Kamar Mandi by BAU UAU ARQUITECTURA

5 Tips Mudah Jadikan Rumah Terbebas dari Jamur Selamanya!

Homify.co.id Homify.co.id

Tanya harga

Invalid number. Please check the country code, prefix and phone number
Dengan mengklik 'Kirim' saya mengkonfirmasi bahwa saya telah membaca dan menyetujui Kebijakan Privasi bahwa informasi saya akan diproses.
Catatan: anda dapat mencabut persetujuan tersebut kapan saja dengan mengirim email ke privacy@homify.com.
Loading admin actions …

Jamur?? Duh, topik perbincangan yang paling membosankan dan tidak menarik!

Mungkin ini adalah reaksi pertama Anda sebagai pembaca ketika membaca judul artikel ini. Tentunya homify pun setuju jika tema lain yang lebih glamor dan inspiratif lebih menarik untuk dibaca, tetapi homify yakinkan Anda jika topik satu ini tidak kalah bergunanya untuk Anda simak!

Jamur adalah permasalahan yang dihadapi oleh banyak orang. Mereka diam-diam mengendap di dalam rumah Anda, bahkan tanpa Anda sadari sebelumnya, lalu dengan cepat menyerang dinding, langit-langit, hingga ke lemari! Dengan cepat pula, bau apek menyergap seluruh ruangan. Jangan pikir masalah jamur ini hanya dihadapi oleh rumah tua yang bocor saja, karena jamur juga dapat tumbuh di rumah yang sangat bagus sekali pun! Terutama jika terdapat sudut rumah yang lembab dan susah dijangkau.

Tetapi, bagaimana sebenarnya proses jamur dapat terbentuk? Jamu tumbuh pada permukaan dan bereproduksi melalui spora. Spora ini lah yang ada di udara, terbawa oleh angi yang tahan terhadap cuaca panas maupun dingin, sehingga dapat bertahan dan masuk ke dalam rumah. Meskipun tidak dapat terlihat dengan mata telanjang, namun dalam jumlah banyak, umumnya spora berbentuk bubuk. Jamur yang tumbuh di rumah Anda juga jarang sekali beracun, namun jika tidak sengaja terhirup spora terus menerus, maka dampak negatif dari segi kesehatan pun akan muncul. Seperti contohnya gangguan pernafasan atau juga paru-paru. 

Tentunya mencegah lebih baik daripada menangani. Tetapi, bagaimana jika jamur sudah memenuhi ruangan rumah? Jangan khawatir, karena homify ada solusinya! Cukup ikut beberapa tips berikut ini, dan homify jamin rumah Anda bebas dari jamur selamanya!

Kerusakan yang disebabkan oleh jamur

  by homify

Jamur, bagaimana pun bentuknya dapat tumbuh di semua permukaan bagian rumah. Peningkatan jumlah jamur secara terus menerus dapat menyebabkan kehancuran pada pelapis dinding dan langit-langit, yang pada akhirnya berpengaruh kepada struktur bangunan secara keseluruhan, apalagi jika material bangunan yang Anda gunakan sangat sensitif, resiko kehancuran bisa bertambah!

Biasanya, jamur akan menyerang semen atau cat yang menyebabkan pengelupasan, keretakan, hingga kehancuran. Semakin dalam jamur berkembang biak, semakin besar pula tingkat kerusakan yang disebabkan. Yang pada akhirnya, semakin sulit pula untuk menyingkirkannya. Namun, konsekuensi yang ditimbulkan dari segi kesehatan tidak kalah berbahayanya. Jamur rumah dapat memicu timbulnya penyakit pernafasan yang kronis, yang dapat dengan mudahnya menyerang anak-anak yang cenderung lebih sensitif. Seperti rumah pada gambar berikut ini, yang membutuhkan langkah-langkah ekstrim untuk pemulihan pada bagian interior, dan tentunya dapat berkembang ke bagian rumah lainnya. Bahkan, Home Staging Pabrik, tim arsitek dari Lisbon harus memugar total rumah ini agar jauh dari jamur!

Penyebab munculnya jamur

 Bathroom by homify

Jamur dapat muncul di mana pun ketika kondisi buruk mendukung perkembangbiakan mereka. Tetapi, apa yang kemudian menyebabkan jamur muncul di rumah? Homify telah menyimpulkan jika spora jamur terdapat di mana-mana, entah ruangan itu telah steril maupun disaring. Sehingga, spora akan selalu ada di dalam rumah. Jalan masuk yang terbuka dengan lebar adalah kondisi pertama yang menyebabkan jamur mudah masuk. Setelah spora berkembang di dalam rumah, dengan sedikit kelembaban, sumber makanan (yang mereka dapatkan dari bahan bangunan), lengkap dengan suhu yang pas, sinar matahari yang sedikit, dan juga waktu, maka jamur sudah siap menginvasi rumah Anda!

Setelah Anda mengetahui kondisi yang disukai jamur untuk berkembangbiak, selanjutnya Anda perlu mengetahui tampilan permukaan yang telah diserang jamur. Cukup lihat pada dindind atau langit-langit yang bcoro dan lembab, dikombinasikan dengan ventilasi yang cukup, maka Anda dipastikan dapat melihat tampilan jamur di sudut ruangan. Terutama jika bagian ruangan tersebut terkena sinar matahari yang lebih sedikit. Kamar mandi dan dapur biasanya korban pertama dari penjajah diam-diam ini, terutama jika ukuran ruangan yang kecil dan sistem saluran udara tidak terlalu efektif. Untuk lemari, jika Anda sering meletakkan pakaian basah atau setengah basah, sudah dipastikan jamur akan berkembang biak dengan cepat di sana.

Tanda Munculnya Jamur

 Walls & flooring by homify

Tanda-tanda munculnya jamur pada dinding seringkali tidak terlihat. Biasanya mereka muncul di area yang tertutupi oleh furnitur Anda atau bahkan tumbuh di dalam lemari pakaian Anda. Tapi setelah Anda menemukannya, biasanya sudah sangat terlambat dan Anda sudah sulit untuk membasminya. Bau lembab jamur pastinya adalah hal pertama yang dapat kita sadari. Setelahnya, lanjutkan dengan serajin mungkin menemukan sumber jamur dengan memperhatikan beberapa titik. Biasanya, permukaan yang terkena jamur akan berbintik hitam pada permukaan yang cerah atau berbintik putih pada permukaan yang gelap.

Tetapi, tidak perlu menunggu sampai tanda-tanda jamur muncul! Jika Anda memiliki permukaan yang basah, dinding lembab tanpa ventilasi, atau juga saluran udara yang jarang terkena matahari, persiapkan diri Anda, karena tempat-tempat ini adalah tempat kesukaan jamur.

1. Pengusir jamur paling ampuh!

Ruang mencuci seperti pada gambar atau juga dapur kecil yang juga dipasangi mesin cuci, adalah tempat yang sempurna untuk jamur berkembang biak. Bahkan, beberapa titik yang sering basah dan membutuhkan waktu lama untuk kering adalah tempat pengganggu ini tumbuh dengan cepat. Tentunya, ruangan ini cenderung hangat dan dapat membunuh jamur. Tetapi, jamur membutuhkan suhu yang lebih tinggi agar dapat dimusnahkan dengan cepat.

Jika Anda sudah mulai melihat noda jamur di ruangan tersebut, segera pikirkan solusi terbaik untuk mengatasinya. Yang paling cepat adalah dengan menggunakan cata anti jamur. Akan tetapi, jangan terburu-buru menggunakan solusi mahal tersebut. Banyak solusi altenatif yang lebih terjangkau dan dapat Anda coba. Simak selengkapnya di bawah ini!

2. Pemutih berbahan klorin untuk membersihkan jamur

Cara pertama ini adalah solusi yang paling sering dilakukan dan dipraktekkan. Pemutih, selama beberapa dekade terakhir ini, telah menjadi solusi jitu untuk memusnahkan jamur. Penggunaan pemutih juga  sangat efektif dan murah, walaupun tidak dapat digunakan di semua tempat. Beberapa permukaan memiliki tingkat sensitivitas yang tinggi dan dapat menyebabkannya cepat rusak. Bukannya malah berhemat, Anda malah harus mengeluarkan uang lebih nantinya. Material seperti stainless steel dan beberapa jenis batu dapat rusak parah jika terkena cairan pemutih. Sehingga, Anda harus menghindarinya.

Akan Tetapi, solusi sangat baik untuk digunakan, terutama di kamar mandi karena selain membunuh jamur, cairan ini juga membantu memutihkan permukaan keramik!

3. Cuka juga berguna untuk memerangi jamur!

 Household by homify

Cuka yang sudah lama juga merupakan teman terbaik Anda untuk mengalahkan musuh yang jelek dan bau yang satu ini. Bahkan, baunya cuka tidak ada apa-apanya dibandingkan jamur yang sangat mengganggu!

Setelah Anda mendeteksi titik-titik dengan jamur di atasnya, tidak perlu ragu lagi! Tuangkan saja cuka anggur atau apel untuk membasmi jamur. Tetapi, pelu Anda ingat untuk tidak menuangkannya ke atas permukaan yang putih, karena akan menimbulkan noda membandel yang susah Anda bersihkan. Anda juga dapat menggunakan cara yang sama pada kamar tidur. Cukup bersiap-siap saja menghadapi bau cuka yang kurang mengenakkan seharian. Atas alasan ini, maka homify menyarankan untuk menggunakan cuka pada jamur membandel yang ada di dapur, sehingga aktivitas yang Anda lakukan dapat berjalan dengan normal. Cara membunuh jamur menggunakan cuka dijamin sangat ampuh. Selain itu, penggunaan cuka juga sangat murah dan mudah. Tetapi, Anda perlu berhati-hati! Jangan sampai menuangkan cuka ke atas marmer atau batu kapur, karena keasaman cuka akan menyebabkan noda yang tidak bisa dihilangkan. Untuk itu, pengetahuan yang cukup mengenai bahan yang dapat dibersihkan menggunakan dengan cuka perlu Anda ketahui.

4. Hidrogen peroksida tak kalah ampuhnya membunuh jamur

 Household by homify

Sangat menyeramkan! Bagaimana jika jamur pengganggu ini muncul di kamar bayi? Anda tidak dapat menggunakan pemutih yang beracun, sementara cuka menimbulkan bau kurang sedap yang membuat bayi terganggu. Lantas, apa solusi lainnya?

Jawabannya adalah dengan menggunakan hidrogen peroksida! Mungkin Anda sangat susah menggambarkan zat ini secara umum, karena zat ini kurang diketahui secara luas. Padahal, hidrogen peroksida adalah bahan kimia yang diketahui sebagai zat pembersih yang sangat efektif. Anda dapat mendapatkan zat ini di toko-toko DIY, toko bahan kimia, atau bahkan di supermarket. Cukup rendam zat kain dengan menggunakan hidrogen peroksida menggunakan sarung tangan. Gosok-gosokkan kain yang telah dibasahi tersebut ke permukaan berjamur. Tunggu hingga kira-kira 15 menit dan gosok dengan sikat dalam kondisi kering. Anda akan menyaksikan dengan ajaibnya jamur tersebut akan hilang! Namun Anda perlu berhati-hati. Meskipun hidrogen peroksida tidak beracun, akan tetapi zat ini dapat merusak kulit dan bahkan kain. Untuk itu, membersihkan jamur dan spor dengan menggunakan gorden, karpet, atau juga selimut sangat tidak disarankan.

5. Natrium bikarbonat atau baking soda untuk mengatasi jamur membandel

  by homify

Lemari pakaian dan laci penyimpanan adalah target lain yang disukai jamur. Mereka biasanya berada di ruangan dengan ventilasi yang kurang sempurna. Sehingga, pakaian Anda menjadi makanan menyehatkan bagi jamur. Hanya dengan sepotong pakaian yang lembab atau basah yang tidak sengaja Anda masukkan, maka jamur dengan bau apek dan noda akan langsung menyerbu lemari Anda! Untuk itu, segera ambil tindakan agar kondisi ini tidak memburuk.
Pemutih dan juga hidrogen peroksida sudah keluar dari pilihan, karena dua hal ini akan menodai pakaian dan pada akhirnya menjadikan pakaian tidak bisa lagi digunakan. Cara paling ampuh untuk mengatasi jamur membandel pada pakaian adalah dengan menggunakan baking soda atau yang dikenal pula dengan sebutan natrium bikarbonat! Cukup gunakan soda yang biasa Anda gunakan untuk membuat kue mengembang. Buatlah sebuah pasta dengan campuran bikarbonat dan air dengan perbandingan 1 banding 3. Selanjutnya, oleskan pasta tersebut pada bagian baju yang ditumbuhi jamur dan tunggu selama 1 jam. Setelahnya, Anda bisa langsung membilasnya dan mencucinya dengan deterjen. Cara lainnya adalah dengan mencairkan secangkir baking soda dengan 1 liter air panas yang telah dicampurkan dengan deterjen. Rendam pakaian berjamur pada cairan ini selama 2 jam, lalu bilas dan keringkan. Menyingkirkan jamur bukan lagi pekerjaan susah!

Apakah Anda tertarik untuk menggunakan tips jamur dari kami? Jangan lupa share di kolom komentar!
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!