Rumah by puschmann architektur

Rumah Cantik ini Selesai Dibangun dalam 5 Bulan!

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Rumitnya proses pembangunan rumah akan memakan waktu lama. Belum lagi jika cuaca tidak bersahabat. Pembangunan rumah dipastikan akan molor beberapa bulan, bahkan tahun. 

Kini sudah ada solusi praktis untuk menyingkat proses pendirian rumah. Solusi ini disebut rumah prefabrikasi, atau rumah prefab. Bagi Anda yang belum paham, rumah prefabrikasi adalah rumah yang bagian-bagiannya telah dibuat di pabrik. Bagian-bagian seperti dinding, atap, dsb, nantinya akan dirangkai di atas tanah di mana rumah akan didirikan. Umumnya material rumah prefab adalah kayu. Merancang rumah prefab membutuhkan waktu sedikit lama, namun pembangunan bisa selesai dalam hitungan minggu. 

Coba tebak, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mendirikan rumah prefab Holzrahmenbau karya Puschmann Architecktur ini? Hanya lima bulan! Pondasi rumah, kerangka, dan konstruksi dasar lain dibuat dalam waktu dua hari. Sedangkan finishing selesai dalam dua minggu. Tertarik? Mari kita kunjungi saja rumah yang berlokasi di Jerman ini. 

1. Fasad rumah

Rumah prefab, yang juga disebut dengan rumah moduler, mempunyai ciri khas berbentuk seperti susunan kubus. Bentuk kubus dipilih karena mudah dirangkai, lebih stabil, dan bisa memperpendek waktu pembangunan. Meski dibangun dalam waktu singkat, aspek estetika tetap diperhatikan. Dominasi warna putih tampak seimbang dengan abu-abu tua dan muda di dinding, pintu, kusen jendela dan atap rumah. 

2. Garasi dan teras rumah

Lantai atas rumah prefab ini dibangun lebih besar daripada lantai bawah. Tujuannya agar bagian lantai atas yang menjorok keluar bisa berfungsi sebagai atap teras. Jalan masuk ke garasi dan teras semuanya terbuat dari semacam konblok. Tampak serasi dengan nuansa lantai bawah yang abu-abu. 

3. Sentuhan interior Skandinavia

Interior rumah tampak hangat dengan sentuhan Skandinavia. Serba putih adalah ciri khas gaya interior yang tengah ngehits ini. Lantai, anak tangga dan susuran tangga semua berlapis kayu warna cerah. Jendela kecil di area tangga membuat seisi rumah terang oleh sinar matahari sampai senja tiba. Ruangan yang tampak di sini adalah kamar anak dan kamar orang tua di sebelahnya. 

4. Material modern yang natural

Sekedar mengingatkan, bagian yang tampak pada gambar ini juga telah dibuat di pabrik sebelum dipasang menjadi rumah utuh di lokasi. Pemilihan warna dan material interior sungguh mengesankan. Di lantai bawah pun pintu dan lantai kayu yang difurnish cerah menghadirkan suasana hangat dan natural. 

5. Ruang keluarga, ruang makan, dapur

Konsep ruangan terbuka juga diterapkan di rumah prefab. Waktu pendirian rumah jadi lebih singkat karena lebih sedikit dinding yang dipasang. Suasana di dalam rumah pun lebih terasa lapang dan bersahabat. Ruang keluarga, ruang makan dan dapur terintegrasi juga bisa mempererat jalinan kekeluargaan antara penghuni rumah. Pintu geser kaca diletakkan di sini agar rumah lebih terang. Menikmati suasana halaman belakang jadi hiburan setiap hari para penghuni rumah. 

Tertarik ingin punya rumah prefab? Baca tips sebelum membelinya di: 

7 Tips Sebelum Membeli Rumah Prefabrikasi

6. Halaman belakang

Dari sisi ini kita akhirnya bisa melihat dengan jelas bagaimana bentuk sejati rumah prefab ini. Rumah yang tampaknya terdiri dari dua kubus yang berbeda di depan, ternyata terintegrasi di belakang. Menarik bukan? Aksen abu-abu kebiruan di jendela atas sengaja diberikan agar komposisi warna bangunan seimbang. Area berkonblok bisa digunakan sebagai lokasi pesta barbekyu saat cuaca sedang cerah. 

Simak contoh desain rumah prefab lainnya di: 

Rumah Prefabrikasi Anggun Berlangit-langit Tinggi

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!