Dapur by GUTMAN+LEHRER ARQUITECTAS

6 Hal Penting yang Perlu Anda Tahu Tentang Microwave!

Boy Indarto – Homify Boy Indarto – Homify

Tanya harga

Invalid number. Please check the country code, prefix and phone number
Dengan mengklik 'Kirim' saya mengkonfirmasi bahwa saya telah membaca dan menyetujui Kebijakan Privasi bahwa informasi saya akan diproses.
Catatan: anda dapat mencabut persetujuan tersebut kapan saja dengan mengirim email ke privacy@homify.com.
Loading admin actions …

Saat ini, hampir semua dari kita memiliki microwave di dalam dapur. Ini adalah perangkat yang sangat nyaman, karena memudahkan kita untuk menyiapkan berbagai sajian. Khususnya, saat ingin menghangatkan makanan sebelum disantap. Saat ini, sistem operasional microwave sudah lebih aman digunakan dibandingkan dulu, ketika perangkat ini baru diluncurkan. Tak ada lagi mitos yang mengatakan jika memanaskan hidangan dengan  microwave, maka makanan tersebut akan terkontaminasi racun berbahaya.

Dan tak hanya itu, tahukah Anda bahwa microwave ternyata juga dapat membersihkan sponge yang sering digunakan untuk mencuci piring kotor hingga menjadi steril? Atau bisa digunakan untuk memasak kentang dengan cara yang lebih sehat? Dan bahkan, Anda juga dapat membuat adonan kue di situ! Ingin tahu lebih banyak lagi mengenai microwave? Well, selamat membaca, dan ucapkan terima kasih kepada para ilmuwan yang telah menemukan alat canggih ini!

1. Microwave Berbahan Logam

Sistem pemanasan microwave, menggunakan teknik radiasi gelombang elektromagnetik, dengan panjang bervariasi. Microwave dalam gambar di atas memakai gelombang sepanjang 12 cm, sesuai dengan lebarnya. Radiasi dari gelombang mikro tersebut kemudian menghasilkan panas yang menyebar di dalamnya. Dan penggunaan benda logam akan menciptakan gelombang arus elektromagnetik, yang dapat meningkatkan tekanan panas di dalam maupun suhu di sekitar ruangan. Microwave jenis ini cocok untuk digunakan di dapur dengan luas yang relatif besar, agar sirkulasi udara panas dapat berputar dengan baik.

2. Aluminum Foil

 Kitchen by Küppersbusch Hausgeräte GmbH
Küppersbusch Hausgeräte GmbH

Die neue ConceptLine von Küppersbusch

Küppersbusch Hausgeräte GmbH

Benda logam dengan ujung atau tepian yang tajam, dapat menghasilkan sebuah reaksi panas yang cukup kuat, hingga timbul percikan api. Hal ini disebabkan karena arus listrik umumnya memiliki tekanan yang lebih kuat, ketika bersentuhan dengan benda logam yang tajam. Di persimpangan, dua benda logam yang longgar dapat dengan mudah melebihi kumparan arus sebesar 3 MV per meter, sehingga cukup untuk menembus udara dan menghasilkan uap panas. Dalam suatu bidang yang kuat, molekul gas antara potongan-potongan logam yang telah terionisasi membentuk plasma konduktif, yang kita lihat dalam bentuk percikan api. Ini dapat terjadi pada dua ujung logam pisau dan microwave saat bertemu. Hal tersebut dapat menyebabkan obyek di dalam ruangan memanas. Jadi, jangan pernah menempatkan alumunium foil maupun benda-benda berbahan logam di dalam microwave, untuk mencegah terjadinya kerusakan.

3. Aspek yang Membahayakan

 Kitchen by isabella maruti architetto
isabella maruti architetto

tutti i piccoli elettrodomestici sono comodamente accessibili all'interno delle dispense mentre si cucina

isabella maruti architetto

Bagi kebanyakan orang yang terbiasa hidup di perkotaan dengan ritme kerja yang cepat, mugkin tidak dapat membayangkan jika di dapurnya tidak memiliki microwave. Namun, tak sedikit juga orang-orang yang mengatakan bahwa makanan yang dibuat atau dihangatkan di microwave merupakan makanan yang tidak sehat dan tidak layak untuk dikonsumsi, karena microwave merupakan sumber dari radiasi yang kuat dan membahayakan kesehatan kita. Tapi nyatanya hal tersebut hanyalah mitos belaka. Studi yang dilakukan oleh para ilmuwan, menemukan bahwa microwave tidak dapat menyalurkan kandungan kimia yang dimilikinya ke dalam makanan yang dipanaskan. So, no more worry!

Simak juga: 6 Inspirasi Rumah Rendah Biaya yang Cepat Dibangun!

4. Peralatan untuk Microwave

 Kitchen by IdéeCadeau.fr
IdéeCadeau.fr

Four à micro-ondes rétro années 50

IdéeCadeau.fr

Sebaiknya gunakan peralatan yang terbuat dari kaca dan porselen, karena bahan-bahan tersebut hanya sedikit menyerap panas. Untuk memastikan kemanan saat menggunakan piring mapun mangkok, Anda perlu melihat ulang tanda atau kalimat “Aman digunakan dalam microwave”, yang biasanya terletak di bawahnya.

Microwave berwarna burgundy yang cantik ini dapat ditemukan di toko ideecadeau.fr – Anda dijamin akan menemukan berbagai produk menarik lainnya yang tak hanya menarik desainnya, tapi juga lebih memudahkan Anda saat beraktivitas di dapur.

5. Cara Menghindari Panas Berlebih

 Kitchen by KitchenAid
KitchenAid

prodotti

KitchenAid

Untuk memastikan terdapat sirkulasi udara yang cukup, beri jarak minimal 10 cm dari dinding, saat meletakkan atau menempatkan microwave. Untuk bagian samping, jarak aman adalah 5 cm, dan bagian atas minimal 20 cm. Jangan meletakkan benda apapun di atas microwave, serta jauhkan dari benda-benda elektronik seperti tv, radio serta antena, karena dapat mengganggu gelombang yang dihasilkan, untuk memanaskan makanan. Cara ini akan membantu Anda dalam menghindari panas berlebih, yang dapat merugikan kita semua.

6. Cara Cepat dan Efisien Membersihkan Microwave

 Dapur by Haus12 Interiors
Haus12 Interiors

Jesmond Dene Road

Haus12 Interiors

Untuk membersihkan microwave dengan cepat dan efisien, Anda dapat mencoba pembersih ramah lingkungan, yang dapat dibuat sendiri di rumah. Masukkan 2-3 gelas cuka ke dalam wadah, lalu campurkan setengah buah lemon (Anda bisa menggunakan jeruk jika tidak ada lemon), dan aduk rata. Kemudian masukkan wadah itu ke dalam microwave dan rebus selama 2-3 menit. Setelah itu, diamkan selama 15 menit. Uap dari ramuan tersebut dapat menghilangkan bau tak sedap dan noda bekas cipratan makanan. Sementara untuk bagian luar, gunakan cairan yang sama dan lap dengan kain katun yang lembut, agar tidak menimbulkan goresan pada badan microwave Anda. Selamat mencoba!

Seberapa sering Anda menggunakan microwave di rumah?
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!