Ruang Keluarga by Polygon arch&des

9 Trik Menata Apartemen Mungil

KSMR KSMR

Tanya harga

Invalid number. Please check the country code, prefix and phone number
Dengan mengklik 'Kirim' saya mengkonfirmasi bahwa saya telah membaca dan menyetujui Kebijakan Privasi bahwa informasi saya akan diproses.
Catatan: anda dapat mencabut persetujuan tersebut kapan saja dengan mengirim email ke privacy@homify.com.
Loading admin actions …

Ada trik khusus yang perlu Anda ketahui dalam menata apartemen berukuran mungil. Sekalipun penataan tersebut agak sedikit terhalang oleh luas ruang yang ada, namun tak ada yang tak mungkin untuk diwujudkan jika para profesional sudah turun tangan dalam memecahkan solusi tersebut.

Dalam list yang akan kami jabarkan dalam buku ide kali ini, Anda dapat mengaplikasikan berbagai trik cerdas seputar pemanfaatan ruang, agar apartemen mungil Anda dapat tetap terasa nyaman dan fungsional, sekalipun luasnya tak memadai. Untuk itu, sebelum Anda benar-benar ingin merombak setiap sudut ruang apartemen Anda menjadi lebih fungsional dari sebelumnya, baiknya Anda simak penjabaran list trik berikut:

1. Menciptakan ruang kerja di ruangan Anda

Demi memanfaatkan ruang yang ada di apartemen Anda, Anda dapat mengkolaborasikan ruang tidur Anda dengan ruang kerja. Seperti yang terlihat pada gambar, Anda dapat memanfaatkan satu sudut ruang di kamar tidur Anda sebagai ruang kerja. Tak perlu ramai, cukup hadirkan satu rangkai meja dan kursi untuk menegaskan ruang tersebut.

2. Meniadakan partisi antar ruangan

 Ruang Keluarga by ArchDesign STUDIO
ArchDesign STUDIO

APTO Dunguenhein

ArchDesign STUDIO

Penataan interior tanpa partisi adalah ide cerdas yang dapat Anda lakukan untuk memberikan kesan luas di apartemen Anda. Seperti yang terlihat pada gambar, Ruang makan di apartemen tersebut terlihat saling terhubung dengan kedua ruangan diantaranya, yaitu ruang dapur dan ruang keluarga.

3. Membuat alur antar ruangan

  by Polygon arch&des
Polygon arch&des

APARTMENT “VERBI”

Polygon arch&des

Sekalipun banyak furnitur, Anda tetap harus menjaga keleluasaan Anda dan tamu Anda saat sedang berada di dalam apartemen. Untuk menjaga keleluasaan tersebut, Anda dapat memilih furnitur-furnitur berdesain ringkas sehingga apartemen Anda tidak terasa pengap untuk ditempati.

4. Menyatukan keseluruhan konsep ruangan dalam satu tema

Menghadirkan satu tema khusus pada keseluruhan sudut ruangan di apartemen, adalah satu trik lain yang dapat Anda lakukan untuk menghadirkan nuansa unik didalamnya.

5. Memanfaatkan banyak media penyimpanan

 Dapur by Kali Arquitetura
Kali Arquitetura

SRR | Área de Serviço

Kali Arquitetura

Pastikan Anda memiliki banyak ruang penyimpanan di apartemen Anda, agar Anda dapat menyimpan berbagai keperluan Anda didalamnya. Tapi ingat, dalam menata media penyimpanan tersebut, Anda perlu meletakkannya di satu sudut ruangan, agar apartemen mungil Anda tak terlihat berantakan oleh keperluan tersebut.

6. Gunakan warna bernuansa gelap untuk meningkatkan karakter suatu ruangan

Meskipun banyak ruang yang terlihat apik menggunakan banyak warna terang, namun nyatanya penggunaan warna gelap dapat juga membuat ruangan terlihat elegan. Seperti yang terlihat pada gambar, hal tersebut dapat saja diwujudkan, asal unsur penerangan dapat dimaksimalkan pada siang hari, agar kesan terang dapat tetap hadir disekitar ruangan tersebut.

7. Ciptakan gaya tertentu di apartemen Anda

Selain tema dari segi warna, tentukan juga konsep atau gaya tertentu di ruangan apartemen Anda, agar nuansa baru di apartemen Anda dapat terasa dibanding sebelumnya.

8. Gunakan partisi cerdas

Meskipun agak berseberangan dengan tips sebelumnya, namun dari segi konsep, partisi yang dihadirkan dalam apartemen mungil tentu berbeda dengan yang umum kita lihat pada kebanyakan konsep partisi di rumah maupun apartemen mewah. Seperti yang telrihat pada gambar, wujud partisi yang digunakan tidaklah benar-benar partisi yang menghadirkan kesan sempit dalam ruangan. Di gambar tersebut terlihat bahwa material kaca lebar transparan dapat pula Anda jadikan sebagai partisi yang cerdas, guna membatasi antara ruang publik dan ruang privasi didalamnya.

9. Hindari sudut yang tak berguna jika hal itu mungkin dilakukan

Karena dimensinya yang mungil, untuk itu maka  Anda perlu fokus menata setiap ruangan hingga ke sudut-sudutnya. Kenapa? Agar ruang apartemen Anda terlihat fungsional dan tak terlihat aneh jika ada kekosongan ruang di salah satu sudut. Sekalipun tak ada fungsi dari salah satu sudut di ruangan Anda, Anda dapat berikan aksen berbeda, atau bahkan instalasi seni berupa ornamen patung maupun lukisan tertentu pada sudut apartemen tersebut, agar apartemen Anda terlihat ceria dari sebelumnya.

So, sudah siapkan Anda menata ulang apartemen mungil Anda? Jika sudah, segera hubungi para profesional di kota Anda, untuk memudahkan Anda berkonsultasi seputar konsep dan dana yang dibutuhkan untuk melakukan renovasi tersebut.

Anda tertarik dengan trik ini?
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!