Dapur by Post Architecture

5 Cara Ampuh Membersihkan Dapur kecil

Henti Kresdiana Henti Kresdiana

Tanya harga

Invalid number. Please check the country code, prefix and phone number
Dengan mengklik 'Kirim' saya mengkonfirmasi bahwa saya telah membaca dan menyetujui Kebijakan Privasi bahwa informasi saya akan diproses.
Catatan: anda dapat mencabut persetujuan tersebut kapan saja dengan mengirim email ke privacy@homify.com.
Loading admin actions …

Sebagus apapun dapur mungil Anda tidak akan berarti jika kondisi nya jorok dan bau. Namun seringkali karena beberapa alasan kita sering melewatkan beberapa tempat di dapur sehingga sudut tersebut menjadi dekil dan dan bau.

Belum lagi jika dibiarkan terus menerus dapur yang merupakan tempat mengolah makanan akan menjadi sumber penyakit karena makanan pada akhirnya akan masuk ke dalam perut kita.

Buku ide kali ini, kami akan memberikan tips cara ampun membersihkan dapur kecil Anda sehingga terlihat bersih, rapi dan higienis.

1. Membersihkan kulkas, laci dan lemari dapur

 Kitchen by Aura Cocinas
Aura Cocinas

Cocina en PVC Gris Mare con combinación de Cristal Amarillo

Aura Cocinas

Walaupun di dalam tempat yang tertutup, kita tetap harus membersikan kulkas, laci dan lemari dapur. Keluarkan semua barang, kemudian bersihkan dalamnya.

Gunakan semprotan disinfektan dan lap untuk menyeka bagian dalam laci dan lemari, baik lemari di lantai maupun lemari pada dinding. Lap bagian luarnya. Jika perlu, gunakan tangga kecil atau kursi untuk menjangkau bagian lemari dinding dan rak piring yang lebih tinggi. 

Gunakan pembersih yang tepat. Air hangat bercampur sabun bisa dipakai untuk mengelap lemari dapur berbahan sintetis. Untuk lemari berbahan kayu, Anda memerlukan produk pembersih dan pemoles khusus. Poles gagang pintu lemari dan laci. Kalau pegangan pintu lemari Anda terbuat dari logam dan terlihat berminyak, lepas dan rendam di dalam baskom berisi air sabun, kemudian seka dan keringkan.

2. Membersihkan kompor

Kompor dapat dibersihkan menggunakan produk pembersih apa saja. Meski begitu, Anda lebih baik menggunakan produk yang diproduksi khusus untuk menghilangkan noda lemak atau sisa percikan minyak, yang banyak dijual di toko swalayan. Semprotan pembersih dapur memudahkan cairannya menjangkau sudut-sudut dan celah-celah sempit. Jangan lupa untuk selalu membaca petunjuk yang tertera pada kemasannya.

3. ​ Membersihkan meja dapur

Meja dapur banyak bersentuhan langsung dengan bahan makanan karena di situlah Anda menaruh, memotong, mencincang bahan-bahan sebelum memasaknya. Oleh karena itu, Anda perlu membersihkannya setiap kali Anda selesai memasak. Hal ini tidak akan memakan waktu lama. 

Mengelapnya menggunakan kain lap bersih saja cukup untuk membersihkan bekas buah-buahan dan sayuran. Lain halnya dengan bekas daging atau telur yang mungkin membawa E. coli atau salmonela. Anda perlu produk pembersih yang khusus untuk membunuh kuman, terutama yang berbentuk semprotan dan bisa langsung digunakan tanpa perlu tambahan air. Anda sebaiknya menggunakan sarung tangan karet pada saat bersih-bersih dan harus selalu mengikuti petunjuk yang tertera pada labelnya, terutama jika meja dapur Anda terbuat dari kayu atau marmer.

4. Membersihkan wastafel dan keran di dapur

 Kitchen by Ramon Soler
Ramon Soler

Extensible Kitchen

Ramon Soler

Wastafel dan keran merupakan tempat perkembangbiakan kuman, jadi Anda perlu membersihkannya secara menyeluruh setelah memasak. Gunakan sabun yang dapat mematikan kuman.

5. Formula pembersih alami

Jeruk lemon, bubuk soda kue, dan cuka merupakan bahan-bahan yang dapat digunakan untuk membersihkan dapur. Perasan jeruk lemon mampu menghilangkan noda dan mengangkat lemak di permukaan, bubuk soda kue andal dalam menyerap bau, dan cuka merupakan bahan yang efektif untuk mematikan bakteri dan jamur.

Bagaimana? Siap membersihkan dapur kecil Anda? 

Simak juga buku ide berikut

9 Hal Yang Tidak Perlu Anda Miliki Di Rumah

Contek Ide 10 Desain Teras Fantastis Ini

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!