by Febo Garden landscape designers

Renovasi Atap Terbengkalai: Hasilnya Mengejutkan!

KSMR KSMR

Tanya harga

Invalid number. Please check the country code, prefix and phone number
Dengan mengklik 'Kirim' saya mengkonfirmasi bahwa saya telah membaca dan menyetujui Kebijakan Privasi bahwa informasi saya akan diproses.
Catatan: anda dapat mencabut persetujuan tersebut kapan saja dengan mengirim email ke privacy@homify.com.
Loading admin actions …

Jika Anda memiliki lahan yang terbatas, namun Anda tetap ingin mewujudkan hadirnya area hijau di hunian Anda, maka ide yang satu ini dapat Anda aplikasikan secara seksama. Sekalipun bukan area yang beralaskan tanah, namun berkat penataan yang profesional, lahan yang berada di sebuah atap bangunan ini nyatanya dapat terlihat asri seperti wujud taman pada umumnya.

Total luas area teras dan taman yang berada di puncak gedung ini sekitar 200 meter persegi. Proyek renovasi yang dikerjakan oleh Febo Garden Lanscape Designers ini terlihat maksimal sehingga kesan kumuh yang dimiliki area ini sebelumnya, kini benar-benar telah hilang, karena rasa sejuk dan nyaman sangat terasa di taman atap tersebut. Untuk melihat lebih detailnya lagi, mari kita ikuti list penjabaran berikut ini:

Sebelum transformasi dilakukan

Beginilah kira-kira tampilan atap gedung itu sebelum mendapat sentuhan dari para profesional. Kesan lembab, kusam dan tak nyaman sepintas terasa saat foto ini diambil. Jika keadaan seperti ini ditanggapi oleh orang awam, maka ruangan seluas ini mungkin tak akan bisa disulap menjadi apapun selain ruang rooftop casual yang hanya digubah dengan tambahan cat dan beberapa perlengkapan furnitur pendukung sebagai tempat nongkrong modern. Namun berkat ide para profesional, akhirnya sebuah atap bangunan yang benar-benar terbengkalai ini justru mampu tampil lebih dari yang sekedar diharapkan oleh kebanyakan orang awam. Para profesional berhasil menuangkan konsep alami di material modern tersebut dengan penataan yang sempurna seperti wujud gambar-gambar hasil renovasi di bawah ini.

Pondasi anti air diterapkan pada bagian lantai

Fase inilah fase awal tahapan renovasi tersebut dimulai. Sebelum meletakkan seluruh bangunan teras dan taman di atas gedung tersebut, penggunaan media penahan bocor benar-benar diaplikasikan secara maksimal dan merata pada keseluruhan pondasi. Tahapan ini sengaja didahulukan agar kondisi ruangan yang berada dibawahnya tak terkena imbas kebocoran saat musim hujan tiba.

Teras asri di atas gedung

Seperti yang terlihat pada gambar, gagasan baru benar-benar diaplikasikan di area ini. Nuansa alami dan asri dibiarkan merata tumbuh disekeliling atap lewat media rumput dan tanaman hijau. Sebagai pemanis, ruang teras yang dilengkapi dengan area duduk ini diberikan pula aksen berupa pergola dan pagar bergaya modern untuk menunjang tampilannya.

Dekorasi hijau yang asri

Tak sekedar hijau, nuansa hijau di teras ini benar-benar diperhitungkan komposisinya. Selain media rumput, beberapa jenis tanaman lain juga sengaja dihadirkan agar variasi warna hijau dan tinggi rendahnya tanaman yang ada disekelilingnya dapat terlihat cantik didalamnya. Selain tanaman hijau, beberapa objek fisik pendukung taman seperti aplikasi jalan setapak dan pagar rambat juga sengaja dihadirkan, guna mendukung tampilan taman yang eksklusif tersebut.

Pemandangan lain dari balkon

Dari sudut pandang ini terlihatlah keseluruhan area taman yang tertata rapih dan apik. Selain area hijau, terdapat pula berbagai kelengkapan ekstra seperti area barbeque dan beberapa area lapang yang dapat dijadikan sebagai ruang berkumpul bersama teman maupun keluarga. Jadi, jika sudah seperti ini, konsep pesta taman pun akan lebih mudah direalisasikan.

Area bersantai

Selain untuk berpesta, beberapa sudut lain dari taman ini dapat pula dijadikan sebagai area untuk bersantai atau berjemur dengan dukungan dua elemen kursi dan pagar tanaman untuk mendukung unsur privasi disekeliling area tersebut.

So, sudah dapatkah idenya? Jika sudah, segera wujudkan konsep tersebut ke area atap rumah Anda. Bicarakan ide umumnya bersama keluarga Anda, agar dukungan ide lain dapat muncul untuk mendukung area taman modern tersebut. Jika sudah dibicarakan dengan keluarga, selanjutnya Anda dapat hubungi para profesional di kota Anda, agar konsep mentah Anda dapat memasuki tahapan proses yang serius. Konsultasikan seputar luas lahan, bujet dan konsep yang Anda inginkan, agar taman atap modern yang Anda cita-citakan selama ini dapat terealisasi secara sempurna. Namun jika Anda belum siap untuk merealisasikannya, karena Anda masih ingin memikirkan konsep tersebut dengan tambahan ide-ide lain, maka hal yang dapat Anda lakukan adalah mencari lebih banyak lagi referensi tambahan di kumpulan buku ide lain, agar ide teras dan taman atap Anda semakin matang untuk direalisasikan di kemudian hari. Selamat berimajinasi.

Anda suka ide ini?
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!