by Alejandra Zavala P.

Teras Baru Bikin Rumah Lebih Menawan

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Di beberapa rumah, teras sering kurang mendapat perhatian. Akibatnya rumah jadi terlihat kurang menarik dan terkesan berantakan. Pemilik rumah dalam proyek ini rupanya menyadari hal itu. Tidak tanggung-tanggung, dua teras di lantai bawah dan atas direnovasi untuk memaksimalkan fungsi ruang. Selain itu, teras yang telah dipercantik membuat rumah tampil lebih menawan. Mari kita lihat bagaimana proses renovasi ini dilaksanakan.

1. Teras depan sebelum direnovasi

Rumah ini tampak kusam, terlihat dingin dan tidak terlihat menarik. Situasi ini harus diubah. 

Awalnya biasa saja

Jalan masuk ke rumah ini tampak biasa saja dan tidak spesial. Kontur naik turun jadi sebuah pemborosan lahan, karena teras tidak bisa digunakan untuk aktivitas lain selain akses keluar masuk rumah. 

Renovasi dimulai

Anak tangga dan pagar dibongkar agar lantai teras menjadi rata. Semak-semak di depannya juga turut dibongkar. 

Sesudah: lebih luas dan cerah

Beginilah rupa teras setelah renovasi usai. Tampak lebih menarik bukan? Arsitek kami mengganti lantai kayu dengan lantai keramik putih agar teras tampak lebih luas. Selain itu, cat dinding teras dan pintu juga diperbarui. Pagar baja sederhana ditambahkan sebagai pemanis, sekaligus mengamankan rumah dari pencuri. Lampu dinding di samping pintu akan membuat teras ini lebih cantik di malam hari.

2. Renovasi teras lantai atas

Selanjutnya, kita akan melihat bagaimana proses renovasi teras lantai atas. Di sini kita melihat pemasangan lantai baru dan pipa untuk lantai parket (lantai kayu) dan lantai batu berwarna sedikit terang.

Dinding teras lantai atas juga direnovasi

Awalnya, dinding ini terlihat kosong melompong. Oleh karena itu pemilik rumah merenovasinya agar lebih menarik.

Proses renovasi dinding

Arsitek kami memilih pelapis dinding dari batu alam yang terdiri dari beberapa variasi warna coklat dan abu-abu. Penggunaan elemen ini berhasil menghadirkan atmosfer alami di teras lantai atas (balkon). Dinding putih yang membosankan kini berubah jadi modern dan seksi. 

Hasil renovasi yang sempurna

Setelah renovasi selesai, teras terlihat lebih impresif dan menenangkan untuk beristirahat. Tanaman hias ditanam di sepanjang dinding batu menambah kesan alami. Furnitur dari kayu warna gelap tampak serasi dengan lantai parket. 

Sudut rahasia

Inilah sudut lain di teras lantai atas. Sofa, meja kopi dan kursi gantung yang ditata juga bernuansa sama dengan meja dan kursi makan pada gambar di atas. Sebuah sudut rahasia yang sempurna untuk menghabiskan waktu di luar tanpa diintip tetangga.

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!