Kamar Tidur by VALENTIROV&PARTNERS

7 Kesalahan Saat Menata Kamar Tidur

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Meja rias, kasur air, dan kamar mandi mewah. by Advertise’> Sarapan pagi atau bersantai di balkon setelah hari sulit di tempat kerja. Pernahkah Anda membayangkan menikmati semua ini di kamar tidur?  

Kenyataan memang sering sangat berbeda daripada angan-angan. Sering kali kamar tidur kita terlalu ramai. Tanpa disadari, kita menyimpan beberapa barang yang sebenarnya tak diperlukan di kamar tidur. Ini hanyalah salah satu kesalahan yang sering dilakukan saat menata kamar tidur. Mari ketahui kesalahan lainnya agar kamar tidur bisa memberikan kenyamanan dan ketentraman yang kita inginkan. 

1. Malas mengganti seprei

 Kamar Tidur by TERAJIMA ARCHITECTS
TERAJIMA ARCHITECTS

時の移ろいを感じる寝室

TERAJIMA ARCHITECTS

Seluruh bagian tempat tidur sebaiknya mampu memberikan kenyamanan. Baik ranjang, kasur, bantal, guling, selimut, semuanya. Untuk itu, kebersihan tempat tidur harus dijaga. Meski sedang sangat lelah dan sibuk, sempatkan untuk mengganti seprei dan sarung bantal/ guling. Selimut juga perlu dicuci setiap seminggu sekali. Seprei dan selimut yang tidak bersih bisa jadi sarang penyakit loh.  

2. Terlalu banyak benda kecil

Jika kamar tidur tertata rapi, kita dapat menenangkan pikiran dan berisitrahat dengan nyaman. Oleh karena itu, kamar tidur sebaiknya didesain dengan warna kalem. Manfaatkan laci dan lemari untuk menyimpan benda-benda kecil yang biasa Anda simpan di kamar tidur. Misalnya, kosmetik, peralatan pribadi, buku, syal, topi, tas dll. Lalu tutup pintu lemari atau laci rapat-rapat. Melihat suatu benda saat hendak pergi tidur, misalnya buku atau baju dari pintu lemari yang terbuka, membuat pikiran kita tidak tenang karena memikirkan benda yang kita lihat itu. Usahakan agar tidak terlalu banyak barang yang bisa terlihat oleh mata, baik saat hendak atau bangun tidur (termasuk smartphone!). Jika ini tak bisa dihindari, susunlah benda-benda kecil di kamar tidur Anda menurut warna dan ukurannya serapi mungkin.   

3. Karpet yang terlalu kecil

 Kamar Tidur by kristinavoloshina
kristinavoloshina

экостиль

kristinavoloshina

Karpet empuk di bawah tempat tidur akan menyambut kita saat bangun tidur. Namun kita bisa berisiko mengalami kecelakaan jika karpet di sekitar tempat tidur terlalu kecil. Misalnya tersandung tepi karpet, atau tergelincir saat kita berjalan terburu-buru. Gunakan karpet yang menutup seluruh lantai di kamar tidur, atau tidak menggunakan karpet sama sekali.  

4. Terlalu banyak gambar dan foto

Gambar atau foto memang menarik jika dipajang di kamar tidur. Siapa yang tidak ingin mengenang kembali liburan tak terlupakan bersama keluarga atau teman? Namun warna bingkai (pigura) dan gambar (foto atau lukisan) harus cocok dengan tampilan keseluruhan kamar tidur. Pilih satu atau dua foto atau lukisan bergambar pemandangan indah, nuansa air, berkarakter hitam putih, tidak mengandung banyak detil, dan menunjukkan suasana yang menenangkan. Lukisan abstrak atau foto pesta semasa SMA bisa diletakkan di tempat lain, kecuali kamar tidur.  

5. Kabel

Kabel yang melintang dan stop kontak di dinding mengganggu penampilan kamar tidur. Usahakan untuk menyembunyikannya di balik kepala ranjang atau meja kecil di samping tempat tidur.

Baca juga: 

Tips Mengatur Kamar Tidur Agar Tidur Lebih Nyenyak 

6. Televisi di kamar tidur

 Kamar Tidur by VT architects

Siapa sih yang tidak suka tiduran sambil menonton film kesayangan setelah seharian bekerja keras? Dari sisi interior, televisi LED juga bisa membuat kamar tidur terlihat mewah. Namun, fungsi kamar tidur adalah untuk beristirahat. Tidur dengan televisi menyala akan membuat otak tidak benar-benar berisitrahat.

7. Cermin menghadap tempat tidur

Cermin berfungsi sebagai alat refleksi, untuk mengetahui adakah yang kurang tepat pada diri kita sebelum berangkat kerja atau beraktivitas. Pada beberapa rumah, cermin juga digunakan untuk menciptaan kesan luas. Meski demikian, meletakkan cermin sehingga berhadapan langsung dengan tempat tidur (baik di depan atau di samping) sebaiknya dihindari. Menurut Feng Shui, cermin bukan hanya memantulkan bayangan namun juga energi positif dan negatif dalam tubuh seseorang. Saat bangun tidur, kesadaran dan kekuatan tubuh belum pulih sepenuhnya. Akibatnya, tubuh mudah terpengaruh oleh energi negatif dari tubuh kita yang dipantulkan oleh cermin. 

Lebih baik letakkan cermin di samping tempat tidur, atau di sisi lain di mana tempat tidur tidak terlihat dalam cermin. Jika hal ini tidak mungkin dilakukan, tutuplah cermin dengan kain saat Anda hendak tidur. 

Baca juga: 

6 Trik Agar Kamar Tidur Bawa Hoki di Tahun Ayam

25 Sumber Kebahagiaan di Rumah Bagi Usia 30-an

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!