Rumah by Casas Arquicenter ®

10 Langkah Mudah dan Hemat Membangun Rumah

Dyah Swastantika Dyah Swastantika

Tanya harga

Invalid number. Please check the country code, prefix and phone number
Dengan mengklik 'Kirim' saya mengkonfirmasi bahwa saya telah membaca dan menyetujui Kebijakan Privasi bahwa informasi saya akan diproses.
Catatan: anda dapat mencabut persetujuan tersebut kapan saja dengan mengirim email ke privacy@homify.com.
Loading admin actions …

Punya rumah sendiri adalah tujuan dan impian semua orang. Selain pesona, kualitas rumah juga perlu diperhatikan agar penghuni rumah bisa merasa bahagia lahir batin. Anda mungkin mengira banyak biaya yang harus dikeluarkan untuk mencapai tujuan ini. Jangan buru-buru kecewa. homify telah menyusun 10 langkah mudah membangun rumah impian hemat biaya. Silakan baca ulasan berikut ini. 

1. Gunakan kusen pintu dan jendela berkualitas

Tampilan luar atau fasad rumah memang penting. Namun fungsi juga tak kalah penting. Pilih kusen jendela dan pintu dari bahan berkualitas dan tahan lama. Bahan yang seperti ini mungkin harganya lebih mahal. Namun coba bayangkan jika Anda memilih bahan yang harganya lebih murah. Dalam waktu beberapa tahun kusen sangat mungkin keropos dan Anda harus merogoh kocek lagi untuk biaya pembuatan dan pemasangannya. Usahakan agar pintu dan jendela tidak terlalu besar atau terlalu kecil. Ini penting agar rumah mendapat cukup cahaya dan memiliki sirkulasi udara yang baik. 

2. Menghitung ukuran dan proporsi dengan tepat

Ini mungkin terdengar terlalu teknis, sedangkan Anda merasa tak paham tentang urusan bangun membangun sama sekali. Tidak perlu tahu banget sih. Tahu sedikit saja sudah cukup. Sebagai pemilik rumah Anda bisa berpartisipasi membantu pak tukang dan mandor mengukur tinggi dinding, lebar pintu, tinggi plafon, dll. secara tepat. Ini penting dilakukan agar rumah tampak proporsional. Para teknisi bangunan juga tak perlu mengulang kembali pekerjaan mereka lantaran ukuran yang terlalu besar atau terlalu kecil. Bisa menghemat tenaga, waktu pembangunan tidak molor, hemat biaya pula. 

3. Perhatikan area luar rumah

Rumah impian bisa menawan karena penampilan luarnya juga menawan. Selain menata area interior senyaman mungkin, jangan lupa membuat rencana seperti apa halaman yang Anda inginkan. Sebaiknya halaman terdiri dari area yang bisa ditanami dan dilengkapi jalan setapak atau tangga. Apapun rencana Anda, usahakan untuk menyesuaikannya dengan kontur tanah di sekelilingnya. Rumah yang lebih rendah dari permukaan tanah di sekelilingnya harus dilengkapi dengan tanggul untuk mencegah erosi. 

4. Pilih bahan lantai yang sesuai dengan iklim

Banyak orang yang belum mengetahui jika lantai punya peran penting dalam kenyamanan rumah. Khususnya dalam hal mengatur temperatur atau suhu udara di dalam rumah. Lantai marmer atau keramik bukan hanya indah tapi juga terasa dingin di kaki, sehingga cocok untuk rumah di daerah tropis seperti di Indonesia. Lantai dari bahan ini juga membantu menciptakan suasana sejuk dan nyaman di dalam rumah. 

5. Sesuaikan material dinding dengan fungsi ruangan

Memang benar Anda bisa mendekorasi rumah sesuai keinginan. Meski demikian, dalam hal dinding kita tidak bisa hanya mengutamakan keindahan. Jika memungkinkan, gunakan bahan yang berbeda sesuai dengan fungsi ruangan. Dinding dapur dan kamar mandi sebaiknya terbuat dari bahan yang tahan lama. Ini karena dinding di dua ruangan ini akan lebih sering terpapar panas, asap dan lembab lebih banyak daripada ruangan lainnya. Jika dinding di kedua ruangan ini cepat keropos sudah pasti Anda harus mengeluarkan biaya ekstra untuk memperbaikinya. 

6. Shower atau bathtub?

Pemilihan furnitur dan kelengkapan rumah secara tepat juga bisa membantu Anda menghemat biaya. Selain toilet, kita harus memutuskan apakah akan menggunakan bathtub atau shower. Bathtub bisa membuat kamar mandi Anda tampak lebih mewah dan jadi fasilitas pribadi untuk bersantai di rumah. Sedangkan shower tidak membutuhkan banyak ruang dan bisa membantu menghemat penggunaan air. Mau pilih dua-duanya? Boleh kok.  

7. Gunakan ruang di bawah wastafel atau bak cuci piring

Pilih furnitur kamar mandi atau furnitur dapur yang memaksimalkan penggunaan ruang. Ruang di bawah meja wastafel atau bak cuci piring sebaiknya tidak tertutup, sehingga bisa dimanfaatkan sebagai tempat penyimpanan. Ini juga berlaku untuk furnitur ruangan lainnya. 

8. Warna tepat untuk suasana nyaman

Warna dinding dan elemen lain juga tak kalah penting dalam membentuk suasana di dalam rumah. Pilih warna netral untuk dinding agar mudah dipadukan dengan furnitur dengan material dan warna apapun. Di rumah ini, putih diaplikasikan sebagai warna dinding dan plafon. Selain menghasilkan suasana nyaman, ruangan juga jadi lebih cerah. Putih mudah dikombinasikan dengan warna apa saja, termasuk pintu dan kusen berwarna gelap dan lantai kayu bernuansa netral. Tanpa desain muluk-muluk, ruangan ini sudah tampak menarik. 

9. Perhatikan alokasi ruang di dapur

Dapur adalah ruangan yang paling sering digunakan untuk aktivitas berat. Selain terpapar panas, dapur juga basah dan kena percikan minyak hampir setiap hari. Oleh karena itu desain dapur harus memperhatikan alokasi atau pembagian ruang. Bagian kering adalah area penyimpanan untuk bahan mentah dan menyimpan makanan. Area untuk memasak, yaitu kompor dan meja dapur, harus berdekatan dan dekat dengan jendela. Area basah, yaitu bak cuci piring, harus punya saluran pembuangan yang terpasang sempurna. Setelah semuanya tertata di tempat semestinya, baru kita pikirkan tentang cara mempercantik dapur

10. Saling berhubungan

Elemen-elemen di dalam rumah tidak berdiri sendiri, namun saling berhubungan. Desain atau rancangan rumah yang baik sebaiknya memperhatikan keterkaitan dan memudahkan penghuni rumah mengakses satu ruangan menuju ruangan lainnya. Rumah dalam contoh ini menggunakan meja dapur berbentuk U dan merapat ke dinding. Ruang yang tersisa bisa digunakan sebagai koridor untuk menuju ruangan lainnya. Di samping aspek fungsional, warna material juga perlu diperhatikan agar rumah impian bisa jadi kenyataan. 

Manakah cara hemat membangun rumah yang akan segera Anda terapkan? 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!