Rumah by ÁBATON Arquitectura

11 Langkah Hemat Membangun Rumah

Boy Indarto – Homify Boy Indarto – Homify
Loading admin actions …

Membangun rumah, seringkali terasa seperti mimpi – terutama, jika sudah terkait dengan budget yang tak seberapa. Tapi, bukan berarti impian itu harus pupus. Banyak jalan yang bisa dilakukan, untuk mewujudkan mimpi yang indah itu.  

Untuk dapat menyelesaikan proyek rumah Anda itu, Anda dapat memilih desain modular yang dapat diperpanjang atau diperluas, saat kita sudah memiliki uang tambahan. Meski dibangun berdasarkan tahapan-tahapan, tapi dengan desain ini, kita sudah dapat menikmati rumah dengan puas.

Pada Buku Ide ini, kami akan menunjukkan beberapa desain rumah yang mudah untuk dibangun, plus trik dan tip terkait bahan dan teknik konstruksi yang lebih murah, yang dapat menghilangkan beberapa angka nol pada keseluruhan anggaran Anda. Silahkan disimak baik-baik. 

1. Buat Perhitungan Kebutuhan Bahan dengan Akurat

 Dinding by Ale debali study
Ale debali study

Materiales de construcción sostenible

Ale debali study

Sebelum mulai membeli bahan, penting untuk memiliki perhitungan rinci mengenai bahan-bahan yang dibutuhkan, juga jumlahnya secara tepat. Hal ini perlu untuk menghindari adanya pembelian tambahan, yang akan membuat anggaran Anda membengkak – mengingat kita tidak bisa mendapatkan potongan harga yang baik per kuantitas, belum lagi biaya untuk pengiriman barang.

2. Sewa Tenaga Profesional

Sebuah desain yang dibuat oleh seorang profesional, akan memiliki hasil yang lebih baik, dengan detil konstruksi yang rinci untuk membuat rumah yang berkualitas dan nyaman. Jadi, Anda perlu bantuan tenaga profesional yang memenuhi syarat dan berpengalaman. Yang pasti tidak boleh Anda lakukan adalah, bermain menjadi arsitek, yang bisa membuat Anda melewatkan rincian-rincian penting jika terjadi komplikasi yang membutuhkan perbaikan. Sayang jika Anda harus mengeluarkan uang tambahan dari tabungan, hanya karena tidak memperkerjakan seorang spesialis. 

Saran untuk memilih bahan: Penggunaan blok-blok semen pra-cetak, dapat mempercepat proses eksekusi, yang juga berarti bisa memangkas budget upah tenaga kerja.

3. Gunakan Bahan-bahan Sederhana

Proyek Abaton Arquitectura ini, menggabungkan beton-beton untuk membuat dinding-dinding dan atap runcing rumah, juga pintu kaca untuk memastikan masuknya udara dan cahaya. Desain jenis ini sangat ideal untuk pembangunan rumah liburan atau akhir pekan, karena tidak memakan biaya yang besar, dan hampir tidak ada kebutuhan untuk pemeliharaannya.

4. Menghindari Kalimat Sepertinya Kita…

 Rumah by Casas inHAUS
Casas inHAUS

Fachada moderna del modelo Chipiona de Casas inHaus

Casas inHAUS

Saat pekerjaan berlangsung, kita seringkali menyerah pada godaan-godaan seperti lantai yang lebih mahal, keran dengan desain atau kualitas lebih baik, dan hal-hal lain di luar perencanaan. Agar tidak mengganggu anggaran, yang terbaik adalah, hindari pikiran Sepertinya kita… Ya. Kebiasaan menambahkan materi atau mengubah kualitas, berarti akan mengubah anggaran awal. 

5. Gunakan Bahan-bahan dan Desain-desain yang Tidak Biasa

Saat ini semuanya diperbolehkan, dan penggunaan beberapa item tertentu, dapat membantu keuangan, dan di saat yang sama, menghasilkan karya-karya yang unik dan spektakuler. Contohnya seperti di gambar, di mana rumah dibuat dari dua kontainer dengan desain yang cerdas, di mana terdapat area terbuka dengan pagar, dan struktur semi tertutup seperti sebuah galeri.

6. Jangan Membangun Tanpa Rencana!

Memulai pekerjaan tanpa perencanaan, hanya akan membuat Anda sakit kepala, karena akan ada denda yang tinggi, yang akan mengacaukan anggaran Anda, akibat, misalnya, salah perhitungan, pembelian yang sia-sia, dan kerugian-kerugian lain yang bisa mempengaruhi biaya akhir.

Gambar di atas menunjukkan bahwa dengan bahan sederhana, Anda dapat memiliki rumah yang menawan. Rumah ini dihiasi kayu dengan turunan-turunan warnanya, dan bukaan-bukaan yang terbuat dari kaca.

7. Lakukan Lobi-lobi Pembelian

 Rumah by Weber Arquitectos
Weber Arquitectos

Facahda de acceso – Casa 5

Weber Arquitectos

Rumah bergaya pedesaan yang terselubung dalam tongkat-tongkat bambu seperti gambar di atas, adalah ide yang baik, yang tidak menghabiskan terlalu banyak biaya. Lagipula, saat membeli bahan dalam jumlah yang banyak, Anda bisa mendapatkan potongan harga yang baik. Tapi jika Anda juga bisa menemukan orang lain yang juga membutuhkan hal yang sama seperti Anda, Anda bisa mengajaknya bergabung untuk melakukan pembelian bersama-sama. Hal ini akan menghemat biaya lagi.

8. Bayar Setelah Pekerjaan Selesai

Ketika memulai pengerjaan rumah, misalnya rumah yang terbuat dari kayu dan beratap ekonomis namun menawan seperti gambar di atas, diperlukan sebuah diagram rencana pembayaran kepada para pekerja. Dan cara terbaik untuk melakukan hal ini adalah, dengan membangun rumah secara bertahap, dan membayar mereka setiap mereka menyelesaikan tahapan-tahapan itu. Membayar mingguan adalah pilihan yang buruk, karena hari Senin kita umumnya menghadapi masalah dengan jam masuk, produktivitas yang rendah, dan masalah-masalah lain yang sebenarnya mudah dipecahkan dengan skema yang telah disusun pada awal pengerjaan. Dan sebagai aturan utama yang praktis, jangan pernah membayar tenaga kerja di muka.

9. Pastikan Tidak Ada Bahan yang Hilang

Pembangunan rumah seperti gambar di atas, tidak akan melibatkan biaya yang terlalu tinggi, masih wajar. Rumah ini berbentuk kotak persegi panjang yang terbuat dari batu, dengan banyak tongkat bambu yang digunakan sebagai struktur garasi. Lantainya juga praktis dan ekonomis, rapi dengan semen halus.

Idealnya, bahan-bahan tidak boleh hilang selama masa pengerjaan. Jika tidak, kita akan memiliki tenaga kerja yang menganggur, yang tetap harus kita bayar sama, hanya karena mereka tidak memiliki apa yang dibutuhkan.

10. Hindari Pencurian!

Dalam pembangunan, adalah hal yang umum bagi bagi seseorang – bisa pekerja atau bahkan atasannya! – melakukan pencurian bahan, atau ada toko-toko material yang nakal, yang mengirim barang kurang dari yang telah disepakati dan dibayar. Hal-hal ini akan membuat Anda mengeluarkan biaya tambahan untuk menutupi kekurangan-kekurangan itu, plus biaya tambahan untuk pengiriman barang, di mana Anda belum tentu bisa mendapatkan potongan harga yang baik dan lain-lain sebagainya. Itu sebabnya kita harus selalu menjaga segala sesuatunya dengan hati-hati. Yang bisa kita amati, atau diletakkan di dalam tempat terkunci.

11. Gunakan Rancangan Modular

 Rumah by Casas Cube
Casas Cube

Casa prefabricada Cube 75 m2 – Porche

Casas Cube

Ketika menyesuaikan anggaran, adalah pilihan yang cerdas untuk memilih desain seperti gambar di atas. Ini adalah sebuah rumah modular yang dapat dibangun secara bertahap. Tidak ideal memang, tetapi dengan anggaran yang terbatas, maka juga tidak terlalu banyak pilihan yang tersedia. Rumah ini dibuat dari blok batu dengan jendela besar, dan sebuah galeri dua tingkat yang terbuat dari potongan-potongan logam. Ke depannya, setelah memiliki dana baru, Anda dapat menambahkan modul-modul baru untuk mendapatkan area dan fasilitas yang lebih lagi.

Langkah mana yang sudah Anda lakukan?
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!