Dapur by .8 / TENHACHI

10 Inspirasi Rumah Kecil yang Indah dari Jepang!

Boy Indarto – Homify Boy Indarto – Homify
Loading admin actions …

Rumah – yang kecil sekali pun – adalah tempat yang hangat bagi semua orang, dengan keluarganya. Seperti rumah-rumah kecil di Jepang, yang kami sajikan di Buku Ide ini. Rumah-rumah kecil yang tampak baik, indah, santai, halus, dan itu tadi, menyajikan suasana yang hangat. 

Mari kita nikmati satu per satu, yang mungkin bisa Anda jadikan inspirasi untuk hunian keluarga tercinta. 

Ps. Rumah yang terakhir, akan benar-benar memukau Anda!

1. Rumah Kayu dengan Gaya Campuran

Kita mulai rumah pertama, yang dirancangkan oleh perusahaan arsitektur, Dwarf. Hanya dari melihat wajah depan resort bergaya pantai ini saja, sudah membuat kita merasa nyaman dan santai. Rumah ini menyajikan teras yang tertutup dan  halaman yang luas di sekitarnya, menciptakan ruang lebih bagi seluruh anggota keluarga.

Balkon rumah dengan tiang dan pagarnya, mungkin mengingatkan kita pada gaya rumah kolonial di Eropa. Dan semuanya berjalan beriringan bersama genteng khas Jepang. Kombinasi Timur dan arsitektur kolonial ini, juga dibawa sampai ke dalam rumah, menciptakan nuansa vintage, hangat, namun penuh semangat.

2. Rumah dengan Bangunan yang Unik

Rumah yang terletak di daerah Tokushima ini, terlihat inovatif dan lucu. Dari depan, rumah ini berbentuk kotak, dengan warna putih dan atap miring. Mungkin terlihat biasa saja, tapi tidak begitu bagian dalamnya, di mana terdapat sebuah area foyer yang tinggi, membawa pencahayaan, membuat rumah terlihat cerah dan menyala. 

Di dalam, rumah dihiasi dengan beton putih dan lantai kayu dengan tone ringan, bersinar, yang membuat rumah terlihat menarik. Menampilkan kebebasan pada ketinggian, tidak membuat ruangan demi ruangan di rumah ini, menjadi terpisah.

3. Rumah dengan Langit-langit yang Menyenangkan

Rumah dengan gaya semi-industrial ini, memiliki banyak ruangan yang menyenangkan, membuat keseluruhan rumah tampil unik! 

Dari pintu masuk kita akan menemui sebuah aula yang besar, yang kemudian secara bertahap membawa kita ke ruangan-ruangan dengan dekorasi menarik – ada kamar mandi berbentuk kapsul, kamar tidur yang seperti ruang pameran, dan seperti yang ditampilkan di gambar ini, sebuah ruang keluarga yang terpadu dengan dapur, dengan tambahan ayunan lucu (ya, memang tidak biasa meletakkan sebuah ayunan di dalam rumah, bukan?!) yang bisa digunakan semua orang. Rumah ini benar-benar dipenuhi dengan ruangan yang menyenangkan dan penuh eksperimen. Tak heran, pemiliknya adalah pasangan owner perusahaan arsitektur di Jepang, dengan nama 8/Tenhachi.

4. Rumah Khas Jepang

Ya. Rumah kayu ini memang memiliki gaya rumah tradisional Jepang. Dasar rumah persegi ini dibuat dari kayu, dan jendela yang mengelilingi keseluruhan badannya. Atapnya berbentuk piramida – pilihan dari Isomura Architects & Engineers Office untuk tidak menutup struktur atap di bagian dalam rumah, malah memamerkannya. Hal ini sengaja dijadikan gimmick bersama bagian depan rumah, pintu, juga perabotan yang mencolok. Oh ya. Perhatikan juga hasil-hasil karya kerajinan kayu di sekeliling area tengah. Bagus kan?

Dalam hal tata letak, rumah ini memang fokus pada ruang terbuka dengan sedikit furnitur dan dekorasi. Betul-betul khas Jepang.

5. Kesederhanaan Ala Skandinavia

Orang Jepang, memang menyukai gaya minimalis. Seperti rumah yang dirancang oleh arsitek dari Alts Design Office ini, yang menekankan pada gaya interior Skandinavia, yang memang membawa nuansa minimalis itu tadi. 

Dari luar, rumah ini terlihat biasa saja, sebuah bangunan persegi panjang, berwarna putih. Tapi ketika melihat ke dalam, dengan furnitur-furnitur kayu dengan lapisan warna putihnya yang ringan dan menyala, langsung membuat rumah ini terasa hidup. Ruang keluarga yang terletak di tengah-tengah rumah, menjadi tempat yang ideal untuk berkumpulnya seluruh penghuni rumah. Dan baik ruang tamu, ruang keluarga, meja makan – bahkan ruang kehidupan lain di lantai duanya – terhubung dengan dapur yang ditata rapi dan sederhana. Ini adalah desain yang simple, dengan efek menawan.

6. Rumah Kayu Dua Lantai yang Terbuka

Rumah kayu. Beberapa orang, mungkin berpikir rumah kayu tidak akan bisa menjadi rumah yang mewah. Tapi arsitek dari generasi terbaru, Nobuyoshi Hayashi, telah menciptakan sebuah rumah kayu yang anggun dan elegan, dengan dua lantai yang terbuka. Perhatikan juga hasil-hasil kerja para tukang kayu yang tersebar di setiap bagian. Dari lantai yang bermotif, bangku kayu dan semen di sepanjang dinding, hingga meja kayu yang telah dipoles dan ditutupi lampu gantung. Semua khas Jepang, minimalis.

Ruang keluarga pada foto adalah pusat dari rumah ini. Ruang yang bisa disebut kecil, tapi menyenangkan, dengan penggunaan warna-warna berbeda. Misalnya, warna tangga baja yang lebih industrial. Memberi penekanan pada ruang dua lantai dengan atap yang tinggi, membuat ruang ini terlihat indah.

7. Sebuah Rumah Kayu dengan Dua Gaya

Karya lain dari Alts Design Office, kali ini, rumah dengan gaya pondok yang penuh dengan kabinet kayu – seperti yang sering ditemukan di Amerika.

Dari luar, penampilan rumah ini modern. Terdiri dari dinding beton dan bahan-bahan prefabrikasi. Tapi penampakan bagian dalamnya sangat berbeda, seperti sebuah pondok kayu kecil di tengah hutan. Struktur internal rumah seperti lantai dan pilar menggunakan kayu, begitu juga panel dinding yang dekoratif. Tapi pada saat yang sama rumah juga menggunakan bahan-bahan dari logam seperti pada lampu dan tangga. Keduanya, menampilkan perpaduan yang benar-benar menarik.

8. Lantai Bawah Milik Bersama

 Ruang Keluarga by 株式会社 建築工房零
株式会社 建築工房零

人も心も自然体でいられる空間

株式会社 建築工房零

Rumah besar, mungkin memiliki terlalu banyak ruang, yang bisa memisahkan para penghuninya. Tapi rumah dua lantai yang dirancang oleh pembangun rumah, Zero Craft, ini, berfokus pada sebuah ruang di lantai dasar, yang dijadikan area umum untuk seluruh anggota keluarga. 

Ruang keluarga ini berada di tengah-tengah rumah. Sebuah meja bisa berfungsi sebagai meja makan, terletak tidak jauh dari dapur, di mana Anda dapat membuat makanan, juga bersenang-senang, atau menikmati sebuah tungku api. Sementara di sudut yang lain terdapat tempat untuk bekerja, juga tempat duduk di dekat dinding, di sebelah tangga menuju lantai dua yang diperuntukkan sebagai area kamar tidur.   

Rumah ini memiliki ukuran yang terlihat seperti sebuah rumah mewah yang kecil.

Tempat Duduk di Setiap Sudutnya

 Ruang Keluarga by 株式会社 建築工房零
株式会社 建築工房零

広がり間取りで家中の温熱環境を平準化する

株式会社 建築工房零

9. Rumah Dua Lantai Berbentuk L

Lihat hasil kerja yang lain dari Zero Craft, di mana terdapat dua ruang yang berdampingan – ruang keluarga dan dapur – yang menjadi salah satu keunggulan dari rumah kayu ini. 

Penekanannya sama, yaitu pada penggunaan kayu-kayu alami dengan warna ringan, khas rumah Jepang. Dan dari sentuhan komposisi warna kayu alami inilah, kita dapat merasakan nuansa relaksasi yang menyenangkan. Ruang keluarga ini terlihat seperti sebuah ruang pameran ya? 

 Dapur by 株式会社 建築工房零
株式会社 建築工房零

薪ストーブのある土間キッチン

株式会社 建築工房零

Sementara dapurnya terlihat hangat, tidak kalah dari ruang di sebelahnya. Selain warna, penggunaan baja pada desain-desain furnitur seperti perapian dan bahkan kaki meja, juga membuat ruangan ini terlihat menonjol.

10. Rumah Dua Lantai Baru yang Antik, dan Dicintai Anak-anak

Pada pandangan pertama, rumah ini terasa seperti rumah nenek Anda. Strukturnya didirikan dari tiang kayu, balok demi balok, juga gerbang yang mengingatkan pada gaya rumah Jepang kuno. Tetapi jika Anda melihat sudut yang lain dari rumah ini, kita akan melihat sebuah gaya yang modern. Terutama, di luar rumah. 

Ini adalah sebuah rumah keluarga Jepang yang modern, yang tercipta dari bakat unik para arsitek Narito Ashida Architect Studio, saat merenovasi sebuah rumah tua, tanpa meninggalkan aura aslinya.

 Ruang Keluarga by 株式会社 建築工房零
株式会社 建築工房零

贅沢な日常をもたらしてくれるアウターリビング

株式会社 建築工房零

Dan campuran dari gaya lama dan baru pada rumah ini, menciptakan nuansa relaksasi yang menyenangkan. Saat dirakit, dekorasi difokuskan pada kayu-kayu alami bernada ringan, hampir di seluruh ruangan. Inilah yang membuat para penghuni rumah dapat merasa santai, juga merasakan kehangatan yang disampaikan rumah ini secara turun-temurun.

Sebutkan rumah jepang favorit Anda di kolom komentar!
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!