Koridor dan lorong by Architect Your Home

7 Ide Keren untuk Koridor Rumah Anda

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Banyak peristiwa tak terduga terjadi dalam hidup kita. Bukan hanya peristiwa pahit, namun juga menggembirakan. Kadang-kadang peristiwa itu berupa hal-hal kecil seperti kedatangan orang tua, mertua, saudara sepupu, atau teman sekolah yang telah lama tidak bersua. Untuk itu, kita perlu menata rumah dengan rapi dan berestetika agar siap menyambut kedatangan tamu agung setiap saat. 

Area masuk rumah dan koridor adalah area pertama yang akan dilihat para tamu saat mereka menginjakkan kaki di rumah Anda pertama kalinya. Jadi wajar jika area ini mendapat perhatian lebih dibandingkan area lainnya. Ini perlu dipertimbangkan jika Anda termasuk pribadi yang sangat berhati-hati menjaga kesan orang lain terhadap diri Anda. 

Berikut adalah 7 cara mengatur area masuk rumah agar diri Anda tampak sempurna di mata para tamu. 

1. Karpet merah untuk sang tamu

Area masuk rumah ini menarik berkat permainan warna. Tiadanya perabot di sepanjang koridor membuat area ini tampak lapang. Jaket dan payung bisa disimpan dalam lemari kustom yang sewarna dengan warna plafon. Karpet merah berornamen siap menyambut tamu dengan kehangatan yang penuh warna.  

2. Nuansa netral

 Koridor dan lorong by 3deko

Kesederhanaan dan netralitas menyambut siapapun yang melangkah masuk ke area ini. Paduan warna putih dan abu-abu menghasilkan impresi netral dan apa adanya. Para tamu pun akan menilai diri Anda sebagai pribadi yang lugas dan menyukai kepraktisan. Ini karena tidak ada hiasan dinding di sepanjang lorong. Karpet warna kecoklatan dan tanaman hias sudah cukup untuk mempercantik ruangan. Tersedianya gantungan jaket di dinding membuat para tamu merasa kehadiran mereka memang diharapkan.

3. Berkenalan dengan pemilik rumah

Area masuk rumah ini masih didominasi warna putih, sama seperti contoh di atas. Aksen dinding hijau di samping pintu depan dengan bermotif pohon membuat area ini tampak lebih ceria dan tidak terlalu pucat. Dinding dihiasi dengna foto-foto anggota keluarga yang ditata mengikuti bentuk pohon untuk menunjukkan silsilah keluarga. Para tamu akan bisa mengenali semua anggota keluarga penghuni rumah sebelum mereka bertemu secara langsung.   

4. Kemewahan untuk tamu istimewa

 Koridor dan lorong by Vogue Kitchens
Vogue Kitchens

The Cooke's

Vogue Kitchens

Area masuk rumah semacam ini bisa terdapat di rumah bergaya kolonial atau klasik. Jika saat ini Anda tinggal rumah tua ala kolonial peninggalan kakek buyut, jangan buru-buru meratakannya dengan tanah. Rumah kolonial atau rumah klasik bisa tampil semakin mewah dengan renovasi. Proyek renovasi sendiri kadang tidak memakan biaya besar. Bisa dilakukan dengan mencat ulang seluruh rumah, menambahkan lampu dan cermin, atau menggunakan lantai berornamen. Pilih ornamen yang seragam dan serasi dengan warna dinding dan pintu. Keluarga yang datang akan menganggap Anda sebagai penerus keluarga yang berbakti. 

5. Rustic klasik

 Koridor dan lorong by Equipe Ceramicas
Equipe Ceramicas

Caprice Cream, DECO Loop Pastel 20x20

Equipe Ceramicas

Area masuk rumah (dan keseluruhan rumah) ini cukup unik karena menggunakan warna putih kusam sebagai warna dominan. Pintu kaca menjadi sumber cahaya di siang hari, dan cahaya yang terpantul pada cermin akan membuat area ini lebih cerah. 

6. Gradasi warna

Tidak banyak rumah yang dindingnya dihiasi gradasi warna. Dibutuhkan ketelitian dan kesabaran agar pekerjaan mencat dinding mendapat hasil yang diinginkan. Di rumah ini hanya area masuk rumah saja yang dindingnya dihias dengan gradasi warna. Sementara ruangan lainnya bercat putih. Sebuah ide menarik untuk meninggalkan kesan mendalam pada para tamu yang masuk ke rumah melalui area ini. 

7. Cermin untuk berbenah

Pintu biru turqoise di lorong serba putih membuat area masuk rumah bernuansa pop art. Lantai keramik ala papan catur sudah membuat area ini menyolok tanpa banyak hiasan. 

Seperti contoh sebelumnya, cermin juga terdapat di koridor ini. Selain menciptakan kesan luas di koridor sempit, cermin juga akan dibutuhkan tamu Anda untuk memakai jaket dan berbenah diri sebelum mereka hendak pulang.  

Perlu ide area masuk rumah lainnya? Silakan klik: 

15 Desain Unik Untuk Area Masuk Rumah 

Rumah dengan atau tanpa area masuk rumah, manakah yang paling menarik menurut Anda? 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!