Ruang Makan by Loft Factory

Cara Menata Ruang Mungil Secara Proporsional

KSMR KSMR
Loading admin actions …

Loft Factory, perusahaan arsitek interior yang berbasis di Warszawa, belum lama ini menawarkan ide cerdas dalam menata ruangan. Konsep penataan yang ditawarkannya berupa konsep penataan di ruangan mungil, seperti dapur, ruang makan, ruang tamu, kamar tidur dan kamar mandi. Untuk lebih jelasnya lagi, mari kita ikuti list penjabaran berikut ini.

Ruang mungil multi konsep

Seperti yang terlihat pada gambar di dalam ruangan ini terdapat dua fungsi ruangan yang dijadikan dalam satu area, karena dimensinya terbatas. Namun, kedua ruangan tersebut sengaja dihadirkan dalam nuansa yang berbeda, untuk menegaskan teritori masing-masing ruangan secara implisit.

Ruang makan

Pada ruang makan, ruangan ini dibiarkan bergaya rustic dengan aksen bata ekspos sebagai latarnya. Karena mungil, sudut ini hanya dibekali sebuah meja makan kayu sederhana serta sebuah kursi panjang dan dua buah kursi besi berwarna sebagai pemanis. Sebagai penerang, ruangan ini ditambahkan pula dengan dua buah lampu gantung bergaya semi modern, yang siap menerangi ruangan ini di saat suasana ruangan terasa gelap.

Sudut minum

Tak jauh dari ruang makan, terlihat pula sebuah sudut khusus, yang dimuati oleh beragam koleksi minuman. Sudut ini terlihat mampu memberikan identitasnya sendiri dengan bekal sebuah rak gantung beraksen kayu, dan sebuah rak dorong yang juga beraksen kayu pada bagian bawahnya.

Dapur

Dan masih bersebelahan dengan ruang makan dan sudut minum tadi, terdapat pula sebuah ruang memasak yang tampil apik dengan nuansa putih hitam elegan. Sekalipun mungil, dapur ini sudah cukup terlihat gaya modernnya dengan berbagai komposisi dapur yang mengisinya. Di dalam dapur ini terlihat penataan furnitur hanya difokuskan pada bagian bawah, sedangkan pada bagian atas, penataan hanya dihadirkan secara sederhana lewat rak terbuka dan rak gantung. Sedangkan untuk pencahayaan, dapur berjendela ini juga telah dibekali pula oleh dua pasang lampu pada area langit-langit, untuk memaksimalkan pencahayaan dapur pada saat malam hari.

Selanjutnya, Loft Factory juga memberikan contoh dapur dan ruang makan lain dalam koleksinya, dan contoh-contoh tersebut terlihat seperti pada gambar di bawah ini.

Konsep dapur 2

Dapur bernuansa putih ini didesain tak jauh berbeda dari konsep dapur sebelumnya. Hanya saja dalam konsep yang satu ini rak dapur ditata secara menyeluruh dari atas hingga ke bawah. Dari segi dimensi dapur yang dibatasi dengan pintu geser ini juga terlihat lebih besar, sehingga di dapur ini dapat dimasukkan pula unsur meja makan sederhana didalamnya.

Konsep ruang makan 2

Dan pada ide lain, ruang makan sederhana akan tampil seperti pada gambar. Dimana sebuah meja makan berdimensi bundar ditempatkan pada salah satu sudut ruangan berlatar polos, dengan tiga buah kursi kayu beragam corak yang mengelilinginya.

Setelah fokus pada ruang memasak dan ruang makan, kali ini kita akan kembali membahas ruangan lain yang berhasil dirancang Loft Factory. Kali ini kita akan membahas dua ruangan privasi, pertama kamar mandi dan kamar tidur. Dalam protfolio kali ini Loft Factory memberikan kita dua contoh kamar mandi dan kamar tidur. Keduanya hadir dengan dua tema yang berbeda, sekalipun fungsinya masih sama.

Kamar mandi 1

Seperti yang terlihat pada gambar, kamar mandi ini terlihat cantik dengan penataan dua tema warna yang berbeda. Pada sisi wastafel, unsur putih hitam begitu kental terasa, mulai dari corak rak, hingga ke berbagai ornamen pendukung seperti corak keran dan penopa lampu gantung yang berada di atas areanya. Sedangkan pada sisi lain, corak krem dihadirkan pada area shower, untuk menegaskan teritori yang berbeda antara ruang basah dan kering, sekalipun diantara keduanya telah dibatasi pula oleh sebuah partisi kaca.

Kamar mandi 2

Dan pada contoh kamar mandi 2, Loft Factory hanya ingin berbagi ide dalam hal pemilihan corak lantai. Di kamar mandi 2 ini para profesional berhasil menghadirkan sebuah corak khusus pada area lantai kamar mandi. Ide ini dapat Anda contek, untuk menghidupkan suasana kamar mandi di hunian Anda.

Kamar tidur 1

Pada kamar tidur ini terlihat corak biru dan putih mengelilingi setiap sudutnya. Ruangan yang cukup nyaman ini sangat kental unsur modernnya lewat dukungan beberapa instalasi lampu-lampu unik pada bagian langit-langit dan kedua sisi tempat tidur. Dan sebagai unsur pemanis tambahan, dihadirkan pula sematan wallpaper dan sebuah cermin berdiri pada salah satu sudut ruang tersebut.

Kamar tidur 2

Gaya modern lain juga terlihat dalam gaya kamar tidur yang satu ini. Sekalipun terlihat lebih sederhana, namun pemilihan wallpaper bercorak pada area dinding latar kamar ini terasa cukup memeriahkan suasana. Terlebih lagi dukungan kedua lampu bercorak terang yang mengapit tempat tidur, juga seolah mampu menyeimbangkan dominasi aksen putih hitam yang sangat kental didalam area ini.

Bonus

Penataan ruang mungil yang satu ini adalah bagian dari contoh ruang makan 2 yang sudah dibahas sebelumnya. Dalam penataan ini konsep ruang tamu, dapur dan ruang makan dibiarkan menyatu, dengan partisi seadanya. Seperti yang terlihat pada gambar, unsur partisi hanya terlihat pada sebagian area dapur yang menghadap area ruang tamu. Alih-alih sebagai partisi, fungsi dari instalasi tersebut juga dimanfaatkan sebagai sebuah media penyimpanan, agar fungsinya terasa lebih bermanfaat dari sekedar partisi pembatas ruang saja.

Anda siap menata ulang ruang mungil Anda?
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!