Rumah by 株式会社CAPD

7 Desain Rumah Panggung Untuk Daerah Langganan Banjir

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Banjir rupanya sedang menjadi tren di beberapa daerah di Indonesia. Bukan tren yang menyenangkan memang. Kerugian materi, waktu, dan tenaga selalu menjadi akibatnya. Belum lagi gangguan kesehatan yang diderita para korban. Di beberapa kota, banjir tak terelakkan karena berbagai sebab. Namun memindahkan warga yang tinggal di daerah langganan banjir juga bukan hal mudah. Oleh karena itu, perlu dipikirkan suatu desain rumah yang kokoh dan bisa menjadi tempat berlindung saat terjadi banjir. 

Masyarakat Jakarta yang tinggal di area langganan banjir umumnya membangun rumah dua lantai. Di hari-hari normal, kehidupan di rumah berjalan seperti biasa. Di saat banjir, lantai pertama dikosongkan dan semua barang diangkut ke lantai dua. Berikut adalah beberapa desain rumah dua lantai yang bisa diterapkan di daerah langganan banjir. Bisa juga diterapkan di daerah lain yang 'baik-baik saja'.

1. Rumah panggung

Bentuk rumah dari kayu ini mengingatkan kita pada rumah tradisional di Sumatra, Sulawesi, dan Kalimantan. Bagian bawah rumah tidak dipakai sebagai tempat tinggal dan biasanya digunakan sebagai kandang hewan ternak. Di era modern, Anda bisa memanfaatkan bagian bawah rumah menjadi taman. Saat banjir datang Anda tak perlu repot mengangkut barang-barang, tetap kering dan tenang sambil menunggu banjir surut.

2. Rumah panggung kubus

Rumah panggung berbentuk kubus tampak elegan kalau dilihat dari jauh. Bagian luarnya berlapis kayu. Sedangkan jendelanya mengelilingi rumah secara horizontal agar privasi penghuni tetap terjaga. Lantai atas rumah ini disangga oleh pilar beton dan struktur di lantai bawah yang terbuat dari beton. Lantai bawah sengaja dikosongkan, siap kapan saja menerima kedatangan banjir. Saat tidak banjir, lantai bawah bisa digunakan sebagai garasi. 

Baca juga: 

Rumah Kubus Memanjang Bergaya Cottage

3. Rumah kayu panjang

Rumah ini merupakan variasi dari contoh desain rumah di atas. Keduanya sama-sama terbuat dari kayu dan dibangun di atas struktur keras. Bedanya, rumah kayu ini bentuknya memanjang dan berlandaskan bangunan granit di bawahnya. Rumah kayu panjang juga sudah dikenal masyarakat Indonesia sejak berabad silam, khususnya di daerah Kalimantan dan Mentawai.

4. Joglo modern?

Inilah alternatif bagi Anda yang ingin punya rumah dengan ruang tamu terbuka tapi tinggal di daerah langganan banjir. Lantai dua dibangun di atasnya dan dilengkapi jendela-jendela kaca besar. Rumah ini mirip sekali dengan rumah joglo di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Perbedaan ada pada dinding dan pintu kaca yang mengelilingi ruang duduk. Di saat banjir area ini bisa dikosongkan, dan Anda bisa mengamati keadaan sekitar dari jendela kaca di lantai dua.

5. Aman dan dekat dengan alam

Rumah ini terbuat dari paduan bahan kayu, semen dan beton. Jika cuaca sedang bagus, lantai pertama jadi tempat berkumpul yang menyenangkan sambil menikmati angin sepoi-sepoi dan hijaunya dedaunan. Di saat banjir, lantai dua bisa jadi tempat berlindung yang aman. Letakkan perabot yang ringan di lantai satu agar mudah dipindahkan ke atas ketika banjir datang.

6. Rumah panggung penuh gaya

Seperti rumah yang berdiri di atas tanah, rumah panggung juga punya banyak variasi. Jika tidak suka gaya kuno, pilih saja gaya modern yang paling Anda suka. Misalnya rumah panggung dengan panel kayu seperti contoh. Jendela di lantai dua dilengkapi dengan dua daun jendela, satu dari kaca dan lainnya dari kayu. Cara unik dan menarik untuk menjaga privasi dan mengawasi keadaan sekitar setiap saat.

7. Rumah panggung minimalis

 Rumah by OBBA

Rumah yang didirikan di dataran rendah memang perlu memiliki pengamanan ganda terhadap banjir. Bisa dilakukan dengan membuat pagar tinggi dan sulit ditembus air, seperti pagar batako dalam contoh ini. Kemudian membangun rumah dengan lantai dasar yang kuat dan lantai atas yang lapang untuk menyimpan barang. Jika ini tidak memungkinkan dan lantai atas tidak terlalu luas, usahakan agar lantai pertama tidak terlalu penuh dengan barang atau perabotan. 

Di hari-hari normal, rumah panggung minimalis terlihat indah dan nyaman sebagai istana untuk keluarga dengan dua anak.

Baca juga: 

25 Ide Rumah Minimalis di Bawah 100 meter persegi

Manakah desain rumah yang paling Anda suka?
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!