Ruang Keluarga by Cue & Co of London

10 Saran Penting untuk Dekorasi Rumah Kecil

Boy Indarto – Homify Boy Indarto – Homify
Loading admin actions …

Buku Ide kita hari ini akan menyenangkan banyak orang, karena kami akan membagikan beberapa tip mengenai dekorasi rumah kecil. Kita tahu bahwa kurangnya ruangan, adalah dilema yang dialami oleh banyak orang. Hal ini memang tidak selalu mudah diatasi, dan memang sulit menemukan cara terbaik untuk menghias dan memanfaatkan ruangan dengan benar. Tapi, bukan berarti kita harus menyerah, kan? Dan kabar baiknya adalah, ada beberapa trik yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah ini, dan memberikan ilusi ruangan yang lebih besar daripada ukuran sebenarnya.

Ingin tahu caranya?

Ini trik-trik yang biasa digunakan oleh para arsitek interior. Seperti yang Anda tahu, kami tidak pernah menyimpan rahasia untuk Anda!

1. Andalkan Warna-warna Terang. Selalu!

 Ruang Keluarga by In:Style Direct
In:Style Direct

Living room : Neutral tones

In:Style Direct

Kita tidak bisa mengabaikan kenyataan bahwa warna cahaya yang ringan, wajib menjadi sekutu kita, terutama pada ruangan kecil. Hanya dengan cara ini Anda dapat menciptakan ruangan yang terang dan memberikan pandangan yang lebih besar pada ruang keluarga, kamar tidur, dapur, atau kamar mandi Anda, dari ukuran sebenarnya. Tentu saja Anda tidak perlu membuat ruangan yang semuanya putih seperti contoh di atas, tetapi terapkan hal ini pada beberapa elemen Anda. Terserah yang mana.

2. Ruang yang Terbuka

 Ruang Makan by pur natur
pur natur

Möbel, Boden und Beleuchtung bilden eine perfekte Symbiose

pur natur

Sebuah saran penting untuk diperhitungkan menghadapi ruangan yang kecil adalah, buatlah ruangan yang terbuka.  Ya. Anda dapat merobohkan dinding, terutama pada ruang keluarga dan dapur, untuk menciptakan lebih banyak ruang terbuka, cahaya dan terutama, space itu sendiri. Rumah Anda akan terlihat lain. Dijamin!

3. Hiasi dengan Tanaman

Tanaman, merupakan bagian dari aturan penting pada dekorasi. Mereka harus selalu dimasukkan dalam satu atau beberapa ruangan di rumah Anda, bahkan pada rumah yang kecil sekali pun. Tentu saja kita tidak akan membuah sebuah taman tropis di dalam rumah kita, tetapi jika Anda integrasikan sebuah tanaman atau sebuah pot tanaman kecil pada dekorasi rumah Anda, maka rumah Anda akan mendapatkan lebih banyak kehidupan, dan ruangan itu tidak akan terlihat begitu kecil. Coba, deh!

4. Pilih Elemen Dekoratif Penuh Warna

 Ruang Keluarga by Cue & Co of London
Cue & Co of London

Open-Plan Kitchen/Living Room, Ladbroke Walk, London

Cue & Co of London

Jika pada saran pertama kami merujuk pada penggunaan warna-warna terang seperti pada wallpaper, tidak berarti Anda tidak bisa menempatkan elemen-elemen yang penuh warna dan semangat pada dekorasi rumah Anda. Bantal, bunga, lilin, kursi dan lukisan dengan warna-warna yang kuat, membawa muatan energi yang baik, dan memberikan keunggulan lain untuk ruangan Anda.

5. Perhatikan Pencahayaan

 Ruang Keluarga by SALLIER WOHNEN HAMBURG
SALLIER WOHNEN HAMBURG

Appartement Heiligendamm

SALLIER WOHNEN HAMBURG

Ketika bicara mengenai rumah kecil, kata pencahayaan, tentu harus dikaitkan. Sebuah ruang yang tidak menyala atau bersinar dengan benar dan baik, akan terlihat lebih kecil dan sangat berat. Pilihlah pencahayaan buatan yang baik – bisa pada langit-langit, lantai atau meja – selain Anda juga perlu menyediakan masuknya pencahayaan alami. Semakin cerah, semakin indah pula rumah Anda.

6. Gunakan Ruang di Bawah Tangga

 Ruang Kerja by Ardesia Design
Ardesia Design

Shawfield Street

Ardesia Design

Jika Anda memiliki space di bawah tangga dan membutuhkan ruangan lain, maka lakukan hal yang sama seperti contoh ini. Dengan cara ini, Anda akan mengambil keuntungan dari setiap meter persegi rumah Anda – sesuatu yang sangat dibutuhkan, terutama dari rumah kecil. Dan, juga akan terlihat sangat keren!

7. Kekuatan Cermin

 Ruang Keluarga by Honeybee Interiors
Honeybee Interiors

Queens Park House

Honeybee Interiors

Solusi ketujuh untuk menghindari masalah ruangan, adalah penggunaan cermin. Ini adalah sekutu besar tanpa masalah, yang harus Anda gunakan. Kenapa? Karena memungkinkan Anda untuk menciptakan visual ruangan yang lebih besar daripada yang sebenarnya, berkat kekuatan refleksi. 

Catatan: Cermin adalah salah satu trik yang paling banyak digunakan para arsitek interior untuk mengatasi ruangan yang kecil.

8. Jangan Berlebihan

 Ruang Keluarga by LEIVARS
LEIVARS

Porthleven

LEIVARS

Jangan pernah membebani atau melimpahi rumah yang kecil. Semakin ringan, maka akan semakin menarik rumah Anda. Jika rumah Anda kelebihan beban dengan banyak furnitur, dekorasi dan elemen-elemen lain yang tidak perlu, Anda tidak hanya akan kehilangan ruang untuk sirkulasi, tetapi juga menciptakan penghalang visual, yang akan membuat ruangan terlihat semakin kecil.

9. Eksplor Pusat Ruangan

 Ruang Keluarga by DDWH Architects
DDWH Architects

Living Room

DDWH Architects

Kita tidak harus meletakkan semua perabotan ke dinding dan sudut-sudut ruangan. Memang kita semua umumnya melakukan hal ini, tapi kenyataannya, hal ini juga bisa membuat tata letak rumah menjadi datar, bahkan lebih berat. Desain ruangan Anda seolah-olah dalam bentuk segitiga, dan artikulasikan furnitur, sofa, kursi berlengan dan meja kopi Anda dengan benar.

Pssttt… Jangan lupakan ruang untuk bergerak, lho!

10. Gunakan Custom Furniture

Jika Anda merasa sulit menemukan sebuah furnitur untuk ruangan di rumah Anda, maka gunakanlah jasa profesional seperti tukang kayu. Ia dapat memberikan Anda custom furniture yang akan cocok dan sempurna untuk sudut rumah Anda. Seperti yang Anda tahu, selalu lebih baik bermain aman daripada melakukan pembelian yang salah. Ya, kan?

Apakah Anda menyukai saran-saran kami? Dan mana yang sudah Anda terapkan?
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!