Taman by Melian Randolph

9 Tips Agar Halaman Belakang Sempurna Untuk Bersantai

Dyah Swastantika Dyah Swastantika

Tanya harga

Invalid number. Please check the country code, prefix and phone number
Dengan mengklik 'Kirim' saya mengkonfirmasi bahwa saya telah membaca dan menyetujui Kebijakan Privasi bahwa informasi saya akan diproses.
Catatan: anda dapat mencabut persetujuan tersebut kapan saja dengan mengirim email ke privacy@homify.com.
Loading admin actions …

Halaman belakang memang hanya bisa dilihat oleh kita, penghuni rumah, dan beberapa tamu dekat. Meski tidak terlihat dari luar, bukan berarti kita tak perlu memperhatikan kondisinya. Perawatan tanaman dan penataan furnitur tetap diperlukan agar halaman belakang bisa jadi tempat pelarian di hari-hari sulit. Penat di tempat kerja atau sekolah bisa berkurang saat kita melewatkan sedikit waktu di sini. 

Inilah yang harus dilakukan agar halaman belakang bisa jadi surga kecil di rumah Anda. 

1. Buat sudut pribadi

 Garden  by homify
homify

Black Wicker Chair

homify

Kita perlu sesekali melewatkan waktu sendirian agar terbiasa tidak tergantung pada orang lain. Buat sudut khusus di halaman belakang di mana Anda bisa duduk sendiri di sana untuk membaca buku atau minum kopi seorang diri. Hias dengan pernak-pernik favorit, kursi teras yang nyaman, meja kopi dan tanaman kesukaan Anda. 

2. Hiasi dengan tanaman

Pilih tanaman yang sesuai kondisi halaman belakang dan mudah perawatannya. Jika halaman belakang Anda terlindung dari sinar matahari langsung, pilih tanaman dari jenis suplir, monsthera, atau anthurium. Sansiviera/ lidah mertua cocok untuk area yang mendapat banyak sinar matahari langsung. 

3. Gunakan lampu taman

 Balconies, verandas & terraces  by sabigarden

Lampu taman yang kecil sekalipun bisa membawa suasana syahdu di halaman belakang saat malam hari. Kap lampu taman unik akan membuat halaman belakang menenangkan untuk dilihat di siang hari. 

4. Bersihkan dari daun kering

 Taman by Ed Reeve
Ed Reeve

Garden

Ed Reeve

Daun-daun kering yang berguguran bisa membuat lantai teras kayu jadi lembab. Meski teras Anda tidak berlantai kayu, jangan biarkan daun-daun kering menumpuk di halaman. Setelah disapu, kumpulkan daun-daun kering ke kantong plastik besar agar berubah menjadi pupuk alami untuk taman Anda. 

5. Tutup tanah dengan batu kecil

Batu-batu kecil bisa jadi pilihan kalau Anda tidak ingin repot memotong rumput di halaman. Batu juga melambangkan elemen natural yang serasi bersama tanaman yang menghijau. 

6. Furnish furnitur kayu

Meja, kursi, atau dek kayu di halaman belakang terpapar udara dan sinar matahari langsung setiap saat. Jangan lupa mengampelas dan memfurnish furnitur kayu agar lebih tahan lama. 

7. Furnitur penuh gaya

Halaman belakang menarik karena furnitur yang ditata di sana juga menarik. Tentukan gaya yang ingin Anda terapkan, lalu pilih furnitur yang sesuai dengan gaya itu. Pilih juga vas, pot bunga, dan elemen hias lain yang serasi. 

8. Bunga-bunga aneka warna

Warna-warni bunga bisa membuat halaman belakang semakin cantik. Pilih jenis tanaman bunga yang mudah dirawat dan berbunga setiap saat, seperti mawar, anggrek, atau bugenvil. 

9. Bebas berimajinasi (berekspresi)

Jangan remehkan imajinasi Anda. Sering kali sesuatu yang berasal dari ide Anda hasilnya menjadi fenomenal. Hias halaman belakang Anda dengan sekumpulan benda kesayangan. Misalnya berbagai bentuk cermin dan bingkai, seperti contoh ini. 

Baca juga: 

27 Ide Membuat Halaman Belakang Kecil Anda Jadi Nyaman 

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!