by planugsgruppe agsn architekten GmbH

6 Cara Kreatif Untuk Membatasi Ruangan

KSMR KSMR
Loading admin actions …

Dalam buku ide kali ini kami akan membahas 6 cara cerdas untuk membatasi ruangan, baik itu ruangan yang saling menyatu atau bahkan ruangan yang benar-benar terpisah secara fungsi dan letak. Bersamaan dengan itu, kami juga akan menghadirkan beberapa ide seputar dekorasi seputar ide tersebut melalui beberapa contoh gambar yang akan kami gunakan dalam setiap penjabarannya.

Setiap bangunan memiliki karakternya sendiri-sendiri. Ada yang memiliki kesan luas dengan langit-langit yang tinggi, dan ada pula yang dibentuk secara terbuka tanpa batas. Untuk maka Anda butuh banyak variasi pembatas ruang yang sesuai dengan karakter hunian yang Anda miliki. 

Membuat sebuah pembatas bukan berarti mengurung daya kreativitas Anda dalam berkreasi. Lewat ide-ide partisi cerdas Anda dapat memainkan berbagai macam material dan corak sehingga pembatas yang Anda ciptakan dalam sebuah ruangan dapat memberikan kesan yang berbeda dibandingkan dengan hadirnya sebuah partisi polos yang terkesan kaku. 

Untuk berkreasi dengannya, tentu Anda membutuhkan waktu yang agak lama. Karena dalam proses kreasinya, Anda membutuhkan daya imajinasi dan kreativitas yang cukup jeli untuk mewujudkannya. Dalam beberapa list dibawah ini Anda akan menemukan berbagai variasi partisi yang dapat Anda  aplikasikan dalam hunian Anda. Beberapa diantaranya adalah penggunaan pintu geser, penggunaan furnitur transparan dan berbagai ide lain yang mampu menghidupkan suasana di rumah Anda. Untuk lebih detailnya lagi, mari kita ikuti beberapa penjabaran list berikut ini.

1. Pintu geser

Kami memilih elemen pintu geser sebagai pilihan pertama, karena jenis pintu yang satu ini sangat sering digunakan dalam berbagai solusi pembatasan ruang.

Seperti yang terlihat pada gambar, model pintu geser yang digunakan antara ruang makan dan dapur ini terlihat cukup unik dengan sematan gaya rustic didalamnya. Pintu geser yang terinspirasi dari model pintu gudang ini terlihat mampu bersinergi secara alami dengan tema ruangan disekitarnya. Keserasian tema kayu yang dimilikinya seolah mampu menyeimbangkan keserasian antara corak furnitur dan lantai di kedua ruangan tersebut. 

Tujuan hadirnya pintu geser ini adalah untuk menjaga privasi pemilik rumah yang sedang bekerja di dapur, jika saja ada tamu spesial yang sedang berkunjung ke rumah. Namun sebaliknya, jika yang berkunjung adalah keluarga atau teman dekat, akses pintu ini dapat dibuka sedikit untuk menghadirkan kesan luas diantara kedua ruangan tersebut.

2. Rak dan lemari

Rumah arsitek Gutman + Lehrer juga mencoba berkreasi dalam hal ini. Kreasi partisi yang hadir terlihat cukup unik dengan mengaplikasikan rak dan lemari sebagai unsur pembatas. Ide ini terbilang unik, karena selain sebagai pembatas, pemilik rumah juga dapat memanfaatkan unsur partisi tersebut sebagai media penyimpanan berbagai keperluan mereka.

Sekalipun hanya sekedar partisi yang bersifat sebagian, namun keberadaan lemari berjendela ini cukup memberikan eksklusif diantara ruang makan dan dapur tersebut.

3. Partisi transparan

 Kamar Tidur by ARQUETERRA
ARQUETERRA

INTERIOR-DORMITORIO PRINCIPAL

ARQUETERRA

Jika Anda ingin menghadirkan partisi ruang yang tetap memberikan cahaya didalamnya, maka ada baiknya Anda gunakan material kaca atau akrilik untuk memecahkan solusi tersebut. Seperti yang terlihat pada gambar, material kaca yang digunakan ditempat tidur tersebut terlihat tetap mampu menghadirkan biasan cahaya alami dari ruang tamu yang berada di sebelahnya.

4. Ruang perpustakaan dan dinding

Memainkan celah antara dinding dan langit-langit adalah cara lain yang dapat Anda hadirkan dalam wujud partisi di rumah Anda. Cara yang tak jauh berbeda dengan ide rak dan lemari ini bukan hanya sekedar membatasi ruang, namun juga solah menghubungkan antar ruang, sehingga fungsi dari kedua ruangan yang dibatasi tersebut dapat saling terhubung satu sama lain, sekalipun fungsi kedua ruangan tersebut berbeda.

5. Tirai tanaman

Solusi kreatif ini dapat Anda kreasikan di hunian Anda, jika Anda memang ingin menghadirkan nuansa tropis di rumah Anda.Caranya cukup mudah, Anda cukup ciptakan rangkaian berbagai tanaman hijau yang mudah dirawat pada salah satu sudut ruangan yang ingin Anda batasi dengan partisi alami ini. Selanjutnya, gunakan pot-pot gantung atau rangkaian kawat untuk memudahkan tanaman merambat disekitar area pembatas tersebut.

6. Lemari dinding

Cara cerdas lain yang dapat Anda gunakan untuk membatasi ruangan di rumah Anda adalah dengan membuatnya secara permanen. Hanya saja, dari sisi permanen tersebut Anda dapat mainkan unsur tambahan lain, berupa media-media penyimpanan multifungsi, yang dapat penghuni rumah gunakan sebagai tempat untuk menyimpan berbagai kebutuhan.

Anda tertarik dengan ide yang mana?
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!