Rumah by Stefan Brandt - solare Luftheizsysteme und Warmuftkollektoren

7 Hal yang Harus Anda Ketahui Sebelum Merekrut Kontraktor Pembangunan Rumah

Henti Kresdiana Henti Kresdiana
Loading admin actions …

Membangun atau merenovasi sebuah rumah tinggal untuk keluarga seringkali memerlukan energi tersendiri. Setelah kita bersemangat melakukan perencanaan dengan membuat desain arsitek dan membuat rencana anggaran biaya, berikutnya yang sangat menyita pikiran adalah tentang eksekusi/pengerjaan bangunan nya.

Jika Anda berencana menggunakan kontraktor atau jasa profesional dalam pengerjaan rumah tersebut simak tips berikut.

1. Cari referensi kontraktor yang dapat dipercaya

 Rumah by NUÑO ARQUITECTOS
NUÑO ARQUITECTOS

Imagen en construcción

NUÑO ARQUITECTOS

Langkah pertama sebelum memutuskan apakah Anda harus memilih sebuah perusahaan kontraktor untuk mengawasi pembangunan rumah-rumah. Pertimbangkan untuk memilih kontraktor dari orang-orang yang dapat Anda percaya. Tanyakan kepada teman-teman Anda yang baru saja membangun dan dengarkan saran-saran dari mereka. 

Informasi dari teman-teman Anda bisa menjadi pertimbangan Anda untuk memutuskan kontraktor mana atau seperti apa yang akan akan Anda hire.

2. Cari kontraktor yang lokasinya dekat

 Rumah by Arq6.0
Arq6.0

Casa Sotomayor

Arq6.0

Pelajaran berikutnya yang harus dipertimbangkan bersama-sama sebelum meng-hire kontraktor adalah, pilihlah yang lokasinya berdekatan dengan properti/rumah yang akan dibangun. Anda juga harus mengetahui kantor/rumah kontraktor, hal ini penting untuk memudahkan komunikasi dan mengantisipasi jika terdapat masalah di kemudian hari Anda bisa tahu ke mana Anda harus mencari kontraktor tersebut.

3. Sewa kontraktor yang sudah terkenal dan dapat dipercaya

Ada baiknya Anda mempertimbangkan kontraktor atau perusahaan konstruksi yang sudah terkenal. Biasanya hasil pekerjaan mereka dapat diperiksa dengan mudah karena berpengalaman, detail dan prosedural. Kebanyakan dari mereka bertanggung jawab, profesional dan mempunyai asuransi, karena nama baik perusahaan mereka yang mereka pertaruhkan. Coba Anda telepon dan berbicara secara individual, bisa jadi sedikit agak mahal namun bisa jadi pertimbangan.

4. Kontrak tertulis

modern Living room by moebelmeile24
moebelmeile24

Highboard

moebelmeile24

Tidak peduli rumah Anda kecil atau besar, jangan pernah lupakan kontrak Anda dengan kontraktor dalam bentuk dokumen kontrak tertulis yang ditandatangani oleh kedua belah pihak. Dalam kontrak harus menyatakan secara jelas mengenai hal-hal seperti upah, biaya pembelian bahan, dan rincian lain yang relevan. Serta jangan lupa lampirkan merek, sampel atau contoh dari bahan yang akan dipergunakan.

Kedua belah pihak harus memiliki dokumen yang sama di tangan, jika terjadi masalah seperti kontraktor meninggalkan proyek sebelum pekerjaan selesai, Anda bisa mengacu pada kontrak tertulis tersebut sebagai acuan untuk bertindak.

5. Tetapkan cara pembayaran

Sebaiknya buat perjanjian dengan melakukan pembayaran bertahap(termin). Hal ini penting selain untuk memudahkan kontrol pekerjaan juga mencegah risiko proyek ditinggalkan sebelum selesai pengerjaan.

Cara ini juga akan membantu Anda untuk mempercepat atau membuat pekerjaan selesai pada waktu yang telah disepakati. Setiap rincian pembayaran tagihan harus disepakati dalam kontrak dan disimpan dengan baik sebagai bukti.

6. Jika kontraktor lari dari tanggung jawab, segerelah cari pengganti

 Rumah by Arq6.0
Arq6.0

Casa Sotomayor

Arq6.0

Jika terjadi sesuatu yang tidak terduga, misalnya kontraktor meninggalkan pekerjaan. Selain melakukan tindakan hukum Anda harus segera menemukan kontraktor baru yang bertanggung jawab untuk menyelesaikan proyek sesegera mungkin. Hal ini penting karena berkaitan dengan biaya dan kemungkinan kerusakan pada bangunan belum jadi yang ditinggalkan.

7. Cek dan Ricek

Kontraktor pasti menyelesaikan pembangunan rumah secara bertahap. Anda harus pergi memeriksa secara teratur. Jangan biarkan kontraktor melakukan sendiri. Jangan hanya melakukan pemeriksaan saat pekerjaan sudah selesai, karena jika tidak ada kecocokan akan menambah waktu dan biaya.

Anda harus belajar bagaimana memeriksa dan melihat bagaimana proses pengerjaan bangunan, kalau perlu Anda harus berkonsultasi dengan ahli nya.

Well, Selamat membangun rumah.

Simak juga buku ide berikut yang tidak kalah menarik dan bermanfaat.

Proyek Renovasi RUmah Tahun 50-an yang Luar Biasa Mempesona

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!