by Design Within Reach Mexico

9 Inspirasi Ruang Tamu untuk Sahabat dan Keluarga

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Berkumpul bersama teman-teman, siapa sih yang tidak suka? Saya yakin, mereka yang suka menyendiri pun ada kalanya ingin bertemu sahabat untuk mengobrol sambil menikmati secangkir kopi. Masalahnya, bila setiap minggu nongkrong bareng di kafe lama-lama isi dompet bisa terkuras. Mengapa tidak nongkrong di rumah saja? Selain lebih irit, Anda dan teman-teman bisa melewatkan waktu sesuka hati. Kolega, teman SMA, atau kerabat bisa datang kapan saja. Asal tidak berisik dan mengganggu tetangga. 

Nah, apa yang dibutuhkan agar nongkrong bareng semakin asyik? Selain makanan dan minuman, kita butuh tempat yang nyaman. Suasana pun harus mendukung agar komunikasi lebih lancar, akrab, dan hangat. Kalau ada waktu luang, sempatkan waktu menata ulang rumah agar teman-teman dan kerabat senang berkunjung ke rumah Anda. homify punya beberapa contoh desain ruang keluarga yang bisa Anda terapkan sekarang juga. 

1. Poster atau gambar penarik perhatian

Ciptakan sebuah hunian yang mencerminkan karakter Anda. Gantungkan poster, gambar, atau lukisan yang paling Anda sukai. Bisa juga poster kata-kata mutiara dengan bentuk huruf unik dan tata letak menarik. Jangan lupa pilih warna poster yang sesuai dengan warna dinding dan furnitur. Di saat bahan obrolan telah habis, poster atau lukisan di ruangan bisa menjadi bahan pembicaraan seru. 

2. Sempit tidak masalah

Keakraban bisa terjalin lebih intens di ruangan yang terbatas. Anda hanya perlu mengatur peletakan furnitur dan dekorasi agar nyaman untuk semua. Bentuk furnitur tidak terlalu penting. Cara penataan elemen hiasan lebih utama. Rumah LDK hasil karya Dwarf ini menerapkan gaya California yang didominasi warna-warna alam, yaitu biru, putih dan coklat. Karpet motif bohemia di area makan dan hiasan kerang-kerangan membuat kita seolah sedang nongkrong di pantai barat Amerika.   

3. Mainkan cahaya

Dengan tata lampu yang unik, ruangan yang biasa jadi luar biasa. Ruangan karya Alts Design Office ini buktinya. Dapur yang bergaya bar sudah unik. Apalagi ditambah lampu-lampu di atas meja makan. Kubus yang diletakkan di sekeliling lampu menghasilkan seberkas bayangan yang mengagumkan. Ide sederhana tapi brilian. 

Dari sudut pandang lain

Ruangan di atas ternyata cukup luas. Di sisi kanan meja makan ada beberapa meja yang ditata persis seperti di rumah makan. Setiap meja diterangi lampu di atasnya. Bisa dibayangkan serunya perbincangan yang bisa terjadi di sini. Siapapun pasti betah nongkrong sampai lupa waktu. 

4. Para cewek juga butuh nongkrong

 Koridor dan lorong by Ayuko Studio
Ayuko Studio

Our photoshoot of apartment design by Mama Studio

Ayuko Studio

Ini adalah contoh desain ruangan di apartemen atau rumah kontrakan para gadis, mahasiswi, atau wanita dewasa yang belum berkeluarga. Ada area khusus yang disediakan untuk teman-teman. Mereka bisa bergosip atau membahas tugas kuliah atau pekerjaan. Agar hemat listrik, meja untuk belajar atau bekerja sebaiknya diletakkan di dekat jendela. Agar ruangan benar-benar 'gue banget' kita pasti ingin mengisinya dengan hal-hal yang kita sukai, termasuk furnitur. Jika furnitur impian tidak tersedia di pasaran, buat atau pesanlah pada ahli furnitur. Padu padankan semuanya, besi, kayu, plastik .. Di tempat tinggal kita bebas bereksplorasi dan menjadi diri sendiri.  

5. Ruang nongkrong penuh warna

Hiaslah ruangan tempat Anda bersosialisasi dengan warna-warna favorit. Bisa pakai warna kuning kalau Anda suka warna cerah. Lalu kombinasikan dengan warna-warna cerah lainnya, seperti biru atau ungu. Bagaimana kalau suka warna gelap? Boleh saja. Jangan lupa sisakan tempat untuk warna cerah yang netral seperti putih atau abu-abu pastel. 

6. Alternatif desain ruangan nongkrong para pria

Simpel dan lugas adalah karakter umum pria muda. Gaya ruangan nongkrong yang cocok untuk pria usia ini adalah minimalis. Furnitur minimalis dengan beberapa benda favorit sudah cukup untuk tempat di mana si pemilik biasa berkumpul bersama teman-temannya. Misalnya hunian LDK (living room dining room kitchen/ ruang tamu ruang makan dapur) dengan dapur menjadi area pertama setelah pintu depan seperti contoh ini. Dinding kayu dicat putih agar ruangan terlihat luas, sementara lantai kayu alami senada dengan meja kopi dan kursi makan. Ini ruangan favorit saya.  

7. Bersantai dan menyalurkan hobi

Selain ngobrol, apa yang biasa Anda lakukan bersama teman-teman saat nongkrong? Main musik, nonton film, baca buku? Buat agar ruang nongkrong Anda mendukung semua aktivitas Anda. Tata buku-buku di belakang sofa bersama hiasan dan foto yang membangkitkan kenangan manis. Alat musik seperti keyboard atau gitar sebaiknya bisa dijangkau dan tidak membuat ruangan sesak. 

8. Ruangan menuju kesuksesan

Saat usia bertambah, selera kita berubah. Kita tetap menyukai hal-hal yang dulu kita sukai, tapi dengan cara yang berbeda. Kita ingin agar acara nongkrong bukan hanya sekedar menggosip atau mengenang masa lalu. Tata ruang kasual diharapkan bisa menghasilkan ide-ide baru. Sedikit kontras diperlukan agar ruangan tidak suram. Ini diwakili oleh lampu dan kursi makan berwarna merah.

Dari sisi lain

Sediakan papan tulis agar ide yang muncul bisa langsung dituliskan. Gunakan papan tulis model kuno agar orang tertarik melihat apa yang tertulis di atasnya. Ruangan nongkrong gaya industrial ini cocok untuk mereka yang senang bekerja kapa mereka menginginkannya, namun tak ketus jika dikunjungi tamu. Kursi-kursi di area ini menggunakan kursi-kursi lama yang dicat ulang. 

9. Nongkrong di dapur

 Dapur by 久保田正一建築研究所
久保田正一建築研究所

コンクリート打ち放しキッチン

久保田正一建築研究所

Meja dapur sekaligus meja makan dan meja kopi. Ini ide menghemat ruang yang sangat menarik. Furnitur dapur karya Kubota Shoichi dirancang agar pemilik rumah tetap bisa beraktivitas sambil berbincang bersama tamunya. Tentu saja akan memalukan kalau piring kotor dibiarkan menumpuk di sini.  

Baca juga: 

7 Tips Menata Ruang Keluarga Sempit

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!