by 平山庭店

7 Ide membuat Taman Mungil di Depan Rumah Anda!

Homify.co.id Homify.co.id
Loading admin actions …

Semakin banyak orang yang mencari cara alami dan efektif untuk menciptakan keindahan di rumah mereka. Merancang sebuah taman depan rumah adalah salah satu cara untuk mewujudkan suasana harmonis dan indah di rumah. Selain itu, taman yang indah bisa menjadi pemandangan yang menyenangkan untuk menyambut tamu atau tetangga Anda yang datang berkunjung.

Jika rumah Anda memiliki sebuah pagar dan jarak menuju rumah cukup untuk membuat taman, tempatkan beberapa pot bunga untuk membuatnya terlihat lebih indah. Memiliki taman akan membuat tampilan rumah Anda terlihat lebih dinamis dan berwarna. Letaknya yang berada di depan rumah juga bisa membuat tetangga Anda yang lewat di depan rumah Anda menjadi senang saat melihatnya. Jadi tunggu apalagi untuk melihat ide taman mungil berikut? Lalu aplikasikan pada rumah Anda!

1. Sesuaikan dengan Gaya Rumah Anda

 Garden  by monica khanna designs
monica khanna designs

Juanapur Farmhouse

monica khanna designs

Untuk membangun sebuah  taman yang direncanakan dengan baik di mana tanaman tumbuh dan terlihat harmonis satu sama lain, sangat penting untuk mengikuti beberapa langkah berikut ini. Menentukan tujuan pembuatan taman biasanya merupakan langkah sebelum memilih dan membeli tanaman.

Menyesuaikan gaya rumah dan tanaman yang akan menghiasi taman sangat penting untuk menciptaan visual yang harmonis dan manis bagi rumah Anda. Bunga dengan warna-warna hangat sangat cocok dipadukan dengan warna hijau terang yang sesuai untuk gaya rumah tropis. Sedangkan bunga dengan warna pink atau ungu akan serasi dengan tanaman hijau gelap, menciptakan kontras yang harmonis untuk rumah bergaya modern minimalis seperti yang terlihat pada salah satu desain arsitek Monica Khanna.

2. Pilih Tanaman yang Cocok untuk Ditanam

Dengan ide membuat taman di depan rumah, sangat penting menyesuaikan tipe tanaman dengan iklim dan sekali lagi gaya rumah Anda. Taman diciptakan untuk membawa keindahan nan harmonis pada rumah bukan? Oleh karena itu kecocokan tanaman dan iklim rumah harus diperhatikan agar rumah dan taman terlihat menyatu dan tampak lebih indah. Untuk mendukung visual taman, Anda bisa menambahkan pencahayaan yang tepat pada taman. Dan pastikan pot tanaman Anda terpasang dengan baik dan tertata sesuai keinginan Anda.

3. Taman Vertikal dan Horizontal, Mengapa Tidak?

Taman vertikal dan horizontal memiliki pendekatan yang berbeda. Taman vertikal biasanya untuk hunian yang memiliki sedikit lahan atau bahkan tidak ada lahan untuk bercocok tanam. Tapi jika rumah Anda memungkinkan untuk menggabungkan keduanya mengapa tidak? Tentu saja taman depan rumah Anda akan terlihat semakin indah dengan paduan beberapa tanaman bunga warna-warni.

Taman vertikal bisa Anda susun dengan menempatkan papan kayu untuk meletakkan pot-pot bunga. Memasang pot pada dinding secara zigzag juga bisa Anda coba. Untuk keserasian warna bunga pada taman vertikal dan taman horizontal, Anda bisa berkreasi sesuai kemauan karena ini adalah taman rumah Anda bukan? Jangan lupa untuk memilih pot bunga yang besar untuk taman horizontal, ini tips dari kami. Cobalah!

4. Taman di Lahan Sempit, Tetap Indah!

Jika Anda tidak memiliki cukup ruang untuk membuat taman, ide ini akan berguna untuk Anda. Masukkan taman dengan sepetak tanah saja pada desain pagar rumah atau fasad rumah Anda. Taman ini akan menjadi satu kesatuan dari desain tersebut bukan? Seperti yang Anda lihat, taman mungil itu menjadi pusat yang sempurna untuk fasad rumah!

Jika Anda membtuhkan ide lain untuk membuat taman atau fasad, telusuri saja semuanya di majalah Homify!

5. Tanam Beberapa Jenis Bunga Bersamaan

Sebuah taman yang berwarna-warni selalu menyenangkan untuk mata, tapi untuk pemula dalam praktek ini, disarankan untuk menggunakan paling banyak dua atau tiga warna saja. Anda juga harus memperhatikan bagaimana lingkungan sekitar taman. Pencahayaan dan warna di lingkungan sekitar taman akan menentukan warna-warna tanaman pada taman.

Efek visual yang diciptakan sebuah taman sangat mempengaruhi mood yang akan di dapatkan. Warna hangat akan memberikan kesan nyaman. Sedangkan warna-warna yang dingin akan memberi efek taman yang terlihat lebih luas. Ini sangat perlu bagi Anda yang ingin membuat taman tapi hanya memiliki sedikit lahan. 

6. Penataan yang Pas untuk Taman Konvensional

 Garden  by 平山庭店
平山庭店

枕木木の庭 – 写真05

平山庭店

Kebun atau taman konvensional biasanya mengikuti pola geometris dan simetris. Tanaman ditata secara tepat serta struktur dan ruang untuk berjalan diatur sehingga terlihat seperti taman kota dalam ukuran yang lebih kecil. Tanamannya pun menggunakan dominasi warna hijau untuk memberikan efek seperti hutan buatan. Ide taman ini perlu ruang yang sedikit lebih luas dibandingkan ide-ide sebelumnya. Jika jarak antara pagar rumah Anda menuju pintu utama rumah memungkinkan untuk membuat hutan buatan ini, tidak ada salahnya untuk mencoba bukan?

7. Lantai Teras yang Disulap Menjadi Pot Bunga

Tanaman yang tumbuh di dalam pot bisa membantu Anda membuat taman di mana pun. Teras yang dipenuhi dengan pot berisi bunga cukup membuat teras Anda terlihat seperti sebuah taman. Tapi apakah Anda yakin dengan banyaknya pot tidak mengganggu aktifitas Anda? 

Pot bunga bisa terbuat dari bahan apapun seperti misalnya plastik, keramik, semen, beton ataupun kayu. Berat sebuah pot juga akan menjadi pertimbangan Anda untuk membuat taman, jumlah dan ukuran pot juga menjadi faktor penting untuk membuat taman. Solusi yang muncul untuk masalah tersebut adalah menanan bunga pada pot yang terbuat dari cekungan pada teras Anda. Anda tidak perlu repot menata pot besar yang banyak hanya untuk sebuah taman yang bisa Anda selesaikan dengan membuatnya menjadi bagian teras Anda. Solutif!

Jika Anda merasa belum puas dengan ide taman pada artikel ini, telusuri saja ide taman lainnya di Homify!

Ide mana yang membuat Anda tertarik untuk membuat Taman? Jangan lupa share di kolom komentar ya!
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!