Ruang Keluarga by 一色玲児 建築設計事務所 / ISSHIKI REIJI ARCHITECTS

Dari Rumah Kuno Menjadi Vila Memukau

KSMR KSMR
Loading admin actions …

Seiring perkembangan zaman, perubahan desain dalam dunia arsitektur pun terlihat cukup signifikan mengiringinya. Berkaitan dengan hal itu, dalam buku ide kali ini kami akan mencoba membahas perubahan desain antar zaman yang hadir di salah satu rumah tua yang satu ini.

Rumah tua yang masih layak huni ini memang terlihat kuno dengan polesan desain lawas yang mengelilinginya. Selain penggunaan wallpaper yang sudah usang, pemetaan ruang yang terlalu banyak partisi adalah faktor lain yang membuat rumah ini terasa pengap dan sempit.

Berdasarkan hal itulah, maka sang pemilik rumah ingin merubah gaya interior rumah ini secara keseluruhan. Agar tampilannya terlihat lebih modern dari sebelumnya.

Sebelum: Dekorasi interior penuh dengan wallpaper

Sebelum kita melihat wujud baru dari rumah ini, mari kita simak dulu tampilan awalnya. Seperti yang terlihat pada gambar, sekeliling interior rumah ini penuh ditutupi oleh ornamen wallpaper berpola jadul. Pengaplikasian wallpaper tersebut bahkan terlihat seolah berlebihan, karena selain dinding, bagian langit-langit pun terlihat masih tertutup oleh corak wallpaper yang sama. Selain itu, Penggunaan karpet yang menutupi keseluruhan lantai rumah ini juga membuat udara didalam ruangan rumah ini terasa sedikit berdebu. Nah, setelah melihat wujud aslinya, sekarang saatnya kita lihat wujud baru dari rumah tersebut.

Hangatnya nuansa kayu

Seperti inilah kira-kira transformasi yang terjadi di rumah ini. Terlihat dari gambar, penggunaan wallpaper sudah ditiadakan. Dinding dan langit-langit rumah ini didominasi dengan cat berwarna putih. Sebagai pemanis, sebagian dinding disematkan unsur kayu, sebagai penegas fungsi khusus dari sudut dinding tertentu. Dalam foto di atas, dinding berkayu tersebut menegaskan fungsinya sebagai objek pandang, karena pada sudut tersebut terdapat sebuah media hiburan yang diletakkan tepat pada tengah ruangan. Penggunaan corak kayu pada dinding tersebut sengaja diseragamkan dengan corak pada lantai, agar kehangatan di rumah ini semakin terasa maksimal. Dari segi komposisi, ruang santai ini terlihat tidak terlalu penuh, karena penghuni rumah hanya menggunakan beberapa furnitur inti saja seperti sofa, meja kecil, rak kecil, lampu hias dan sebuah aksen hijau dari sebuah pot tanaman.

Tampil sederhana

Dan jika ditengok pada saat malam hari, maka tampilan ruangan tadi akan terlihat seperti ini. Komposisinya terasa sangat apik dengan pencahayaan yang terang dari beberapa sumber cahaya. Dari sudut pandang ini terlihat bahwa ruangan ini terasa cukup luas berkat pengaplikasian corak putih yang mendominasi mulai dari dinding gerbang lorong, lorong, hingga ke bagian dapur.

Ruang makan bergaya skandinavia

Selain kombinasi gaya modern dan minimalis, salah satu inspirasi lain yang dapat Anda contek dari rumah ini adalah gaya ruang makan yang cukup nyentrik. Mengambil ide dari aksen skandinavia, ruang makan sederhana ini berhasil tampil unik dengan meja kayu berkaki besi. Kombinasi dua material meja tersebut juga seolah semakin hidup berkat hadirnya dua buah kursi hitam yang mengapit kedua sisi meja makan sederhana tersebut. Selain itu, pencahayaan ruang makan ini juga terasa maksimal berkat hadirnya sematan dua buah lampu gantung bergaya modern yang juga turut hadir menghangatkan ruang makan tersebut.

Seimbang dan fungsional

Dari angle ini terlihat bahwa ruang TV dan meja makan berada dalam satu deretan ruang yang menyatu tanpa partisi. Kedua ruang tersebut seolah mampu bersinergi berkat sematan corak dinding dan lantai kayu yang seragam. Dan pada ruang pakaian ini corak yang sama juga masih terasa, sekalipun luas ruangan ini tak seluas ruang-ruang utama sebelumnya.

Kamar mandi bergaya tempat sauna

Karena masih mengandalkan corak yang sama, maka secara tidak sengaja kamar mandi ini pun terasa seperti tempat sauna. Kombinasi kayu dan material dinding yang cukup kontras tersebut terlihat mampu bersinergi dengan baik berkat penggunaan warna netral yang tak hanya hadir pada elemen dinding, namun juga terlihat pada elemen kloset di ruang privasi ini.

So, bagaimana? Anda cukup terinpirasi dengan proyek yang satu ini? Jika ya, segera rencanakan  transformasi serupa di interior rumah Anda, agar tampilan rumah Anda dapat semakin terasa hangat dari konsep sebelumnya.

Anda tertarik dengan ide ini?
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!