by sistemarredi di anna cavezzali

Transformasi Dapur Lawas Menjadi Dapur Modern

KSMR KSMR

Tanya harga

Invalid number. Please check the country code, prefix and phone number
Dengan mengklik 'Kirim' saya mengkonfirmasi bahwa saya telah membaca dan menyetujui Kebijakan Privasi bahwa informasi saya akan diproses.
Catatan: anda dapat mencabut persetujuan tersebut kapan saja dengan mengirim email ke privacy@homify.com.
Loading admin actions …

Dapur adalah salah satu ruangan rumah yang lumayan agak sukar untuk diubah, karena terlalu banyak pilihan yang dapat penghuni rumah gunakan untuk menghias ruang masak-memasak ini.

Selain berkaitan dengan konsep dan dana, perhitungan luas ruangan adalah faktor lain yang menjadi landasan terwujudnya sebuah tampilan dapur modern.

Sebagai bahan referensi perubahan konsep dapur modern di rumah Anda, dalam edisi buku ide kali ini, kami akan menyuguhkan sebuah transformasi yang cukup kompleks, sehingga perubahan konsep rustic dapat secara seksama diubah menjadi konsep modern yang lebih sedap dipandang.

Gaya rustic sempat hadir dikonsep dapur sebelumnya

Berawal dari sinilah perkerjaan itu dimulai. Seperti yang terlihat pada gambar, sebelumnya dapur yang masih terlihat baik ini menggunakan konsep rustic pada keseluruhan sudutnya. Namun karena gaya tersebut sudah agak termakan zaman dan membosankan, akhirnya sang pemilik dapur pun berencana untuk mengubahnya ke tampilan yang lebih modern. Tantangan terbesar dari pengerjaan proyek di sini adalah perubahan konsep yang cukup menyeluruh. Dimana, keberadaan keseluruhan komposisi dapur sepenuhnya tentu akan diubah menjadi lebih modern dan elegan dari sebelumnya.

Sebuah kombinasi yang cukup sulit

Seperti yang terlihat pada gambar, komposisi dapur rustic ini masih menggunakan perlengkapan dan desain dapur lawas. Semua itu terlihat dari pemilihan konsep laci-laci berpintu besar, serta pemilihan warna tema yang tak seragam.

Hipotesa pertama

Pada gambar desain pertama ini, awalnya cukup membuat penghuni rumah tertarik untuk mengaplikasikannya. Namun karena ada beberapa sudut desain furnitur yang tidak pas, akhirnya pengajuan desain ini gagal.

Hipotesa kedua

Dan inilah gambar kedua hasil revisi dari desain sebelumnya. Namun sayang, dihasil revisi ini sang profesional juga masih gagal mewujudkan keinginan pemilik rumah.

Solusi terakhir

Setelah melalui dua kali revisi desain, akhirnya desain terakhir inilah yang disetujui oleh pemilik rumah. Karena semua sudut dapur sudah terlihat apik dari segi penataan dan komposisi furniturnya.

Desain akhir

Kira-kira seperti inilah desain akhir yang disetujui oleh pemilik rumah, sebelum dapur berukuran mungil ini mengalami perombakan total. Sekilas terlihat dari sketsa ini dapur modern tersebut sudah menggunakan pola penataan yang lebih praktis dibandingkan konsep dapur sebelumnya. Untuk keperluan memasak, sepenuhnya komposisi dapur dipenuhnya pada sisi kiri, sedangkan untuk bersih-bersih, komposisi dapur dimaksimalkan pada sisi kanan. Kedua aspek tersebut terwakili lewat penempatan microwave, kompor dan oven yang terpisah cukup jauh dari tempat mencuci piring, yang jika dilihat dari konsep sebelumnya, justru diletakkan berdekatan tanpa hadirnya pola penataan yang tepat. Sebagai tambahan, di dapur berukuran 3150mm x 2330mm ditempatkan pula sebuah island, untuk memudahkan penghuni rumah dalam menyajikan makanan yang sudah dimasak. Elemen ini terbilang baru, karena konsep island tak terlihat sama sekali dikonsep dapur sebelumnya.

Hasil akhir

Sekalipun proyek ini menggunakan bujet yang terbatas, namun para profesional terlihat tak ingin mengecewakan penghuni rumah dalam mewujudkan konsep dapur modern di rumahnya. Seperti yang terlihat pada gambar, dapur bernuansa abu-abu dan putih ini terlihat mampu menawarkan sisi elegan yang tak terbantahkan. Kesan tersebut terlihat dari pola penataan furnitur yang dikonsep tertutup dengan pola simetris berbentuk letter L. Selain itu, hadirnya corak putih pada langit-langit dan lantai juga seolah mampu memberikan kesan luas dari dimensi yang sebenarnya.

So, bagaimana? Anda juga berencana mengubah tampilan dapur rumah Anda? Jika iya, segera cari referensi sebanyak mungkin sesuai dengan keinginan Anda. Pastikan konsep yang Anda dan keluarga inginkan tersebut dapat diaplikasikan secara utuh ke luas dapur yang Anda miliki saat ini. Jika sudah, maka langkah selanjutnya adalah tentukan profesional yang Anda percaya di kota Anda, untuk menggarap proyek perombakan tersebut. Karena dengan bantuan para profesional, Anda akan lebih mudah dalam mengkalkulasikan keseluruhan dana yang dibutuhkan, sehingga bujet yang Anda miliki dapat dimaksimalkan penggunaannya. Penyesuaian bujet dan proyek sebenarnya dapat saja menghasilkan tujuan yang sama, asalkan Anda bersifat fleksibel dalam memilih material yang ingin digunakan.

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!