Ruang Keluarga by Antônio Ferreira Junior e Mário Celso Bernardes

10 Desain Ruang Keluarga Terbaik Untuk Rumah di Indonesia

Dyah Swastantika Dyah Swastantika

Tanya harga

Invalid number. Please check the country code, prefix and phone number
Dengan mengklik 'Kirim' saya mengkonfirmasi bahwa saya telah membaca dan menyetujui Kebijakan Privasi bahwa informasi saya akan diproses.
Catatan: anda dapat mencabut persetujuan tersebut kapan saja dengan mengirim email ke privacy@homify.com.
Loading admin actions …

Siapa sih yang tak ingin punya rumah megah dan dikagumi orang? Bangga dengan apa yang kita punya itu boleh-soleh saja. Tapi sudahkah rumah menjadi tempat yang bukan hanya memberi perlindungan, juga ketentraman bagi kita? Jika ya, maka hari-hari kita akan jadi lebih indah, bekerja jadi lebih semangat, jalinan kasih sayang dengan pasangan maupun anak pun akan lebih hangat. 

Masyarakat Indonesia dikenal akan sikap mengedepankan kekeluargaan. Setiap kata dan perbuatan sebaiknya memberi manfaat bagi pihak-pihak yang terkait. Di mana lagi kita bisa mempererat kekeluargaan kalau tidak di ruang keluarga? Oleh karena itu, ruang keluarga sebaiknya ditata semaksimal mungkin agar mendatangkan ketenangan dan bisa meningkatkan jalinan komunikasi antar penghuni rumah maupun dengan para tamu. Inilah beberapa contoh desain ruang keluarga terbaik untuk rumah di Indonesia pilihan homify. 

1. Adaptasi interior Skandinavia

Interior Skandinavia sedang hangat dibicarakan. Desain modern namun simpel jadi ciri gaya interior ini. Jika Anda tertarik menerapkannya, utamakan warna putih dan abu-abu sangat muda sebagai warna dinding, sofa, bantal kursi, kelambu, karpet, dan pernak-pernik lainnya. Yang menarik dari contoh ini adalah meja kopi yang disangga batang-batang logam yang dilas dan menghasilkan bentuk unik. 

2. LDK (living room, dining room, kitchen/ ruang keluarga, ruang makan, dapur)

Beberapa keluarga tinggal di rumah yang tidak luas, akibat semakin tingginya harga rumah dan tanah. Ini pun bukan halangan untuk memiliki ruang keluarga yang dicintai semua penghuni rumah. Meniadakan sekat dan menggabungkan ruang keluarga, ruang makan, dan dapur bisa membuat rumah sempit terlihat luas. Mobilitas penghuni rumah pun lebih mudah dan perbincangan bisa dilakukan tanpa terhalang dinding. 

Suka konsep ruangan seperti ini? Silakan klik: 

24 Inspirasi Ruang Terbuka Seluas 60 Hingga 100 m²

3. Dapur dan meja makan setelah pintu depan

Ini adalah variasi dari tata ruang LDK. Ruang keluarga ditata dekat dengan jendela. Dari pintu depan, orang akan melintasi dapur dan meja makan dulu sebelum masuk ke area ruang keluarga. Orang Indonesia bersifat ramah tamah pada tamunya. Tamu yang baru datang akan dibuatkan minum dan makan jika diinginkan. Penghuni rumah bisa menerima tamunya di ruang makan sambil minum secangkir teh bersama. Desain ini cocok untuk Anda yang tinggal di apartemen. 

4. Nuansa pastel

Warna pastel yang cerah dan lembut pilihan tepat sebagai dekorasi ruang keluarga. Pada contoh ini digunakan berbagai kedalaman warna coklat pada dinding, kertas dinding dan kelambu. Sedangkan sofa warna putih menjadi furnitur utama di ruangan ini. Gaya yang simpel dan tenang cocok untuk pasangan lanjut usia yang menanti kunjungan para cucu di akhir pekan. 

5. Ruang tamu klasik untuk pesta rumahan

Orang Indonesia jaman dulu suka tinggal di rumah-rumah besar. Alasan pertama, karena anak-anak mereka banyak. Alasan kedua, mereka punya banyak saudara, kenalan, dan tetangga sekitar. Orang-orang ini kadang datang berkunjung untuk mengobrol. Pada saat-saat tertentu diadakan pesta untuk merayakan kelulusan anak atau kelahiran cucu. Oleh karena itu dibutuhkan rumah dengan ruang tamu yang luas agar muat untuk para tamu. 

Rumah dalam contoh sampai sekarang masih bisa ditemui di beberapa area di Indonesia. Biasanya rumah semacam ini adalah rumah peninggalan kolonial. Ada juga rumah modern yang dibangun dengan gaya ini, meski cukup jarang. Ketersediaan pintu dan jendela harus diperhatikan. Pada saat ruangan dipenuhi tamu, sirkulasi udara harus lancar agar suhu ruangan tidak terasa panas dan menyesakkan.  

6. Ruang tamu dengan lukisan

 Ruang Keluarga by homify

Lukisan bisa membuat semua ruangan menarik tanpa elemen hiasan lain. Di masa lalu, lukisan pemandangan gunung dan sawah sangat mudah dijumpai di rumah-rumah orang Indonesia. Orang Indonesia masa kini punya banyak pilihan tema lukisan untuk digantung di ruang tamu. Jika lukisan pilihan Anda mengandung banyak warna dan figur, maka furnitur, meja, atau bufet harus beraksen sederhana agar suasana ruangan tidak tumpang tindih. 

7. Ruang tamu/ keluarga di rumah sangat kecil

Tipe rumah perumahan di Indonesia dikelompokkan sesuai luas bangunannya. Rumah tipe 21 artinya rumah itu memiliki luas bangunan 21 meter persegi, sedangkan luas tanahnya antara 60-72 meter persegi. Rumah mini pun bisa jadi firdaus kita sekeluarga jika kita cermat mengaturnya. Lihatlah rumah dalam contoh ini. Cukup imut bukan? Dapur dan ruang keluarga digabung menjadi satu, dan rumah dicat putih seluruhnya agar terkesan luas. 

8. Rumah tropis

Rumah beratap rumbia dan seluruhnya terbuat dari kayu juga banyak didirikan di Indonesia. Terutama di daerah bersuhu lembab atau dekat dengan pantai. Rumah kayu dipilih karena ringan, bisa membantu mengatasi suhu lembab, dan tampak lebih artistik. Ruang keluarga di rumah kayu sebaiknya dilengkapi jendela-jendela besar agar angin sepoi-sepoi bisa masuk tanpa halangan. Furnitur sebaiknya berwarna dingin untuk mengimbangi cahaya kuat dari jendela. Agar tidak silau, pasang tirai-tirai tipis berwarna netral. 

9. Taman dalam ruangan

Kita berusaha memerangi suhu panas dengan menyalakan pendingin ruangan atau kipas angin. Cara ini tidak salah, tapi bisa bikin tagihan listrik membengkak. Membuat taman dalam ruangan bisa membantu mengatasi rasa gerah tanpa banyak biaya. Jika tak ada cukup ruang, kita bisa membuat taman vertikal. Taman vertikal seperti contoh juga berfungsi sebagai dekorasi ruangan. Maka sofa dan furmitur lain sebaiknya simpel namun nyaman. 

10. Ruang keluarga rustic

Tinggal di rumah tua, mengapa tidak? Agar tidak tampak seram, rumah tua sebaiknya direnovasi. Agar tidak menghabiskan banyak biaya, pilih bagian rumah yang paling mendesak untuk diganti atau direnovasi. Misalnya mencat ulang dinding luar dan dalam. Bagian lain yang masih baik tidak perlu diapa-apakan. Membiarkan seperti apa adanya justru akan menjadi sentuhan unik di rumah Anda. Rumah pada contoh ini adalah rumah lama yang telah dicat ulang. Balok-balok penyangga atap dan pilar yang tanpa furnish menghadirkan kesan rustic di ruang keluarga ini. 

Baca juga: 

7 Gaya Interior yang Cocok Untuk Apartemen di Indonesia

Apa yang paling dibutuhkan di rumah di daerah tropis seperti di Indonesia? 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!