by Fraher Architects Ltd

Cara Praktis dan Kreatif Menyimpan Koleksi Sepatu Anda

KSMR KSMR
Loading admin actions …

Tradisi melepaskan sepatu atau alas kaki sebelum memasuki rumah merupakan kebiasaan yang umum dilakukan dibeberapa negara. Hal ini tentu bertujuan untuk menjaga kebersihan rumah, dari berbagai kotoran yang melekat dari alas kaki yang sudah dipakai seharian, saat beraktivitas di luar rumah. 

Berbicara soal tradisi tersebut, tentu erat hubungannya dengan furnitur penyimpanan sepatu yang umum digunakan. Seiring berkembangnya dunia desain, beragam bentuk furnitur tempat sepatu pun turut hadir meramaikannya. Saat ini ada banyak jenis furnitur penyimpanan sepatu yang dapat Anda pilih sesuai dengan minat dan kebutuhan Anda dan keluarga.  

Untuk lebih ringkasnya lagi, dalam buku ide kali ini kami pun akan menggambarkannya kepada Anda beberapa jenis furnitur penyimpanan sepatu modern yang dapat Anda jadikan rujukan apabila saat ini Anda juga sedang mencari furnitur penyimpanan sepatu untuk hunian Anda.

Rak multifungsi

modern Corridor, hallway & stairs by Möhring Architekten
Möhring Architekten

Galeriehaus im Dünenwald – Garderobe

Möhring Architekten

Untuk benar-benar menghadirkan rak sepatu dalam sebuah rumah yang memiliki ruang terbatas, terkadang sulit untuk diwujudkan. Berkaitan dengan hal itu maka celah penyimpanan sepatu ringkas ini diciptakan. Pada celah ini sepatu dapat disimpan pada bagian bawah bangku. Ide ini terbilang simpel, sehingga pemandangan sepatu yang berserakan dapat agak sedikit diminimalisir. Sedangkan pada bagian atas bangku, terdapat laci-laci kecil dan media untuk menggantungkan jaket atau mantel yang biasa Anda gunakan sehari-hari.

Permainan warna

Pola penataan yang unik dan warna yang menarik adalah cara lain yang dapat Anda hadirkan dalam furnitur penyimpanan sepatu di rumah Anda. Seperti yang terlihat pada gambar, furnitur unik tersebut ditata secara vertikal dan horisontal dengan balutan warna yang cukup kontras yaitu ungu dan biru. Ide ini sungguh menarik jika disekitar rumah Anda menggunakan warna-warna dasar netral dan lembut seperti putih atau krem.

Simpan mereka ke dalam laci unik

 Corridor, hallway & stairs by LAdesign
LAdesign

Mais ou se cachent les jouets?

LAdesign

Media penyimpanan sepatu tak selamanya harus bermaterialkan yang sama dengan rak penopangnya. Contohnya saja media penyimpanan sepatu yang satu ini. Kerangka furnitur hanya dijadikan sebagai celah utama, sedangkan material untuk yang mengisi celah tersebut dibiarkan berasal dari material berbeda seperti yang terlihat pada gambar.

Manfaatkan ruang di bawah tangga

Tanpa disadari, kolong tangga adalah ruang yang cukup praktis untuk dijadikan sebagai media penyimpanan sepatu. Sebagai bahan referensi, Anda dapat contek media penyimpanan tersebut layaknya lemari sepatu geser seperti yang terlihat pada gambar di atas.

Simpel dan praktis

Atau jika Anda tak ingin repot dengan celah atau ruang khusus di hunian Anda, Anda dapat pula bentuk rak sepatu Anda seperti yang terlihat pada gambar. Anda cukup sediakan sebuah rak praktis dengan satu alas, dan selebihnya Anda dapat manfaatkan tiang-tiang kerangkanya sebagai media untuk menggantungkan, topi, jaket atau bahkan tas sekalipun.

Minimalis

modern Corridor, hallway & stairs by A-A Dimension SARL
A-A Dimension SARL

Commode basse avec miroir (détail tiroirs)

A-A Dimension SARL

Ingin terlihat modis, Anda dapat contek konsep yang satu ini. Berbekal material kayu, Anda dapat gunakan model rak tertutup dengan beberapa ruang laci proporsional yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Dibalik kaca

modern Corridor, hallway & stairs by My Italian Living
My Italian Living

'Welcome' Contemporary hallway shoe storage with mirror by Birex

My Italian Living

Untuk mengoptimalkan pemanfataan ruang, Anda dapat gunakan konsep berikut ini. Ciptakan sebuah rak sepatu dengan konsep memanjang sesuai dengan luas cermin yang sering Anda gunakan di kamar atau rumah Anda. Jika sudah, kolaborasikan kedua fungsi rak dan cermin tersebut, hingga seperti yang terlihat pada gambar di atas.

Bergaya retro

Jika ingin tampil beda, gunakan gaya furnitur yang satu ini. Contek gaya-gaya peti penyimpanan tempo dulu ke furnitur penyimpanan sepatu Anda. Seperti yang terlihat pada gambar, Anda cukup manfaatkan kayu-kayu daur ulang sebagai material utama untuk menghadirkan nuansa klasik tersebut. Jika sudah, Anda dapat Andalkan tampilannya sebagai salah satu dekorasi unik di hunian Anda.

Rak sepatu untuk anak

Selain untuk dewasa, rak sepatu untuk Anda dapat pula Anda hadirkan secara khusus, untuk melatih kedisiplinan mereka dalam menata sepatu atau alas kaki yang sudah mereka gunakan. Seperti yang terlihat pada gambar, Anda dapat manfaatkan tema-tema khusus untuk menarik perhatian si kecil. Anda dapat kreasikan bentuk dan warnanya seperti bentuk lego atau tema lain sesuai dengan minat anak Anda.

So, gaya rak sepatu mana yang jadi pilihan Anda?
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!