Rumah by บริษัท สถาปนิกชุมชนและสิ่งแวดล้อม อาศรมศิลป์ จำกัด

10 Rumah Paling Nyaman Saat Cuaca Panas

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Daerah beriklim tropis seperti di Indonesia memiliki karakter suhu udaranya yang panas dan lembab serta curah hujan yang tinggi. Rumah di daerah beriklim tropis sebaiknya memiliki sirkulasi udara yang baik. Selain itu, bahan dasar rumah area tropis sebaiknya mampu membuat suhu di dalam rumah terasa sejuk di cuaca panas dan hangat di cuaca dingin. Ini karena kelembaban udara di area tropis relatif tinggi, dan suhu tahunan di musim kemarau bisa mencapai 38 derajat C. Meningkatnya suhu Bumi setiap tahun akibat pemanasan global membuat suhu udara di daerah tropis pun semakin tinggi. 

Fenomena ini tak dapat dihindari. Namun manusia memiliki kemampuan untuk selalu beradaptasi dengan perubahan, baik atau buruk. Jika suhu udara di luar sana tidak bersahabat, paling tidak ada satu tempat yang bisa memberikan kenyamanan. Yaitu rumah kita. Berikut adalah beberapa contoh rumah yang paling cocok untuk daerah bersuhu panas, seperti di tempat tinggal Anda. Semoga bisa memberi pencerahan tentang bagaimana cara membuat rumah yang bisa bertahan dari segala terpaan panas maupun hujan. 

1. Rumah beton

Rumah beton pilihan tepat bagi kita yang tinggal di area beriklim tropis. Jendela-jendela kaca akan melancarkan sirkulasi udara dan membuat rumah sejuk karena angin sepoi-sepoi. Teras yang tingginya sama rata dengan halaman memang unik. Pastikan rumah Anda bebas banjir jika memilih desain semacam ini.

2. Rumah berplafon tinggi

Plafon tinggi akan membuat suhu udara di dalam rumah terasa sejuk, seterik apapun sinar matahari di luar. Kelebihan lainnya, rumah akan terlihat lebih luas meski sebenarnya tidak terlalu luas. Untuk membuktikan teori ini, kunjungilah sebuah rumah tua gaya kolonial milik kerabat di siang hari yang panas dan rasakan bedanya. 

Silakan baca tentang berbagai desain rumah berlangit-langit tinggi di: 

Beragam Ide Rumah Berlangit-langit Tinggi 

3. Rumah kayu

Rumah kayu banyak kita jumpai di daerah pinggiran di Indonesia. Yang mengherankan adalah, mengapa rumah kayu jarang kita temui di area perkotaan? Padahal secara logika, suhu udara di perkotaan lebih panas daripada di pedesaan akibat polusi dan seterusnya. Rumah panggung kayu, atau rumah kayu yang lebih tinggi beberapa cm dari tanah (seperti contoh) juga solusi handal bagi Anda yang ingin tinggal nyaman di daerah langganan banjir. Namun lantai kayu sebaiknya dihindari karena kayu bersifat menyerap panas. Jika ingin membuat rumah berlantai kayu sebaiknya berupa rumah panggung. Tujuannya agar udara dari sela-sela lantai kayu bisa mengimbangi panas yang diserap oleh lantai. 

Ingin mengetahui lebih lanjut tentang desain rumah panggung untuk daerah yang sering kena banjir? Silakan klik: 

7 Desain Rumah Panggung Untuk Daerah Langganan Banjir

4. Rumah putih ala Amerika

Rumah putih dengan dua lantai dan teras ini berbahan dasar kayu, cocok sebagai hunian di daerah bersuhu hangat. Misalnya di tepi pantai. Cat putih digunakan agar dapat memantulkan sinar matahari sehingga suhu ruangan tetap sejuk di siang hari. Jendela-jendela tidak terlalu besar namun banyak. Jendela kecil di loteng bisa dibuka di siang hari agar semilir angin masuk dan menyebar ke seluruh bagian rumah. 

5. Batu dan beton

Rumah berbahan dasar beton dan batu cocok untuk daerah panas dan lembab. Rumah beton juga tidak mudah berjamur dan kokoh hingga bertahun-tahun. Kombinasi beton dan batu bisa membuat fasad rumah terlihat unik seperti pada contoh. 

6. Lubang angin di atas rumah

Apakah Anda menyukai struktur rumah kubus atau beratap datar minimalis, namun khawatir suhu ruangan menjadi panas karena langit-langit rumah jadi rendah? Rumah kubus bisa menjadi sejuk di siang hari dengan adanya lubang angin atau jendela kecil di bagian yang paling dekat dengan atap rumah, persis seperti contoh. Letak jendela sebaiknya berada di sebelah utara atau selatan rumah. Sinar matahari pagi atau sore hari bisa membuat rumah terasa panas jika jendela rumah berada di kedua arah ini. 

7. Rumah berkisi-kisi

 Rumah by atelier m
atelier m

外観 夕景

atelier m

Rumah dengan jendela berkisi-kisi memiliki suhu ruangan yang lebih sejuk di cuaca panas. Demikian juga jika kita membuat dinding kayu berkisi-kisi yang berhadapan langsung dengan jendela dan pintu seperti contoh. Kisi-kisi semacam ini akan memperbanyak jumlah lubang angin di rumah tanpa menjebol dinding. Bisa juga berfungsi sebagai pengaman jika diletakkan di lantai dua. 

8. Rumah dengan ruang terbuka

Kita bisa menerapkan konsep ruang terbuka ala rumah tradisional joglo dan menggabungkannya dengan arsitektur rumah panggung. Rumah pada gambar memiliki ruang terbuka di lantai bawah yang digunakan untuk bersantai bersama keluarga atau menerima tamu. Sedangkan area di lantai atas bisa digunakan sebagai area pribadi penghuni rumah, misalnya kamar tidur atau ruang kerja. 

9. Rumah dengan halaman di atapnya

Suhu ruangan di rumah beratap beton cenderung panas karena atap beton memiliki sifat meneruskan panas lebih banyak dibandingkan atap genteng. Cara untuk mengatasi situasi ini adalah dengan membuat halaman berumput pada atap beton seperti ini. Rumput akan menyerap panas matahari, sehingga suhu ruangan terasa lebih sejuk.  

10. Rumah dengan tanaman merambat

Keberadaan taman lengkap dengan tanaman hias dan pepohonan bisa membantu menyejukkan suhu di dalam rumah. Bila hal ini tidak memungkinkan, Anda masih memiliki alternatif lain. Menanam tanaman rambat yang nantinya akan 'memenuhi' dinding rumah seperti ini juga bisa membuat rumah terasa lebih dingin, bagaikan oase di padang pasir. 

Baca juga: 

Desain Interior Modern Sempurna Untuk Iklim Tropis

Manakah desain rumah untuk cuaca panas yang paling Anda sukai? 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!