by homify

10 Langkah Mudah Mengubah Penampilan Rumah

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Sering suntuk dan tidak betah di rumah? Cobalah mengubah penampilan atau penataan rumah Anda! Jangan syok dulu karena memperbarui penampilan rumah tidak sama dengan renovasi rumah. Tidak diperlukan biaya besar untuk melakukannya dengan segera. Tips dari para pakar desain interior berikut ini sangat sederhana, hemat biaya, dan bisa menerbitkan inspirasi Anda. 

1. Dinding batu bata dari keramik

 Walls & flooring by homify

Dinding batu bata itu menarik dan membuat ruangan tampil beda. Namun meruntuhkan dinding polos atau dinding beton dan membangun dinding batu bata baru tentu butuh banyak biaya. Gunakan saja keramik yang bertekstur dan berwarna mirip batu bata untuk melapisi dinding polos Anda. 

2. Wallpaper

 Walls & flooring by quirk and rescue
quirk and rescue

Hexa-Gone wallpaper

quirk and rescue

Jika Anda mudah bosan melihat tampilan dinding rumah, lapisi dinding dengan wallpaper. Wallpaper berfungsi seperti stiker yang mudah ditempelkan dan dilepaskan saat Anda ingin wallpaper dengan warna atau motif baru.  

3. Cat ulang bathtub

 Bathroom by UK Architectural Antiques
UK Architectural Antiques

Vancouver Cast Iron Bath, Without Tap Holes

UK Architectural Antiques

Bathtub lama tampak pudar warnanya dan mengganggu kerapian kamar mandi. Mencat ulang bathtub menghadirkan suasana baru di kamar mandi. Anda pun akan semakin betah berendam di dalamnya. 

4. Plester molding

 Ruang Keluarga by Ardesia Design
Ardesia Design

Oakhill Court, Putney

Ardesia Design

Plester molding (pada gambar ini ditunjukkan oleh bagian yang menonjol di atas perapian) biasa dijumpai di rumah-rumah kuno peninggalan kolonial. Meski produk masa lalu, teknik ini bisa digunakan untuk mengubah penampilan rumah tanpa renovasi. 

5. Cat ulang dinding kamar

Ini trik yang sangat sederhana dan siapapun bisa melakukannya. Anda juga bisa mencat ulang dinding kamar dengan warna yang sama agar kamar jadi lebih cerah. 

Baca juga: 

10 Ruang Dengan Warna Cat Netral

6. Perabot dapur warna metalik (krom)

 Dapur by STUDIO Z
STUDIO Z

Built-In Fridge and Pantry

STUDIO Z

Anda tak perlu membeli perabot dapur baru jika ingin punya kulkas dan oven berwarna metalik seperti contoh. Cukup cat ulang saja menggunakan cat khusus yang bisa menghasilkan efek mengkilap. Anda bisa membeli cat khusus ini di toko bahan bangunan terdekat. 

7. Stiker kaca

 Rumah by Ion Glass
Ion Glass

Frameless glass internal porch

Ion Glass

Jendela atau pintu kaca warna-warni membuat rumah terlihat cantik dan mewah. Namun, mengganti kaca jendela dan pintu butuh biaya. Belum lagi harga kaca berwarnanya. Kita bisa mengakalinya dengan menempelkan stiker kaca motif di pintu atau jendela. Stiker kaca murah saat ini telah ditawarkan di sejumlah toko online. 

8. Cat ulang furnitur dapur

Cat ulang lemari, laci dan furnitur dapur lainnya dengan warna kesukaan Anda. Kayu tampak lebih menarik jika dicat, bahkan dengan cat warna netral. 

Ketahui cara mencat furnitur kayu di: 

Bagaimana Cara Mencat Furnitur Kayu? 

9. Mengganti lantai dapur

 Walls & flooring by Alec Buchan
Alec Buchan

Aqua Marine Turquoise Glass Metro Tile Kitchen Splash Back

Alec Buchan

Noda minyak atau sayur yang tercecer di dapur memang bisa dibersihkan. Bukan tidak mungkin lantai dapur lama kelamaan berubah warna atau retak akibat semua aktivitas 'berat' yang dilakukan di sini. Coba ganti lantai dapur Anda. Lihat, dapur Anda sekarang tampak seperti baru! 

10. Cat lantai vinyl

modern Bathroom by Kerion Ceramics
Kerion Ceramics

NEOCIM Décor Classic Noir A + Classic Noir B + Classic Noir C + Lave

Kerion Ceramics

Mengganti lantai vinyl lama dengan yang baru bisa membuat dompet menjerit. Lebih baik cat saja lantai vinyl dengan warna favorit Anda. Cat lantai vinyl juga telah dijual bebas, bahkan di toko online. 

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!