5 Rumah Kayu Kecil dengan Denah yang Dapat Anda Tiru!

monica wijayanthy-homify monica wijayanthy-homify
보국주택
Loading admin actions …

Rumah kayu membangkitkan kecantikan alami klasik. Selain penampilan, kayu umumnya juga terjangkau dibandingkan dengan batu bata dan beton apalagi itu adalah bahan yang mudah tersedia. Jika Anda salah satu yang ingin membangun rumah kayu, Anda mungkin bingung akan berbagai desain rumah sekarang. Untuk buku ide kali ini, kami akan mempersempit pencarian Anda ke 5 pilihan. Baca terus untuk mengenal lebih dekat mereka.

1. Sebuah rumah dua lantai yang modern

Meminjam desain indah dari rumah-rumah modern, yang satu ini ditandai dengan pesawat boxy yang ditekankan oleh garis hitam. Warna kayu di sini bermain pada cahaya, di ampelas dengan hasil akhir warna cokelat. Lantai dasar memiliki teras depan kecil dengan langit-langit yang merupakan perpanjangan dari tingkat atas. Sementara itu, lantai dua termasuk balkon di mana keluarga bisa menikmati pemandangan sekitarnya.

Rencana lantai dasar

Lantai dasar gambar rumah tingkat terdiri dari tempat penampungan ruang LDK atau daerah yang menggabungkan ruang keluarga, ruang makan, dan area dapur, satu kamar mandi, dan kamar cadangan lain.

Rencana lantai dua

Tingkat kedua memiliki kamar tidur yang luas dengan ruang kerja dan kamar mandi. Ruang kerja di sini membuka ke arah balkon yang memungkinkan Anda untuk mengambil istirahat pendek di antara pekerjaan membosankan Anda.

2. Bungalow sederhana

Ini adalah rumah satu lantai atau bungalow yang menggemakan kesederhanaan dalam setiap sudutnya. Para arsitek menggunakan kayu untuk membingkai rumah dengan cladding kayu yang dilapisi warna putih. Atap dengan model bahan jahitan dan struktur sempit untuk teras depan di mana keluarga dan tamu dapat bersantai.

Rencana denah

Rumah ini terdiri dari dua kamar tidur, satu kamar mandi, dan area LDK luas. Jelas, itu adalah versi yang lebih sederhana dari desain yang ditampilkan sebelumnya tapi tetap dengan kecanggihan.

3. Desain klasik

Rumah kayu untuk keluarga ini menampilkan fasad yang tampak sederhana memberikan cara untuk tata letak yang rumit. Pertama, atap jahitan berdiri memiliki seperangkat proyeksi jendela. Pada bagian tepi, seperti rumah yang ditunjukkan sebelumnya, terdiri dari kolom kayu dengan warna kuning mustard yang menggelikan melengkapi jahitan merah. Warna ini dilunakkan oleh cladding putih dan teras kayu.

Tangga batu dot jalan yang mengarah ke belakang rumah. Batu-batu ini cocok dengan dasar batu dari rumah yang juga mengangkatnya sedikit dari tanah. Pandangan ini memungkinkan kita untuk melihat modifikasi dengan gaya atap pelana yang ramping di kedua sisi.

Rencana denah

Rumah bergaya klasik ini memiliki satu kamar tidur, satu kamar mandi yang berdekatan dengan dapur, dan ruang yang luas untuk ruang tamu dan ruang makan.

4. Rumah putih kecil

Rumah putih kecil menarik perhatian kami dengan teras depan bercat hijau. Atapnya juga terdiri dari jahitan berdiri di bawah naungan biru yang dirancang seperti atap pelana untuk membentuk proyeksi lembah pintu utama. Atap yang jelas tampak terbuat dari kayu. Terakhir, rumah mendapat dasar batu yang membangkitkan kita dari tanah.

Rencana denah

Dengan nyaris tanpa perabotan, interior ini termasuk kamar mandi, dapur kecil, dan wilayah luas di mana potongan-potongan furnitur yang berfungsi baik untuk ruang tamu dan ruang makan dapat ditempatkan. Sebuah pembagi juga dapat menjadi keajaiban di sini untuk memberikan beberapa privasi bagi ruang tidur.

5. Terinspirasi dari Korea

Rumah terakhir ini sayangnya tidak termasuk rencana denah lantai, namun seperti rumah ketiga dalam daftar ini, yang satu ini mengesankan melalui kayu dan combo cladding putih. Bedanya kali ini adalah teras depan ditinggikan dan mencerca memanjang ke sisi rumah sehingga membuatnya menjadi pilihan yang sempurna keindahan sekitarnya.

Lihat juga rumah unik dari kayu

N-House BAMA Rumah tinggal
BAMA

N-House

BAMA

Terletak di sudut jalan, hunian satu ini merupakan sebuah rumah tinggal 2 lantai dengan konsep rumah unik dari kayu dengan gaya modern tropis.

Fasadnya didominasi oleh material batu dan kayu, menghasilkan suasana yang teduh dan homey dengan pohon-pohon besar di depannya. Kisi-kisi kayu dipilih sebagai secondary screen, untuk menghalangi panas dan menjaga privasi pengguna. Material batu dipilih dengan sedikit tekstur, sehingga tetap menciptakan kesan clean, masif dan kokoh.

Selain itu, cahaya alami dimasukkan ke dalam ruangan melalui kisi-kisi dan skylight, di mana menghasilkan garis-garis bayangan yang dinamis pada dinding. Bukaan-bukaan yang lebar pada ruang, dengan aktifitas utama di desain mengarah ke inner court, untuk menciptakan cross ventilation. Arsitek juga mempertimbangkan material yang natural dan low maintenance, material kayu dan batu juga banyak diterapkan pada ruang-ruang dalam.

Inspirasi rumah kayu mungil yang cantik

Rumah kayu mungil satu ini memang simpel namun didekorasi dengan sangat cantik. Dengan gaya minimalis kekinian, rumah kayu dengan nuansa alami ini dipadukan dengan unsur kaca, melalu jendela dan pintu kaca transparan.

Pada bagian depan rumah, teras dihiasi dengan bunga yang warnanya membuat tampilannya semakin hidup. Lalu disediakan bangku & meja untuk menikmati makanan dan minuman di udara terbuka. Lalu ada tempat tidur gantung (hammock) dengan sarung bantal senada. Tampilannya yang stylish menggambarkan bagaimana nyamannya rumah ini.


Nah, jika Anda berencana membangun rumah kayu, Anda perlu tahu setidaknya ada dua pilihan rumah kayu yang bisa dibangun.

1.Rumah yang dibangun secara langsung

2.Dirancang dengan sistem bongkar pasang.

Yang perlu Anda ketahui jika ingin membangun rumah kayu

The Komodo Cafe Aeternite
Aeternite

The Komodo Cafe

Aeternite

Nah, ini dia tips untuk membangun rumah kayu:

1. Menyiapkan rancangan biaya, yang mencakup biaya perlengkapan (kayu, paku, genteng, pintu, jendela, pembuatan pondasi, cat, plafon, hingga biaya pemasangan listrik baru), lalu biaya tukang (dibayar secara harian/borongan), dan biaya lain-lain.

2. Desain rumah, di mana Anda bisa merancang sendiri desain yang diinginkan, atau menggunakan jasa arsitek.

3. Anda harus memilih kayu yang akan digunakan, dan pilih kayu yang berkualitas baik, agar tidak mudah lapuk dan rentan oleh rayap. Dan lebih baik untuk kayu struktur kolom utama, gunakan kayu jati kualitas 1 sehingga rumah dapat berdiri kuat.


Dan bagaimana tips untuk mengecat rumah kayu?

Karena Dinding kayu memiliki pori-pori yang harus ditutupi, Anda harus menyiapkan dempul, cat dasar, cat warna & top coat untuk menghasilkan dinding kayu yang indah. Jangan lupa untuk memilih cat berjenis water based, karena bahan pelarutnya cukup menggunakan air saja.


Nah, berikut 3 cara untuk mengecat dinding kayu menggunakan kuas:

1.Celupkan bulu kuas ke dalam larutan cat sedalam 2 inci.

2.Sapukan kuas ke dinding sebanyak 2-3 sapuan dan ulangi hingga bagian yang ingin dicat tertutupi.

3.Haluskan permukaan dengan menggunakan satu sapuan kuas yang panjang.

Denah rumah kayu satu lantai

Denah rumah kayu satu lantai ini terdiri dari pintu masuk yang langsung mengarah pada ruang tamu, lalu melangkah ke dalamnya kita akan menemukan ruang makan beserta ruang keluarga, dan juga ada dapur. Kemudian toilet yang disediakan ada 2 toilet, serta satu kamar tidur pada bagian belakang rumah, yang sudah dilengkapi kamar mandi pribadi. Kamar tidur ini juga memiliki pemandangan pada teras belakang rumah yang terbuka. Simpel namun sangat compact denah pembangunan rumah kayu ini.

Rumah kayu yang sangat menakjubkan

Untuk Anda yang ingin sekali mewujudkan membangun rumah kayu impian, rumah satu ini juga bisa menjadi referensi Anda. Rumah yang di dominasi dengan unsur kaca ini memiliki desain modern minimalis. Yang mencuri perhatian kami adalah teras depan rumah yang sangat luas, yang dirancang khusus untuk tempat keluarga berkumpul dan bersantai. Pepohonan yang teduh membuat spot ini semakin nyaman, apalagi ditaruh bangku untuk berjemur dan bersantai, serta meja untuk menikmati makanan di luar ruangan. Sungguh homey sekali.

Ini dia denah rumah kayu tersebut

Rumah kayu ini terdiri dari denah rumah kayu 3 kamar, di mana di dalamnya ada ruang keluarga, dapur, area tempat makan, serta kamar mandi.

Dan wow, kamarnya sangat cantik dan nyaman sekali! Suasana kayu justru tidak terkesan tua, namun di dekorasi begitu indah. Dinding kayunya dipadukan dengan dinding berwarna putih, lampu ada lampun gantung yang terlihat serasi dengan meja di samping tempat tidur & karpet. Lalu ditaruh satu bangku untuk melengkapi dekorasinya. Cantik sekali ya?

Mana desain rumah kayu kecil favorit Anda? Tulis jawabannya di bawah ini.

Butuh bantuan dengan projek Anda?
Hubungi kami!

Temukan inspirasi hunian