Dapur by Architect Your Home

Area Tersembunyi yang Harus Dibersihkan

KSMR KSMR
Loading admin actions …

Jika Anda sudah merasa bahwa rumah Anda paling bersih diantara rumah lainnya, maka Anda perlu koreksi lagi sisi kehigienisan tersebut, jika Anda belum membersihkan setiap sudut rumah Anda secara detail. Sebab tanpa kita sadari, ternyata kita sering melewatkan beberapa area tersembunyi yang selama ini mungkin kita anggap tak penting jika harus dibersihkan secara berkala.

Untuk mengetahui area tersembunyi apa saja yang seharusnya menjadi perhatian Anda sebagai pemilik rumah, dalam buku ide kali ini kami akan mengungkapkannya kepada Anda. Sebaiknya Anda ketahui sejak dini beberapa area tersembunyi berikut, sebelum para tamu di rumah Anda yang mengetahuinya lebih dulu.

1. Penutup lampu

Sebagai magnet penarik debu, penutup lampu yang Anda gunakan dibeberapa ruangan di rumah Anda adalah salah satu area tersembunyi yang paling sering luput dari pembersihan. Padahal, Anda cukup bersihkan area ini menggunakan kemoceng secara berkala, dan penutup lampu Anda pun dapat terhindar dari debu-debu bandel yang biasanya menyelimuti bagian dalam dan luarnya.

2. Laci dapur

 Dapur by Vivid line furniture ltd
Vivid line furniture ltd

'Vivid Classic' Kitchen – drawer

Vivid line furniture ltd

Demi menjaga kebersihan laci dapur, sebaiknya Anda perhatrikan terlebih dahulu benda-benda yang ingin disimpan kedalamnya. Pastikan alat-alat potong seperti pisau atau gunting yang sudah digunakan, sudah bersih dari remah-remah atau sisa-sisa potongan di mata pisau atau gunting. Jika tidak, maka jangan heran jika gerombolan semut pun akan turut singgah ke dalam laci dapur Anda. Jika sudah begitu, maka Anda perlu mengeluarkannya, dan mencuci laci tersebut sesegera mungkin, agar laci Anda bersih dari hama.

3. Tempat pisau

  by Coltellerie Sanelli
Coltellerie Sanelli

SISTEMA COLTELLI STAR 5 PZ. ergoforge

Coltellerie Sanelli

Tak jauh berbeda dengan cara menjaga kebersihan laci sebelumnya. Jika Anda memiliki tempat untuk meletakkan pisau seperti pada gambar, maka Anda perlu pastikan pisau yang ingin Anda letakkan ke stand pisau tersebut sudah bersih dari kotoran. Atau sebaliknya, jika standa pisau sudah lama terbuka, maka Anda baiknya Anda cuci stand pisau tersebut, agar lubang-lubang pisau tersebut bisa terbebas dari debu.

4. Baling-baling kipas angin

 Walls & flooring by homify
homify

False ceiling design

homify

Jika Anda memiliki jenis kipas angin gantung seperti ini, maka Anda perlu menjaga kebersihannya secara berkala. Jika tidak, maka setiap perputarannya hanya akan menebarkan debu ke seluruhan ruangan Anda.

5. Di dalam mesin pencuci piring

Cara membersihkan alat ini cukup mudah. Anda cukup atur temperatur tertentu pada mesin tersebut, lalu tambahkan sedikit campuran cuka kedalamnya. Kemudian, nyalakan mesin tersebut dalam keadaan kosong. Cara ini harus Anda terapkan secara berkala, agar piring-piring yang dicuci didalamnya dapat selalu terjaga kebersihan dan kehigienisannya.

6. Baki panggangan

Siapa yang tidak suka memanggang menggunakan alat ini? Biasanya baki ini ditutupi dengan foil saat digunakan, tapi sayangnya, kebersihan alat ini kerap dinomorduakan, sekalipun Anda tahu bahwa baki tersebut sudah sangat kotor untuk digunakan. Padahal, cara membersihaknnya cukup mudah, Anda cukup rendam baki tersebut semalaman dengan menggunakan cuka, dan seketika hasilnya dapat langsung Anda lihat dikeesokan harinya.

7. Potongan papan kayu

Beberapa jenis kayu yang ingin digunakan sebagai furnitur umumnya memiliki elemen antibakteri alami yang sangat fantastis. Tapi Anda perlu pastikan lagi keadaan tersebut agar kehigienisan potongan kayu yang ingin Anda gunakan aman dan higienis. Cara membersihkannya cukup mudah. Bersihkan permukaan kayu dengan bilasan air jus lemon. Hal ini memang tidak akan membunuh kuman, namun kayu yang ingin Anda gunakan akan memiliki aroma yang sangat wangi.

8. Setrikaan

 Kamar Mandi by Elfa Deutschland GmbH
Elfa Deutschland GmbH

Endlich wird Wäschewaschen zum Vergnügen!

Elfa Deutschland GmbH

Apakah Anda pernah memperhatikan kondisi setrikaan Anda selama ini. Jika tidak, coba lihat bagian plat metalnya. Terkadang bagian tersebut kerap kotor dan sulit sekali dibersihkan. Solusinya, Anda cukup gunakan air garam dan sikat kawat untuk membersihkannya.

9. Sikat rambut

 Bedroom by My Furniture
My Furniture

Knightsbridge Mirrored Dressing Table with 4 legs

My Furniture

Jika Anda mengalami kendala saat membersihkan alat yang satu ini, maka Anda tidak sendirian. Perlu sedikit ketelatenan dalam membersihkannya. Pertama, Anda singkirkan terlebih dahulu rambut-rambut yang menempel pada sikat rambut. Selanjutnya, rendam sikat rambut dalam larutan baking soda, agar tampilannya dapat terlihat seperti baru kembali.

10. Alat catok rambut

 Dressing room by Loaf
Loaf

Nellie dressing table

Loaf

Berbicara soal produk rambut favorit yang satu ini, tentu Anda pun tau dimana letak masalahnya. Ya, pada plat metal yang sama dengan kondisi setrikaan yang sudah kita bahas sebelumnya di atas. Untuk membersihkannya, gunakan air cuka pada permukaan plat yang kotor, selanjutnya keringkan, dan saat itu catokan Anda akan terlihat seperti baru kembali.

11. Perhiasan

 Ruang Komersial by Pergo
Pergo

Lola Rose UK

Pergo

Sel-sel kulit mati, parfum dan bahkan keringat adalah beberapa faktor penyebab perhiasan yang Anda gunakan sehari-hari terlihat kotor. Untuk yang satu ini Anda dapat gunakan jasa para ahli perhiasan yang biasanya menyediakan jasa membersihkan perhiasan. Jasa ini dapat Anda temukan diberbagai situs yang tersebar di internet.

12. Kacamata

 Dressing room by LonasART
LonasART

Jewelry Dish, Bathroom Decor

LonasART

Sama halnya seperti perhiasan. Kacamata juga kerap mengalami kotor akibat keringat dan juga penggunaan make up. Untuk membersihkannya, Anda cukup bilas dengan sabun antibakteri  agar kacamata Anda dapat terlihat baru kembali.

13. Jalur pintu geser

Jalur yang satu ini kerap dihinggapi debu dan dipenuhi sarang serangga. Untuk itu, agar fungsinya dapat kembali berjalan sempurna, gunakannya vacum cleaner, sapu atau kuas untuk membersihkan celah pintu tersebut.

14. Mangkuk binatang peliharaan

Pastikan Anda membersihkan alat makan binatang Anda yang satu ini setiap hari. Karena jika tidak dibersihkan secara berkala, tentu bisa saja hadir kuman-kuman lain yang akan mengganggu kesehatan binatang peliharaan Anda dikemudian hari.

15. Laci pakaian

Tak hanya pada dapur, laci pakaian juga perlu Anda perhatikan kebersihannya, agar pakaian Anda yang tersimpan didalamnya dapat terjaga kondisinya. Hal ini setidaknya perlu Anda lakukan sebulan sekali, agar kondisi laci pakaian Anda selalu aman dan bersih dari kuman atau hal lain yang bisa mengganggu kondisi pakaian Anda yang tersimpan didalamnya.

16. Kerai

Untuk membersihkan celah-celah pada krei ini sebenarnya cukup mudah, Anda cukup gunakan kemoceng atau lap basah, agar debu yang menempel pada krei dapat hilang seketika.

Bagaimana? Anda sudah bersih-bersih hari ini?
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!