by dwarf

Sebelum & Sesudah: Perubahan Drastis 3 Ruangan Utama dalam Rumah

Prisca Akhaya Prisca Akhaya
Google+
Loading admin actions …

Apa saja yang termasuk ke dalam kategori tiga ruangan utama di dalam rumah Anda? Setiap pemilik rumah pasti memiliki versi ruangan utama favorit mereka masing-masing. Kali ini, sebuah tur ke dalam rumah yang satu ini akan berfokus kepada beberapa ruangan utama dalam rumah ini, menginspirasi melalui perubahan dan renovasi ruangan-ruangan ini dari kondisi lamanya menjadi kondisi baru siap huni dengan interior yang diperindah. Apa saja ruangan penting dalam rumah berikut?

1. Sebelum: Ruang kamar luas

  by dwarf
dwarf

bedroom before

dwarf

Ruang kamar ternyata menjadi pilihan ruangan utama dalam rumah ini. Di dalam ruangan dengan alas tatami khas Jepang ini, dapat dilihat adanya elemen dan material kayu yang mendominasi, mulai dari bilah-bilah papan kayu di langit-langit, hingga tiang-tiang kayu dan pintu geser dari kayunya. 

Dapat dilihat dalam ruangan tidur ini situasi masih berantakan dan belum dimiliki interior yang bercita rasa. Ruangan tampak memiliki area sudut yang dapat dibuat menjadi ruangan lain memperhitungkan luasnya kamar ini. Perubahan selanjutnya akan membuat Anda terinspirasi.

2. Sesudah: Ruangan kamar yang luas, dinamis dan nyaman

  by dwarf
dwarf

bedroom after

dwarf

Ruangan kamar yang baru ini masih berada dalam luas kamar yang sama, tanpa dikurangi maupun ditambah. Kini, dapat dilihat langit-langit kamar yang terbuat dari bilah-bilah papan kayu sudah dipernis hingga mengilap. Tiang kayu yang tadinya terasa kosong karena hanya menyangga tanpa aksen kini sudah diubah menjadi sekat pembatas dengan bilik-bilik kotak sebelum mencapai sudut taman. Di tempat sudut ruangan yang berpotensi menjadi ruangan baru tadi, sudah terletak tempat tidur sebagai area tidur tepat disamping jendela yang memanjang. Ditambahkan pula dinding untuk membuat batasan antara area tempat tidur dengan area di luarnya lebih jelas. Dinding ini membentuk sudut baru tempat meletakkan meja kerja kecil dengan alas karpet. Ruangan memang masih tampak sepi, namun kini sudah tertata penhuh cita rasa.

3. Sebelum: Dapur luas namun berantakan

  by dwarf
dwarf

livingroom before

dwarf

Tampak jelas pada gambar bahwa area dapur yang juga merupakan area krusial dalam rumah masih jauh dari kata layak digunakan. Hanya menampilkan sekilas saja ruangan dapur, lorong menuju dapur yang cukup sempit ini tidak atau belum dimanfaatkan dengan baik, dan hanya digunakan untuk menaruh barang-barang yang belum selesai dibuka kemasannya.

4. Sesudah: Ruang bersantai dan dapur yang menjadi satu dan lega

  by dwarf
dwarf

livingroom after

dwarf

Transformasi drastis pada area lorong yang kurang lebar menuju ke dapur nampak jelas. Dengan pemilihan cat ruangan yang baru yaitu kuning pastel serta pemasangan pencahayaan yang cukup, area lorong ini menjadi cukup leluasa untuk menampung setidaknya lima orang untuk dapat bercengkerama bersama menanti datanyanya makanan.

Area dapurnya pun kini dibiarkan terbuka tanpa pintu, hanya dengan tiga tiang sebagai pembatas terbuka antara ruang penyajian dan dapur saja sudah cukup mempertegas ruangan yang interiornya bernada klasik ini. Area dapurnya juga tampak lengkap dengan area memasak, seperangkat meja makan dan lemari pendingin.

5. Sebelum: Koridor yang lengang dan asal-asalan

  by dwarf
dwarf

entrance before

dwarf

Koridor ternyata merupakan bagian penting dalam rumah ini yang tidak bisa diabaikan. Saat diabaikan dan dibiarkan, koridor ini menjadi tidak bercita rasa dan hanya menjadi jalur penghubung saja. Beberapa kehadiran pipa yang dibiarkan begitu saja juga tampak mengganggu pemandangan. Adanya lemari dinding sebenarnya tidak mengganggu, tapi menegaskan gaya kuno pada rumah yang masih saja ditemukan di era sekarang. Tampak juga di sudut di balik tembok anak tangga untuk ke lantai dua yang jika tidak diperhatikan baik-baik sangat mudah luput dari pandangan.

6. Sesudah: Koridor penuh lampu dan diperluas

  by dwarf
dwarf

entrance after

dwarf

Koridor seketika berubah menjadi lebih hidup dan lebar, Pertama, penampaban lampu gantung ternyata sangat membuat perbedaan. Kedua, adanya permainan warna dengan perpaduan antara material kayu yang berwarna cokelat kayu, warna kuning pada bingkai pintu dan mendominasi ruangan lain yang dituju dari jalur koridor juga membuat ruangan terasa lebih dinamis. Ketiga, lemari dinding yang diganti menjadi semacam konter wall-mounted ini masih cukup serbaguna dan jelas keberadaannya. Terakhir, tangga yang tadiinya tertutup dari pandangan sengaja dibuka agar terlihat jelas dan menambah aksen pada koridor tempat lalu lalang ini. Kini, keseluruhan ruangan memiliki citarasa yang membanggakan.

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!