Garasi by Platform 5 Architects LLP

10 Ide Halaman Belakang Mewah Impian

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Selain untuk makan dan tidur, rumah sebaiknya memiki ruangan di mana anggota keluarga bisa bersantai di udara terbuka. Halaman belakang adalah lokasi yang tepat karena siapapun pasti suka duduk manis atau tertawa lepas tanpa khawatir diintip tetangga. 

homify punya sejuta ide untuk inspirasi Anda, termasuk dalam hal merancang halaman belakang. Edisi kali ini khusus menghadirkan aneka desain halaman belakang yang cocok untuk rumah berhalaman belakang luas atau sempit. Mari dipilih! 

1. Teras rustic modern

Bagaimanakah cara memadukan gaya lama dan baru? Teras belakang ini adalah contoh sempurna! Fasad dinding batu bata merah memang tidak diapa-apakan. Namun pintu geser kaca ukuran besar membuat rumah kuno ini kekinian. Teras dilapisi lantai keramik, sisanya ditanami rumput segar. Tidak ada atap atau pergola di teras, karena area setempat tidak bercuaca panas.

2. Mini bar serba kayu

 Garasi by Crown Pavilions
Crown Pavilions

Bespoke garden cinema room with a bar

Crown Pavilions

Anda suka pesta? Bikin pesta rutin di halaman belakang juga seru lho. Kita bisa lebih sering bertemu dengan teman-teman dan keluarga. Biaya yang kita habiskan untuk berpesta di rumah juga lebih sedikit daripada berpesta di kafe atau diskotik. Agar suasana semakin asyik, dirikan sebuah mini bar di belakang rumah seperti ini. 

3. Halaman belakang sumber inspirasi

Pekerjaan yang melibatkan saraf motorik halus, seperti menulis, melukis, atau menghitung, membutuhkan area kerja yang tenang dan bebas gangguan. Ruang kerja tidak perlu luas, namun lengkap dengan sarana pendukung. Misalnya, meja tulis plus kursi, sofa nyaman untuk bobok siang, rak buku, dan sebagainya. 

4. Ruang kerja pribadi

Ini adalah alternatif cara memanfaatkan halaman belakang sebagai ruang kerja. Jika memiliki bujet cukup, kita bisa memesan ruang kerja prefabrikasi sesuai bentuk halaman belakang. Keuntungannya, ruang kerja prefab bisa dibongkar jika kita pindah rumah. 

Baca juga: 

Rumah Prefab 27 m² Siap 1 Hari

5. Berendam sepuasnya

Kalau buat saya sih, halaman belakang dengan kolam renang itu juara. Air memiliki sifat membersihkan dan selalu mengalir. Kepala yang terasa panas karena terlalu banyak lembur bisa dingin saat berendam dalam air. Selain itu, menatap air di kolam dari balik jendela juga bisa menimbulkan rasa tenang. Furnitur sebaiknya terbuat dari bahan yang tahan lama karena akan terpapar oleh cuaca. 

6. Bersantai di ketinggian

Siapa bilang, tinggal di apartemen tidak bisa punya halaman belakang? Bisa kok. homify punya beberapa contoh balkon apartemen yang disulap jadi halaman belakang. Salah satunya adalah gambar ini. Pot-pot tanaman bisa menggantikan kehadiran pohon atau halaman berumput. Pot beton juga bisa dibuat sendiri. Simak caranya di sini. Paduan warna kontras seperti biru dan kuning membuat 'halaman' kecil Anda semakin menggoda untuk bersantai. 

7. Halaman belakang dalam ruangan

Menutup seluruh area balkon dengan dinding dan atap seperti ini bisa jadi solusi, jika Anda ingin bersantai seorang diri di segala kondisi cuaca. Keberadaan jendela-jendela kaca dan tanaman sangat penting agar area ini kaya akan cahaya, seperti halaman belakang sungguhan. Taman vertikal adalah pilihan bijak buat mereka yang tinggal di gedung bertingkat dan ingin punya taman. Namun jenis tanaman tertentu bisa membuat suasana menjadi penuh sesak. Desainer area ini menggunakan rumput jepang pada taman vertikalnya. Hasilnya? Sebuah halaman berumput mini yang menempel di dinding. Unik dan menyegarkan. 

8. Keren dengan rotan

 Teras by Boscolo
Boscolo

Hans Road Knightsbridge

Boscolo

Furnitur rotan harganya terjangkau, cantik, tahan lama, mudah pula didapatkan di sekitar kita. Saat ini tersedia pula furnitur rotan sintetis dengan berbagai warna pilihan. Halaman belakang pun jadi lebih menarik dan nyaman untuk beristirahat jika ada furnitur rotan di sana. Pada contoh ini digunakan furnitur rotan coklat tua agar serasi dengan pagar halaman belakang. 

9. Halaman di puncak gedung

 Teras by Bowles & Wyer
Bowles & Wyer

A Roof Garden, Chelsea

Bowles & Wyer

Selain tanaman, taman artifisial atau taman yang dibuat tidak di atas tanah bisa tampil lebih aduhai dengan tata lampu. Batu-batu hias disusun sedemikian rupa agar orang yang duduk di sini tidak lupa pada suasana alam, meski ia tinggal di perkotaan modern yang padat penduduk. 

Ingin tahu cara jitu menghias balkon? Silakan klik: 

Cara Sederhana Mendekorasi Balkon Rumah

10. Mewah dengan cahaya

Ketika matahari terbenam dan lampu-lampu dinyalakan, semua obyek akan menampakkan sisi lainnya. Tentu bukan sisi gelap, melainkan sisi terang. Lampu-lampu pada contoh ini bentuknya sederhana, tapi efeknya 'wow'. Tanpa banyak pernak-pernik halaman belakang ini akan selalu mengagumkan. Apalagi kalau ditambahkan meja dan kursi untuk menikmati secangkir kopi. 

Mana desain halaman belakang yang paling Anda impikan? 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!