by PHU Bortnowski

Cara Memasang Lantai Kayu Outdoor

KSMR KSMR
Loading admin actions …

Dalam buku ide kali ini kami akan memberikan Anda sedikit tutorial tentang cara membuat deck atau lantai kayu pada area outdoor.

Lantai kayu adalah salah satu aksen yang dapat Anda manfaatkan sebagai penunjang tampilan taman di hunian Anda. Aksen ini identik dengan gaya rustic, dimana material kayu benar-benar ditonjolkan diantara material lainnya. Hal itu terlihat dari proyek kolam renang yang dikerjakan oleh seorang arsitek bernama Alejandro Sticotti berikut ini.

Kolam renang bergaya modern di pekarangan sebuah rumah ini terlihat semakin eksklusif berkat sematan deck kayu yang mengelilinginya. Meskipun sekilas terlihat tak begitu rumit, namun dari segi proses, ada beberapa langkah-langkah yang harus Anda lakukan sebelum konstruksi deck kayu diaplikasikan secara permanen. Untuk lebih jelasnya lagi, mari kita ikuti penjabaran berikut ini.

Langkah 1: Petakan area yang akan ditutupi deck kayu

Langkah ini adalah langkah awal yang harus Anda lakukan sebelum pondasi dan kerangka deck dipasang. Pastikan luas area deck kayu sesuai dengan ukuran yang sudah direncanakan, agar pembelian material kayu dan pendukung lainnya tidak kekurangan atau kelebihan. Beri jarak sepersekian meter dengan pondasi awal, berupa beton-beton berdimensi mungil seperti yang terlihat pada gambar, agar alur bentangan konstruksi kayu yang dingin dirangkai di area tersebut terarah posisinya.

Langkah 2: masukkan balok kayu pada area yang sudah digali

Tujuan pengaplikasian balok kayu pada pondasi deck kayu adalah sebagai penopang awal kerangka kayu, setelah sebelumnya kubus-kubus pondasi sudah lebih dulu ditanamkan pada area tersebut.

Setelah lapisan kayu pertama, selanjutnya lapisan kayu yang kedua dibuat membelintang di atas lapisan kayu pertama sebelumnya. Penerapan pondasi kayu ini harus dilakukan secara presisi agar kerangka pondasi kayu dapat terangkai kokoh hingga jangka waktu yang lama.

Dan jika sudah terangkai secara keseluruhan, maka tampilannya akan terlihat seperti pada gambar di atas. Setiap sudut kerangka kayu tersusun secara simetris, sehingga kekuatan rangka dapat dihasilkan olehnya.

Langkah 3: Lapisi tanah dengan kerikil

Pelapisan area deck kayu dengan kerikil harus dilakukan untuk mengamankan pondasi kayu dari kelembaban terutama saat hujan datang. Selain kerikil, pada tahap ini Anda juga disarankan untuk menebarkan herbisida, guna mencegah hadirnya rumput-rumput atau tanaman liar disekitar area pondasi deck.

Langkah 4: Meletakkan papan

Material papan ini adalah bagian terluar pada bagian deck kayu. Sususan papan tersebut secara otomatis akan menyembunyikan keberadaan susunan pondasi yang sudah terangkai sebelumnya.

Langkah 5: Rapihkan dimensi papan sesuai area deck

Langkah ini dilakukan setelah material papan berhasil menutupi seluruh area pondasi deck. Tujuannya adalah untuk mempertegas area deck, sehingga setiap siku dan lengkungan deck terlihat simetris antara satu sudut dengan sudut yang lain.

Langkah 6: Pemolesan

Karena kayu memiliki sifat permukaan yang tak rata, maka tahapan ini harus dilakukan secara maksimal, Agar material deck terasa halus saat dipijak atau disentuh.

Langkah 7: Pernis

Langkah ini adalah langkah terakhir yang harus Anda lakukan agar tampilan deck dapat bersinar menunjukkan corak aslinya.

Langkah 8: Dekorasi

Setelah deck terangkai secara keseluruhan, maka selanjutnya adalah tahapan untuk menata tampilan deck. Seperti yang terlihat pada gambar, Anda dapat gunakan berbagai set tempat duduk, entah itu sofa atau sekedar kursi kayu. Atau jika area deck kayu Anda lumayan luas, Anda dapat pula sematkan unsur gazebo, sebagai unsur pemanis dari tampilan deck kayu yang Anda miliki.

Bagaimana, terlihat mudah bukan? Jadi, sudah siapkah Anda membuat aksen deck kayu di hunian Anda? Jika sudah, segera tentukan posisi deck kayu yang ingin Anda hadirkan di rumah Anda. Jika sudah juga, segera hubungi para profesional di kota Anda, untuk memudahkan Anda dalam mengkalkulasikan dana yang dibutuhkan untuk menghadirkan area berlantai kayu tersebut. Sesuaikan dana Anda dengan luas area dan jenis kayu yang ingin Anda gunakan, agar lantai kayu yang Anda damba-dambakan selama ini dapat terealisasi sesuai keinginan Anda dan keluarga Anda.

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!