Ruang Keluarga by DF ARQUITECTOS

6 Ide Rumah Sempurna untuk Lansia

Homify.co.id Homify.co.id

Tanya harga

Invalid number. Please check the country code, prefix and phone number
Dengan mengklik 'Kirim' saya mengkonfirmasi bahwa saya telah membaca dan menyetujui Kebijakan Privasi bahwa informasi saya akan diproses.
Catatan: anda dapat mencabut persetujuan tersebut kapan saja dengan mengirim email ke privacy@homify.com.
Loading admin actions …

Usia senja merupakan usia yang rentan bagi seseorang, entah karena risiko terkena penyakit yang semakin tinggi, maupun hal lain yang membuatnya kesusahan untuk bepergian ke tempat lain. Untuk itu, mereka yang sudah berusia lanjut biasanya membutuhkan rumah yang nyaman dan mudah untuk disinggahi anak dan cucunya. Sehingga, rumah dengan daya tahan tinggi tanpa memerlukan perbaikan yang terlampau banyak di kemudian hari merupakan hal yang dicari.

Dengan segala kebutuhan ini, maka rumah yang nyaman dan aman bagi orang tua maupun kakek nenek tercinta adalah jenis rumah yang mereka cari. Berikut homify sajikan 6 ide rumah masa tua yang sempurna bagi mereka? Penasaran? Yuk langsung kita simak sekarang juga!

1. Rumah Satu Tingkat

 Rumah by Parrado Arquitectura
Parrado Arquitectura

vista contrafrente

Parrado Arquitectura

Rumah satu tingkat sangat ideal untuk kakek-nenek, karena mereka tidak harus naik dan turun tangga. Sehingga, desain rumah ini sangat sempurna untuk membantu mereka menjalani hidup yang lebih nyaman dan leluasa di usia senja. Sehingga, mereka tidak perlu bergantung terlalu sering pada anak atau pun cuucnya. Belum lagi, desain rumah seperti ini tidak membutuhkan biaya yang terlalu besar, dan uang pensiun bisa dimanfaatkan untuk keperluan lainnya.

Jadi, sebuah rumah berdesain satu tingkat adalah hunian yang ideal untuk masa tua.

2. Letak Garasi yang Tidak Jauh dari Pintu Utama

Untuk seseorang yang sudah cukup berumur namun tetap aktif, mobil tentunya adalah salah satu objek favorit yang sering digunakan. Karena alih-alih berjalan jauh untuk pergi ke pasar, berbelanja ke supermarket, berobat ke dokter, bertemu teman-teman atau orang tersayang, hingga bertemu dengan cucu di rumahnya, mereka biasanya menggunakan mobil atau motor untuk alasan efisiensi.

Untuk itu, usahakan garasi rumah tidak berada pada tingkat lain, akan tetapi di samping pintu masuk atau dekat dengan pintu masuk utama. Hal ini dikarenakan, orang yang sudah lanjut usia tidak mungkin berjalan jauh hanya untuk mengeluarkan mobil atau kendaraan lainnya. Energi yang mereka gunakan harus dimanfaatkan dengan maksimal untuk kegiatan lainnya.

3. Perbanyak Pintu Geser!

 Jendela by MOVI ITALIA SRL
MOVI ITALIA SRL

MILO SCORREVOLE

MOVI ITALIA SRL

Pertimbangkan untuk menggunakan pintu geser pada rumah orang tua atau kakek nenek Anda, karena mempermudah mereka untuk membukanya, terutama jika mereka harus menggunakan kursi roda. Sehingga, mereka bisa berpindah ruang dengan lebih leluasa tanpa membutuhkan bantuan orang lain.

Pintu geser ini pun bisa ditempatkan di mana saja, pada ruang makan menuju teras, kamar menuju balkon, ruang tamu menuju pintu masuk, dan tempat lainnya. Anda juga bisa menempatkan pintu dari kaca transparan, sehingga mereka tidak perlu repot-repot keluar dari rumah hanya untuk menikmati pemandangan hijau di luar rumah. Lengkapi pula rumah tersebut dengan taman kecil atau tanaman yang menyegarkan mata untuk melengkapi langkah mudah ini.

4. Ruang Bersantai di Lantai Satu

Di beberapa rumah, ruang-ruang seperti misalnya ruang tamu dan ruang makan atau juga ruang tamu dan teras dipisahkan pada tingkat bangunan yang berbeda. Untuk rumah ayah-ibu atau kakek-nenek Anda harusnya hal tersebut tidak dilakukan, karena dapat menimbulkan risiko terjadinya kecelakaan saat mereka berjalan. Terutama jika pencahayaan di rumah terlalu remang-remang, sehingga mereka tidak dapat melihat dengan jelas.

Untuk itu, usahakan seluruh rumah menggunakan lantai pelapis dengan satu bahan saja, dalam rangka meminimalisir ketidakseimbangan struktur bangunan yang membuat mereka tersandung atau terjatuh. Tempatkan pula semua bagian ruangan pada lantai yang sama, dan jika memungkinkan gunakan pula bahan yang sama dengan ruang bersantai. Dan jika Anda tidak bisa melakukannya sendiri, silahkan menghubungi para profesional dari homify!

5. Perhatikan Tata Letak Furnitur

Memilih dan meletakkan furnitur harus sesuai dengan kondisi Ayah-Ibu atau Kakek-Nenek Anda. Usahakan untuk memilih furnitur yang tidak memnyulitkan mereka. Seperti misalnya memilih rak di dapur dengan ketinggian yang dapat mereka jangkau. Mereka tidak harus menaiki sebuah tangga atau turun dari kursi roda saat akan mengambil peralatan makan. Letak kamar mandi yang dekat dengan kamar tidur juga bisa Anda lakukan agar mereka tidak harus meminta bantuan Anda saat akan menggunakannya.

Demikian juga untuk kursi di ruang bersantai. Pilihlah yang tingginya pas. Kursi yang terlalu pendek akan menyusahkan mereka saat berdiri. Jarak antar furnitur juga perlu Anda sesuaikan dengan lebar kursi roda. Jangan sampai mereka kesulitan untuk melewatinya atau mungkin terjatuh karena menabraknya. Jadi, tata letak dan pemilihan furnitur sangat penting untuk rumah Ayah-Ibu atau Kakek-Nenek Anda.

6. Kamar Mandi

Sangat penting untuk mengukur lebar kamar mandi. Jangan lupakan tentang kesesuaian lebar kursi roda dengan lebar kamar mandi. Anda juga harus memperhitungkan jarak antara wastafel dan kloset agar memudahkan mereka memutar kursi roda tanpa harus menyenggol barang-barang di kamar mandi. Lantai kamar mandi sangat penting untuk Anda perhatikan kenyamanannya. Gunakan bahan yang anti selip dan tidak mengganggu kursi roda mereka untuk melaluinya.

Tips dan trik atau apapun tentang seluk beluk rumah Anda, homify sudah menyiapkan untuk Anda!

Manakah ide yang sangat membantu masalah Anda? Jangan lupa share di kolom komentar!
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!