Rumah by dwarf

10 Fasad Rumah Kayu Paling Cantik

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Kayu sudah digunakan manusia sejak berabad silam sebagai material untuk membangun rumah. Seiring dengan perkembangan teknologi, material kayu olahan untuk bangunan terbagi atas dua jenis. Yaitu kayu vertikal dan kayu horizontal. Dalam hal estetika maupun daya tahan, keduanya memiliki kualitas yang sama. Meski demikian ada kecenderungan kayu horizontal lebih ringan dalam hal biaya. Pada saat yang sama, teknologi produksi berhasil mengembangkan pernis kayu yang lebih tahan lama dan anti rayap. 

Bentuk dan ukuran kayu yang bervariasi memungkinkan masyarakat modern membangun rumah sesuai ide kreatif masing-masing. Berikut ini adalah daftar beberapa fasad rumah kayu karya ahli homify Dwarf yang bisa menjadi inspirasi Anda.     

1. Rumah panggung anti banjir

 Teras by dwarf

Rumah kayu indah ini dibangun dan dirancang dengan material kayu, terutama pada bagian dinding. Rumah kayu bisa didesain menjadi rumah panggung. Tinggi rumah dari tanah bisa disesuaikan dengan kondisi lingkungan masing-masing. Rumah panggung adalah arsitektur yang banyak digunakan di berbagai daerah di Indonesia, dan salah satu solusi untuk bertahan menghadapi banjir. 

2. Jalan setapak kayu

 Teras by dwarf

Rumah ini menggunakan kayu horizontal dengan funrish netral. Ini membuat rumah beratmosfer natural, sederhana, namun tetap keren. Selain bahan dasar rumah, kayu juga digunakan sebagai elemen hiasan di halaman, yaitu jalan setapak. Jalan setapak kayu bisa kita buat dengan memanfaatkan limbah kayu atau kayu sisa bahan bangunan. 

3. Merah warna keberuntungan

 Rumah by dwarf

Menurut kepercayaan Tiongkok, warna merah adalah warna keberuntungan. Mencat dinding luar rumah dengan warna merah diyakini dapat menjauhkan penghuni rumah dari hal-hal buruk. Dari sudut pandang desain interior, warna merah mendatangkan suasana cerah, menonjol dan modern. Kita bisa mempercantik rumah cukup dengan memfurnish dinding kayu dengan warna merah. Tidak ribet dan hemat biaya bukan? 

Rumah bercat merah bisa mendatangkan kemakmuran dan ketentraman bagi mereka yang lahir di hari Rabu dan Kamis. Ini karena warna merah bisa membangkitkan semangat atau motivasi dalam diri seseorang. Semangat ini mereka butuhkan agar tidak mudah putus asa dalam bekerja atau membina kehidupan keluarga.

4. Rumah kayu furnish putih

 Rumah by dwarf

Ahli kami memilih warna putih untuk seluruh bagian dinding, kusen dan balkon di rumah ini. Warna putih bisa mendatangkan suasana hati dan perasaan santai, nyaman, dan damai. Warna ini juga membuat terlihat segar setiap saat. 

Rumah bercat putih ideal bagi mereka yang lahir pada hari Rabu, Jumat, dan Sabtu. Secara psikologis, warna putih melambangkan netralitas. Pikiran yang sedang kacau balau akibat pekerjaan bisa tenang kembali setelah pulang kantor dan memandang fasad rumah kayu yang putih bersih. 

5. Kayu vertikal

 Rumah by dwarf

Rumah kayu ini merupakan konstruksi berbahan kayu vertikal yang difurnish netral. Sedangkan garis vertikal membuat rumah tampak lebih tinggi dari ukuran sebenarnya. Solusi menarik yang bisa diterapkan jika kita ingin memberikan kesan tertentu pada rumah kita. Pintu depan dan jendela dicat dengan warna merah dan putih membuat fasad rumah tidak tampak monoton. 

6. Furnish hijau dan putih

 Teras by dwarf

Selain furnish netral, Dwarf menawarkan alternatif warna lain untuk rumah kayu. Di antara warna-warna, hijau adalah warna yang membantu memperbaiki penglihatan, meredakan kecemasan, dan melambangkan awal yang baru. Di alam, warna hijau dan coklat berdampingan pada sebatang pohon. Jadi wajar jika keduanya tampak serasi di rumah ini. 

7. Coklat yang membumi

 Rumah by dwarf

Dua nada warna coklat yang berbeda akan membuat fasad rumah kayu juga menyenangkan untuk dilihat. Misalnya paa dinding dan pintu rumah kayu ini. Warna coklat mewakili warna tanah dan Bumi secara keseluruhan. Warna ini membantu manusia merasakan keterkaitan dengan sekitarnya, sehingga terciptalah kehangatan dan  persahabatan. Sebagai penyeimbang digunakan warna putih pada pilar dan jendela, juga abu-abu untuk atap rumah. 

8. Lebih indah berkat cahaya

 Rumah by dwarf

Bahkan di malam hari pun rumah kayu tetap terlihat cantik dengan bantuan cahaya di titik-titik penting. Lampu di atas pintu depan akan membantu penghuni rumah mengenali siapa tamunya sebelum membukakan pintu. Lampu ini juga berhasil menonjolkan sisi terbaik dari rumah kayu, yang membuat siapapun senang memandangnya. 

9. Atap tradisional

 Rumah by dwarf

Pada rancangan ini Dwarf memberikan sentuhan atap tradisional pada rumah kayu modern. Atap pinggul dan pelana (hip and gable roof) sangat populer di Asia Timur di masa lalu. Di Indonesia kita bisa melihat atap seperti ini di klenteng atau bangunan peninggalan Tiongkok lainnya. Sedangkan pagar rumah ini membuat saya teringat pada rumah tradisional Betawi. Lihat, bukankah teras rumah ini mirip rumah Si Doel Anak Sekolahan?  

10. Rumah kayu mungil

 Rumah by dwarf

Tidak hanya rumah bertingkat, tersedia pula contoh fasad rumah berukuran mini. Bahan yang digunakan adalah kayu vertikal dengan furnish netral, baik pada dinding, jendela maupun pintu. Sedangkan dinding paling depan berwarna putih dengan tekstur lembut, memancarkan kehangatan dan kasih sayang para penghuninya. 

Jatuh cinta dengan rumah kayu? Baca juga: 

Rumah Sederhana yang Hangat Dengan Material Kayu 

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!