by The Garage Door Centre Limited

10 Kesalahan Saat Membangun Garasi

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Membangun garasi terdengar seperti sebuah tugas yang tidak mudah. Namun jangan khawatir, dengan sedikit teknik dan pengalaman siapapun bisa membuat garasi sendiri. Termasuk juga Anda! 

Berikut ini adalah panduan tentang hal-hal yang sebaiknya Anda hindari pada saat membangun garasi. Sangat dianjurkan agar Anda juga melengkapi diri dengan informasi dari banyak sumber lainnya. 

1. Tidak melakukan pemberitahuan pada lingkungan sekitar

Jika tinggal di daerah persawahan atau di tengah hutan, tidak akan ada yang terganggu oleh kebisingan dari proyek pembangunan garasi Anda. Lain halnya jika Anda tinggal di perumahan padat penduduk. Bahkan suara bersin tetangga pun terdengar sampai rumah kita. Akan lebih layak dan beretika jika Anda sudah memberi tahu tetangga kanan kiri dan juga pak RT bahwa Anda akan membuat garasi. Katakan jam berapa proyek Anda dimulai dan berakhir, sehingga tidak mengganggu jam istirahat orang-orang di sekitar rumah Anda. 

2. Pondasi kurang dalam

 Garasi by Garageflex
Garageflex

Great Storage Solutions and a Striking Tiled Floor in Little Chalfont, Buckinghamshire

Garageflex

Pondasi yang terlalu dangkal bisa mengakibatkan masalah pada bangunan garasi Anda di masa mendatang. Landasan beton harus cukup tebal agar kuat menyangga berat kendaraan Anda. 

3. Perencanaan yang kurang baik

 Rumah by ArqCubo
ArqCubo

garage

ArqCubo

Sebelum membangun apapun, sebaiknya kita sudah merencanakan tentang drainase, ventilasi, dan instalasi listrik serta air. 

4. Kurang hati-hati saat melepaskan cetakan beton (bekiting)

 Garages & sheds by de-cube
de-cube

Garage Shot

de-cube

• Gali lubang beberapa sentimeter di sekitar lantai beton 

• Pasang pondasi bekiting sebelum menuangkan adonan beton 

• Semprotkan minyak pada bekiting agar mudah dilepaskan saat beton sudah dituangkan. Ini juga bertujuan agar bekiting tidak mudah rusak dan bisa digunakan kembali. 

5. Meremehkan retak-retak halus

 Garasi by Garageflex
Garageflex

West Yorkshire Case Study with FlexiPanel and FlexiTrack

Garageflex

Retak-retak halus diagonal pada sudut pintu atau jendela, dan juga pada dinding antar lantai dan plafon adalah pertanda adanya masalah dengan pondasi. Segera lakukan perbaikan sebelum kerusakan menjalar ke bagian lain. 

6. Lantai ambles

 Dinding by Garageflex
Garageflex

Blue Resin Floor by Garageflex

Garageflex

Lantai garasi ambles juga pertanda masalah pada pondasi. Namun masalah juga bisa disebabkan karena pohon di sekitar garasi. Akar pohon menyerap air di tanah di sekitarnya, termasuk tanah di bawah garasi. Akibatnya, tanah menjadi berkurang kelembabannya dan permukaan tanah menurun. Inilah penyebab mengapa lantai garasi bisa ambles.  

7. Dinding bergeser

  by ROIMO INTEGRAL GRUP
ROIMO INTEGRAL GRUP

antes de la reforma

ROIMO INTEGRAL GRUP

Suatu hari mungkin Anda menyadari kalau dinding garasi seperti bergeser dari tempatnya semula. Ini juga pertanda adanya penurunan permukaan tanah. 

8. Jendela tidak bisa dibuka

Waspadalah, ini juga pertanda adanya masalah pada pondasi garasi Anda.  

9. Pintu garasi tidak bisa tertutup sempurna

Jika ini terjadi, berarti ada kesalahan pengukuran pada bingkai pintu atau pintu itu sendiri. Pintu garasi yang mendadak tidak pas di dinding bisa menjadi pertanda ada sesuatu yang salah dengan pondasi garasi Anda. Ruang kosong di sela-sela pintu atau jendela garasi bisa menjadi akses masuk bagi serangga atau binatang melata. Segera atasi hal ini sebelum mengakibatkan masalah yang lebih besar.

10. Tidak meneliti latar belakang pekerja

Ada harga, ada rupa. Sulit rasanya mendapatkan sesuatu yang berkualitas, namun harganya murah. Demikian juga dalam hal pekerja proyek garasi Anda. Sebelum mengontrak para pekerja, ada baiknya Anda bertanya dengan detil tentang latar belakang mereka, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membangun, berapa upah yang diminta, dll. Anda juga perlu menjelaskan dengan detil garasi seperti apa yang Anda inginkan. Berdiskusilah dengan pekerja tentang masalah krusial, misalnya tentang pondasi yang kokoh, dsb. 

Baca juga: 

10 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Mengecat Rumah

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!