by MARIANGEL COGHLAN

5 Contoh Desain Rumah Modern dan Hasil Akhirnya

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Sebelum melangkah, ada baiknya kita meluangkan waktu untuk membuat rencana. Dengan demikian kita mempunyai patokan tentang bagaimana kita mencapai tujuan. Begitu juga saat kita membangun sebuah rumah. Penggunaan blueprint untuk desain dan konstruksi rumah itu sangat penting. Kami memiliki lima konstruksi fantastis dalam bentuk rancangan di kertas dan hasil akhirnya. Di sini Anda bisa melihatnya dan siapa tahu Anda mendapatkan inspirasi. 

1. Desain apartemen di Santiago

  by Novodeco
Novodeco

Proyecto plano 3D

Novodeco

Ini adalah desain apartemen keluarga satu lantai yang lazim digunakan. Terdiri dari tiga kamar tidur, dua kamar mandi, ruang makan mewah dan loggia (bagian dari ruang keluarga yang berada di dekat balkon atau jendela). Apartemen yang berlokasi di Santiago ini juga memiliki dapur gaya Amerika. Kelihatannya cukup wajar. Seperti apakah hasil akhirnya? 

Wajah ruang keluarga, ruang makan, dapur

Inilah wujud ruang keluarga, ruang makan dan dapur yang tertera dalam rancangan. Selain menarik, ruang makan, dapur dan ruang keluarga terintegrasi juga lebih fungsional dan memudahkan aktivitas keluarga sehari-hari. 

2. Rumah dua lantai dengan desain interior super keren

Rumah luar biasa ini awalnya juga berawal dari rancangan di secarik kertas. Penasaran seperti apa rancangannya? Lanjutkan membaca.

Rancangan lantai atas

Rancangan lantai bawah

Saat membuat rancangan, adalah ide brilian untuk menempatkan elemen yang sesuai dengan kondisi tiap ruangan. Ini juga berlaku untuk eksterior. Tujuannya sama, agar kita memiliki gambaran hasil konstruksi jika telah selesai dibangun. Kita bisa leluasa menata furnitur. Menggunakan imajinasi saat menata elemen hias dan lainnya agar tampak menyenangkan untuk dilihat. Misalnya, tata letak meja dan piano dalam gambar di bawah ini.  

Hasilnya…

Nah, setelah rumah berdiri gagah, kita bisa melihat bagaimana pelaksanaan rancangan pada gambar sebelumnya. Tidak beda jauh bukan? Paling tidak ini bisa membuat kita semakin yakin bahwa membuat rancangan sebelum membangun rumah itu penting.

Rumah dari sisi lain

Ini adalah gambar lain yang memperlihatkan interior rumah yang telah siap huni. Kita bisa lihat bagaimana desain di kertas terefleksi pada hasil akhir dengan penataan meja dan kursi yang menghadap ke halaman luas. Sebagai hasilnya adalah ruang keluarga impian yang menjadi kenyataan.  

3. Rumah keluarga yang memenuhi semua kebutuhan

Rumah ini juga terdiri dari dua lantai, dengan penekanan pada ruang sosial/ berkumpul di lantai pertama. Sementara kamar tidur keluarga semua berada di lantai dua. Kita bisa melihat tata letak dan fasad rumah yang direncanakan sebelum dibangun. Mari kita lihat hasilnya!

Ini Dia!

Rumah ini memang tidak sama persis dengan rancangannya. Ada beberapa perubahan dilakukan untuk mengakomodasi dan merespon kondisi tanah. Ada juga perubahan yang dilakukan setelah bangunan berdiri. 

Saat merancang rumah, jangan menutup kemungkinan untuk perubahan. Usahakan agar perubahan pada rancangan bertujuan untuk sesuatu yang lebih baik. 

4. Desain apartemen kecil

Ini adalah rancangan sebuah apartemen seluas 87 meter persegi. Warna yang berbeda menandakan area dan fungsi yang berbeda, yaitu area berkumpul, eksterior, dan kamar mandi. Ide penataan ruang yang digambar akan membuat kita membuat keterkaitan antar ruangan di rumah. Selain itu juga akan membantu kita memperkirakan ruang gerak yang tersisa. 

Ruang keluarga, ruang makan, dapur tanpa sekat

Sesuai dengan rancangan, ruang keluarga, ruang makan, dan dapur disatukan dalam satu area sosial tanpa dinding atau sekat.

Distribusi sempurna dalam ruangan kecil

Tiga ruang dalam satu ruangan memberi kita gagasan tentang bagaimana menata furnitur dan ruang di area yang tidak luas. Penataan semacam ini cocok untuk hunian keluarga dan memudahkan pergerakan para penghuninya.

Ruang tamu kecil dengan jendela dan balkon

Dari sini kita bisa memandang panorama di bawah dan langit yang biru. Rasanya seperti duduk dalam pesawat setiap hari. 

5. Renovasi apartemen 65 meter persegi

Renovasi apartemen adalah tugas mudah untuk ahlinya. Pada foto kita bisa membedakan antara gambar tata ruang apartemen sebelum direnovasi dan rancangan yang dibuat untuk mengubah tampilannya. Rencana yang jelas dan dapat dibaca memudahkan pihak lain (kontraktor, pemilik apartemen) bisa membayangkan perubahan yang akan dilakukan. 

Dewasa ini aplikasi desain dan arsitektur mudah diakses dan memungkinkan kita memproyeksikan proyek di layar sebelum benar-benar dilakukan. Bahkan ada juga aplikasi desain bangunan 3 dimensi

Hasil sempurna

Sekali lagi kita bisa lihat bagaimana desain baru mengatasi keterbatasan ruang. Yaitu dengan cara meniadakan struktur yang mengganggu pergerakan penghuni rumah, dalam hal ini dinding. Dapur didesain lebih simpel agar serasi dengan ruang tamu yang ada persis di depannya.

Bertamu dan memasak dalam satu ruangan!

Segala hal kita lakukan agar tempat tinggal menjadi nyaman. Namun yang terpenting adalah, bebaskan imajinasi Anda. Jika butuh inspirasi, Anda selalu bisa mendapatkannya di homify. Jadi, mendesainlah sekarang juga! 

Baca juga: 

Apartemen Satu Ruangan Praktis dan Nyaman

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!