Ruang Makan by Will Eckersley

Gaya Dapur Terbuka dengan 10 Pilihan Struktur Pembagi Ruangan yang Unik

Prisca Akhaya Prisca Akhaya
Google+
Loading admin actions …

Konsep ruangan lapang dan perencanaan tanah yang terbuka di mana para individu yang tinggal di dalamnya dapat bergerak dengan bebas kini merupakan bagian yang penting dalam hunian masa kini. Bagaimanapun, hal ini juga memiliki kekurangan ketika dapur, ruang makan dan ruang tempat tinggal berada dalam satu ruangan. Bau makanan, suara bising dan pemandangan cucian kotor, semua kriteria ini membuat banyak pembangun gedung berpikir untuk memisahkan area memasak dengan area lainnya di dalam rumah. Solusi yang diambil adalah pemisah dan pembatas ruangan yang memberikan permainan struktur, menampilkan kejelasan visual dan memastikan adanya pemisahan yang lebih teratur tanpa membatasi kesan modern. Apa saja pemisah atau pembagi ruangan yang bisa Anda pilih:

​1. Pintu geser kaca

Pintu geser yang terbuat dari kaca merupakan salah satu jenis pembagi ruangan yang cukup populer, karena penyekat ini memungkinkan dapur berada di tempat terpisah tanpa kehilangan jarak pandang dan pencahayaan. Fungsinya membuat pemandangan di sekitar tetap dapat diakses, namun membatasi suara dan aroma dari dapur.

2. Cooking island atau bar sarapan

Gaya klasik bagi keluarga yang ingin memisahkan dapur terbukanya dari area makan dan ruang tamu: yaitu dengan menempatkan cooking island atau/dan konter dapur yang juga berfungsi sebagai semi pembagi ruangan. Gaya ini juga dapat diaplikasikan dengan kabinet berukuran tinggi sedang atau tempat duduk sudut.

3. Setengah dinding serta rak buku

 Dapur by 1852M

Menggunakan dinding yang dibangun hanya setengah dari keseluruhannya membatasi dapur, namun tetap memberikan akses yang cukup bagi pengguna dapur. Selain setengah dinding, penggunaan rak buku juga dapat dimanfaatkan dalam ukuran tinggi, bentuk dan gaya apapun.

4. Menurunkan level

 Ruang Makan by Will Eckersley
Will Eckersley

Broadhinton Road

Will Eckersley

Pembagian ruangan dengan gaya berikut tidak membuat Anda terbebas dari aroma dan suara yang keluar dari dapur, namun struktur dari perencanaan area terbuka ini menekankan tampilan visual. Ketika area memasak dipindahkan dan diturunkan beberapa anak tangga dibandingkan dengan ruangan sekitarnya, akan diperoleh atmosfer yang lebih nyaman dengan level ketinggian berbeda dan tampilan yang tampak lebih luas.

5. Perapian

Salah satu pembagi ruangan yang juga populer adalah perapian antara dapur terbuka dan area duduk keluarga. Melalui pemisahan dengan perapian, ruangan menjadi lebih nyaman dan hangat. Poin terbaik dari gaya ini adalah banyaknya sisi unik yang dapat ditampilkan sehingga dapat dinikmati dari mana saja.

6. Pengaturan lantai

Apartemen kecil harus memperhatikan setiap sudut meter perseginya, dan pembagian ruangan dengan sekat yang tebal sama sekali tidak efisien. Jika diperlukan struktur dan pemisahan ruangan memasak dari ruangan yang lainnya, salah satu penyekat dapat menggunakan pelapis lantai yang berbeda, seperti ubin untuk dapur dan kayu untuk sisanya.

7. Tirai geser

 Windows & doors  by Bilderwelten
Bilderwelten

Design Schiebegardinen | Schiebevorhänge | textile Raumtrenner

Bilderwelten

Sebuah penyekat ruangan yang sangat sederhana dan hemat biaya adalah tirai geser, yang dapat dipergunakan untuk membagi ruangan dengan dapur terbuka namun tetap membatasi suara dan pemandangan dapur dari area duduk keluarga.

8. Penyekat aquarium

 Ruang Keluarga by Aquarium Architecture
Aquarium Architecture

Floating Aquarium London

Aquarium Architecture

Di sini dapat dilihat pilihan penyekat ruangan yang unik untuk dapur dan ruangan lainnya: sebuah akuarium yang indah dipandang dengan struktur yang baik bagi ruangan luas dan menjadi pusat dekorasi yang indah. Dari berbagai sisi, sekat akuarium dapat dipandang.

9. Bingkai

 Ruang Makan by dwarf

Sistem pembagian ruangan berikut cocok untuk ruangan bergaya loft, di mana area memasak dipisahkan dengan bingkai dan langit-langit yang rendah. Gaya ini menciptakan suasana yang nyaman dan area yang bebas serta tetap fungsional.

10. Tanaman

 Garden  by fleur ami GmbH
fleur ami GmbH

KAYU Raumteiler

fleur ami GmbH

Tanaman merupakan pembatas yang sesuai dalam memisahkan area individu dalam apartemen antara satu dengan yang lainnya tanpa berlebihan. Pot tanaman dan tanaman itu sendiri dapat dipilih sesuai dengan kesukaan mereka yang tinggal di dalamnya, tempat diletakkannya tanaman, agar memberikan aksen hidup.

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!