Rumah by Majchrzak Pracownia Projektowa

Rumah Metropolitan di Pedesaan, Mengapa Tidak?

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Bentuk rumah selalu mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Bukan hanya desain, pemilihan material pun juga mengalami perubahan. Rumah kayu berabad silam dibangun dari rangkaian balok kayu yang berat, padat, tanpa melalui proses pengolahan seksama. Dengan berkembangnya teknologi, dihasilkan kayu olahan yang sama padat, telah diolah agar tahan lama dan lebih menarik secara visual. 

Rumah karya desainer Pracowni Projektowej Majchrzak berikut ini berbahan dasar kayu modern dengan luas sekitar 218.13 m². Ada modernitas, kenyamanan dan kehangatan yang intens saat kita berada di dalam rumah yang berdiri di sisi terluar gemerlap kota. Agar tidak penasaran, mari kita langsung bertandang ke rumah ini. 

1. Fasad depan

Dari sudut ini kita bisa melihat rumah kayu modern yang terdiri dari dua bagian. Satu bagian utama dengan atap pelana, dan bagian lain yang beratap datar. Bagian beratap datar adalah garasi yang bisa menampung dua mobil. Semua bagian garasi terbuat dari kayu bernuansa coklat abu-abu, sama dengan rumah utama. Sedangkan pintu garasi rolling door juga terbuat dari kayu. Jendela kaca besar di lantai dua ciri khas arsitektur Skandinavia berperan menegaskan perbedaan fungsi area berbentuk kubus dan area beratap pelana. 

2. Halaman belakang

Fasad belakang juga hampir tak berbeda dengan fasad depan. Ada bagian beratap datar yang seolah-olah menjadi bagian yang ditambahkan. Jika dilihat dari jauh, rumah ini mirip mainan balok kayu yang disusun berdampingan. Rumah ini didirikan di area yang hijau dan rimbun. Jadi tak heran jika rumah ini dilengkapi dengan sarana untuk menikmati anugerah tak ternilai itu. Jendela merangkap pintu kaca geser besar dipasang menghadap persis ke halaman belakang yang mendamaikan hati. Ini adalah satu-satunya jendela di area kubus agar tidak terlihat dari jalan dan privasi penghuni tetap terjaga. Tidak seperti garasi, fasad belakang rumah  menggunakan kayu bernuansa kehijauan agar serasi dengan sekelilignnya. 

3. Tampak samping

Ada bagian beratap datar yang seolah-olah menjadi bagian yang ditambahkan. Jika dilihat dari jauh, rumah ini mirip mainan balok kayu yang disusun berdampingan. Hasilnya adalah paduan unik antara arsitektur tradisional atap pelana dan atap datar yang modern. Dua-duanya terbentuk dari kayu yang disusun vertikal, sehingga interior rumah bisa sedikit terlihat dari sela-selanya. Penghuni tidak akan kedinginan karena seluruh bagian dalam rumah terlindungi oleh dinding kaca, meninggalkan kesan ringan dan sedikit transparan. 

4. Di dalam rumah

Seperti inilah suasana ruangan di bagian rumah berbentuk kubus. Interior ruangan industrial terasa kental di sini berkat lantai beton dan dinding kaca. Plafon, tangga dan beberapa dinding bercat putih yang netral menciptakan kesatuan antar semua elemen dalam ruangan. Sofa kulit besar dan area makan dengan kursi makan ekletik menghasilkan kesan mewah. Dapur ruangan terbuka didesain minimalis dan serasi dengan furnitur ruang makan bernuansa putih. 

5. Luas dan cerah

Dari sudut pandang ini kita bisa mengetahui sisi unik lain interior rumah kayu modern. Jendela dengan panorama halaman belakang membuat ruangan ini cerah oleh cahaya alami di tengah hari. Kesan ini juga diperkuat oleh penggunaan material yang juga menghasilkan nuansa cerah alami. Di bawah tangga kita bisa melihat dinding batu bata putih. Tangga minimalis dibatasi oleh dinding kaca yang juga berfungsi sebagai susuran tangga. Selain cerah, ruangan ini juga tampak lapang dan melegakan. 

Anda jatuh cinta pada rumah kayu ini? Sekarang mari kita lihat bagaimana ahli kami merancangnya. 

6. Desain lantai bawah

Dalam floor plan atau rancangan ini kita bisa melihat bagaimana ahli kami merinci pembagian ruangan, lengkap dengan ukurannya. Desain rumah ini menonjolkan karakter fungsioalitas dan mengutamakan kenyamanan di setiap ruangannya. 

7. Desain lantai atas

Inilah rincian tata letak kamar tidur dan beberapa ruangan lain di lantai atas yang merupakan zona pribadi para penghuni, lengkap beserta ukurannya. 

Anda lihat kan, tinggal di pedesaan tidak harus membuat kita ketinggalan jaman. Rumah ini lho contohnya. Rumah metropolitan ultra modern pun bisa serasi dengan suasana desa yang polos dan alami, agar hidup berkualitas bukan lagi impian. 

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!