih. Daripada menyimpan sebungkus wafer dalam tas, lebih baik simpan sebutir apel, jeruk atau buah apapun yang kita suka. Anda juga bisa memotong buah menjadi beberapa bagian, lalu memasukkannya dalam kotak bekal. 

3. Agar roti isi lebih menyehatkan

 Kitchen by ABingPlus
ABingPlus

BENTO BOX Deep

ABingPlus

Sepotong sandwich atau roti isi bisa jadi santapan menyehatkan, tergantung apa yang Anda masukkan sebagai isinya. Selain telur atau keju, jangan lupa masukkan beberapa lembar sayuran hijau seperti selada atau tomat. Pilihlan roti tawar gandum berwarna gelap. Dengan demikian roti isi Anda jadi lebih menyehatkan daripada burger atau croissant isi ham.  

4. Bawa bekal makan siang ke tempat kerja

modern Kitchen by ABingPlus
ABingPlus

BENTO BOX Deep

ABingPlus

Tak perlu malu bawa bekal makan siang ke tempat kerja. Ini adalah salah satu cara menghemat pengeluaran dan baik untuk kesehatan. Kita bisa makan tanpa rasa waswas, karena kita sendiri yang menyiapkan makanannya. Gunakan wadah terpisah jika Anda ingin membawa bekal sayuran berkuah. 

5. Banyak makan sayur

Apakah Anda makan sayur setiap hari? Jika tidak, segera ubahlah kebiasaan ini. Agar lebih mengundang selera, Anda bisa mengukus sayuran hijau dan menambahkan bumbu kacang di atasnya. Bisa juga dimakan bersama bumbu kelapa dan nasi hangat agar terasa nikmat. Jangan dimasak terlalu lama agar vitamin dan nutrisi di dalamnya tidak hilang. 

6. Memanggang lebih menyehatkan

 Garden  by Heritage Morso
Heritage Morso

Morsø Forno Deluxe Plus Package

Heritage Morso

Memanggang daging, ikan, dan sayuran lebih baik daripada menggorengnya. Kandungan kolesterol jahat dalam minyak goreng bisa membuat Anda rentan terserang penyakit jantung. Memanggang makanan bisa membantu Anda mencegah masalah kesehatan.

Baca juga: 

7 Desain Panggangan dan Kompor Kayu yang Menakjubkan

7. Makanan lucu untuk si susah makan sayur

modern Kitchen by Givensa

Anak atau keponakan Anda sering menolak makan sayur? Coba bentuk atau hias makanan menggunakan cetakan seperti contoh. Anak akan tergoda untuk menyentuh dan menyantapnya. 

8. Hindari roti tawar putih

 Kitchen by Sonntagsstaat
Sonntagsstaat

Bread Bin

Sonntagsstaat

Roti tawar putih mengandung karbohidrat tinggi yang bisa meningkatkan kadar gula darah. Selain itu, kandungan gluten dalam roti tawar putih bisa menyebabkan alergi dan mengganggu kinerja otak bagi beberapa orang yang tubuhnya kurang mampu mencerna zat ini. Beralihlah mengkonsumsi roti tawar hitam yang saat ini telah tersedia di beberapa kota besar di Indonesia.  

9. Cerdas saat menumis

modern Kitchen by Il Ricamificio
Il Ricamificio

Grembiule da cucina ricamato – PAPA'

Il Ricamificio

Sayur tumis memang lezat. Namun kandungan nutrisi bisa hilang dan makanan yang digoreng kurang bermanfaat untuk kesehatan. Tumis sayuran tanpa minyak, atau gunakan minyak zaitun atau minyak kelapa saat menumis.

10. Saus coklat plus buah

Cairkan coklat batangan, lalu tambahkan kenari atau kacang di dalamnya. Setelah dingin, simpan dalam wadah khusus, dan masukkan dalam kulkas. Sajikan saus coklat bersama buah potong. Dengan cara ini siapapun pasti akan lebih bersemangat saat menyantap buah-buahan. 

11. Agar lebih sering minum air putih

Minuman berkarbonasi atau jus kemasan mengandung pemanis buatan dan bahan-bahan lain yang berbahaya untuk kesehatan. Air putih selalu lebih baik. Namun rasanya yang tawar membuat beberapa orang ogah meminumnya. Tuang air putih dalam teko kaca, lalu tambahkan potongan jeruk, apel, atau daun mint ke dalamnya. Rasanya yang unik dan tampilan menarik akan membuat semua jadi tertarik minum air putih lebih banyak.  

12. Tetap terinspirasi

Jangan pernah bosan mencari inspirasi makanan sehat di mana saja. Jika telah bosan menatap layar smartphone atau laptop, bacalah buku atau majalah resep makanan. Anda juga bisa bertukar resep makanan sehat dengan ibu, nenek, saudara, atau tetangga. 

Baca juga: 

Mendesain Dapur Sesuai Zodiak Anda

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!