Ruang Keluarga by dwarf

Interior Bata Merah dan Kayu: Unik, Hangat dan Layak Ditiru

Dyah Swastantika Dyah Swastantika

Tanya harga

Invalid number. Please check the country code, prefix and phone number
Dengan mengklik 'Kirim' saya mengkonfirmasi bahwa saya telah membaca dan menyetujui Kebijakan Privasi bahwa informasi saya akan diproses.
Catatan: anda dapat mencabut persetujuan tersebut kapan saja dengan mengirim email ke privacy@homify.com.
Loading admin actions …

Hanya di rumah kita bebas menjadi diri sendiri. Selain berupaya agar rumah memberikan perlindungan dan ketenangan, kita juga boleh lho menjadikan rumah sebagai tempat untuk merealisasikan ide-ide kita. Ide apapun boleh, selama kita nyaman mengapa tidak? Interior gaya rumah pedesaan Texas kental dengan material kayu, juga pernak-pernik klasik. Gaya interior ini juga fleksibel dan bisa dipadukan dengan gaya desain interior lainnya. Di rumah ini kita juga bisa menemukan perpaduan unik antara karakter rustic, industrial, dan ekletik. Menariknya lagi, desainer tata ruang ini adalah ahli kami Dwarf yang berbasis di Jepang. 

1. Tampak depan

 Rumah by dwarf

Dari sudut ini tampak rumah gaya Texas dua lantai dengan fasad yang memadukan warna putih dan abu-abu. Panel kayu digunakan sebagai pagar balkon dan kelambu permanen di balkon yang menjorok ke muka. Ini karena balkon sering digunakan pemilik rumah untuk menikmati saat bersantai dan ia tidak ingin terlihat oleh tetangga. Tangga kayu di samping balkon disandarkan sebagai akses masuk bagi anak-anak atau penghuni rumah lain untuk masuk tanpa melintasi ruang tamu. 

2. Ruang tamu

 Ruang Keluarga by dwarf

Seperti rumah pada umumnya di Indonesia, ruang paling depan setelah pintu adalah ruang tamu. Pengertian ruang tamu di sini adalah ruangan untuk menerima para tamu, bukan ruangan untuk menerima tamu dan atau berkumpul bersama keluarga seperti konsep ruang tamu di rumah Eropa dan Amerika. Maka di sini hanya disediakan satu kursi panjang dan meja kopi, karena tamu diperkirakan tidak lama-lama berkunjung ke rumah ini. 

Kita bisa lihat bagaimana ruangan ini didekorasi dengan berbagai macam gaya. Lampu gantung, tungku, aksen dinding batu bata mewakili gaya rustic. Kursi tamu, permadani dan pintu lemari kolonial. Sementara lampu sorot, dinding beton dan meja kopi yang merupakan sentuhan industrial. Pintu kaca besar merupakan ciri khas rumah pertanian Texas, mencerminkan kesediaan menerima siapapun yang berkunjung dengan tangan terbuka. 

Plafon di ruang antara dapur dan ruang tamu dibuat tinggi dan menyatu dengan plafon lantai dua untuk menciptakan keterkaitan antara penghuni yang ada di lantai bawah dan atas. Pagar dari logam biasanya ada di halaman, namun desainer menggunakannya sebagai pagar pengaman balkon. Banyak elemen hias dan pelengkap, namun semuanya memiliki kesamaan dengan satu dua elemen lain di ruangan ini.  

3. Dapur dan ruang makan

 Ruang Makan by dwarf

Dapur rumah ini cukup simpel. Hanya terdiri dari satu meja di mana ada kompor dan bak cuci piring di atasnya. Meja terbuat dari kayu berfurnish natural di sisi dinding beraksen batu bata. Demikian juga langit-langit di atas dapur, rak, dan meja makan. Tangga beton berlapis kayu adalah sentuhan industrial yang menarik di sepanjang dinding beton. Ruang di bawah tangga dimanfaatkan sebagai ruang belajar untuk anak. Di sini kita melihat material kayu dengan berbagai kedalaman warna coklat. Menakjubkan bagaimana satu elemen seperti kayu bisa memiliki banyak wajah. 

4. Tabir setelah pintu masuk

 Koridor dan lorong by dwarf

Ini adalah salah satu pintu masuk dengan kaca buram yang khas kolonial. Penghalang atau sekat antara pintu dan ruangan di dalamnya adalah implementasi ciri khas Asia (dalam hal ini Jepang) untuk melindungi privasi. Saat pintu dibuka, bukan hanya tamu yang bisa melihat ke dalam, namun juga orang yang lewat di depan rumah. Selain itu, menempatkan tabir di depan pintu juga baik secara feng shui. Tabir berpadu dengan dinding batu bata bersama lantai beton menghadirkan sentuhan pedesaan di rumah gaya Texas ini. 

Dinding berlapis potongan kayu menjadi sudut untuk meletakkan pernak-pernik unik. Siapapun yang masuk melalui pintu ini akan disambut hangat dan diingatkan untuk tidak lupa tersenyum. 

5. Wastafel tersembunyi

 Koridor dan lorong by dwarf

Ternyata, inilah ruangan yang tersembunyi di balik tabir. Sebuah wastafel di atas meja kayu, lengkap dengan cermin di atasnya. Backsplash mosaik biru tampak serasi dengan suasana di sekitarnya. 

6. Ruang santai

 Ruang Multimedia by dwarf

Sebagaimana terlihat pada gambar sebelumnya, lantai atas digunakan untuk ruang pribadi, yaitu kamar-kamar tidur dan ruang untuk bersantai. Sudut ini digunakan pemilik rumah untuk menghabiskan waktu seorang diri, misalnya membaca atau menghirup secangkir minuman hangat. Meja kopi, bantal kursi, karpet, tangga logam, bahkan gambar di dinding bernuansa sama dengan sofa gaya klasik warna merah bata. Sebuah upaya untuk membuat keterkaitan antara satu elemen dengan elemen lainnya. 

Bagaimana pendapat Anda tentang interior gaya Texas di atas? 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!