Dapur by 로이하우스

Rumah Keluarga Modern yang Ramah Kerabat

Homify.co.id Homify.co.id
Loading admin actions …

Apakah Anda merupakan makhluk sosial? Tentunya ini adalah pertanyaan klise, mengingat semua manusia adalah makhluk sosial yang tidak dapat hidup tanpa kehadiran atau juga bantuan dari orang lain. Dan ikatan dengan keluarga adalah hal yang penting meskipun seringkali kita berjauhan satu sama lainnya. Karenanya, hidup tanpa adanya keluarga atau pun tetangga tentunya akan terasa sangat tidak menyenangkan. Apalagi jika Anda hidup di daerah perkotaan yang notabene membuat Anda kesusahan bertemu dengan mereka. Jika demikian, apakah ada alternatif yang lebih baik untuk menanggulangi hal tersebut?

Jawabannya adalah rumah keluarga modern yang ramah tetangga, seperti yang didesain oleh arsitek asal Korea Selatan berikut ini. Grup arsitek ini berhasil menciptakan sebuah rumah harmonis dengan tiga bangunan yang menciptakan desain mengagumkan layaknya rumah di kota kecil. Meskipun begitu, jika Anda perhatikan lebih seksama, rumah ini ternyata memiliki banyak sekali aspek menarik yang tentunya tidak ingin Anda lewatkan. Mari ikuti homify dalam sebuah tur mengelilingi rumah yang dekat dengan tetangga berikut ini dan hidup layaknya masyarakat di pedesaan!

1. Tiga bangunan yang menciptakan siluet ala kota kecil

Memasuki area luar rumah, Anda akan disambut dengan tiga bangunan yang dikelompokkan berdasarkan masing-masing keluarga yang menempatinya. Proyek ini menggunakan tiga konstruksi kayu dengan metode SIP, yang memungkinkan Anda untuk merasakan perasaan menyegarkan berkat kesergamaan bentuk dan skala bangunan yang sederhana. Metode SIP atau Structural Insulated Panel terlihat lewat pembangunan tembok dengan bahan tahan panas dan juga struktur bangunan yang terlihat ringan. Metode ini memungkinkan rumah untuk lebih menghemat energi dan juga waktu konstruksi. Selain itu, dinding luar bangunan dirancang agar dapat mempertahankan dinding luar dengan tampak halus dengan finishing yang minimalis. Wow!

2. Fasad depan dengan dua tiang yang minimalis

Pada bagian fasad depan, Anda dapat melihat bangunan dengan dua bangunan terpisah di dalamnya. Tiga tiang yang menyangga bangunan menciptakan lanskap ala pedesaan seperti yang sebelumnya telah kami sebutkan. Hal tersebut dapat tercipta berkat tiga cara, pertama, tim arsitek menciptakan jendela asimetri dan atap segitiga yang menghadap ke depan rumah. Kedua, fasad depan rumah ini sungguh minimalis tanpa memperlihatkan embel-embel dekorasi yang terlalu mencolok. Sedangkan yang ketiga, fasad depan rumah ini dicat dengan warna senada yang memadukan warna abu-abu dengan kayu. Komposisi teras depan yang menyediakan tempat bersantai di depannya juga terlihat menarik, berkat adanya langit-langit kayu yang membuat suasana lebih nyaman. Di hari yang cukup teduh atau kala sore, tempat ini sangat sempurna untuk bercengkerama bersama tetangga dan keluarga. Sangat intim sekali ya?

3. Kesan pertama memasuki rumah dari arah teras

Memasuki ke bagian dalam rumah, Anda akan disambut dengan ide desain yang sangat meneduhkan pada seluruh elemen di dalamnya. Pada bagian depan rumah, terdapat pintu geser pada bagian kiri dan kanan bangunan. Perpaduan antara lantai berwarna abu-abu, konstruksi lantai yang lebih gelap, dan juga langit-langit menciptakan efek visual yang sangat menyenangkan dan ringan. Anda juga dapat merasakan suasana rumah Asia pada umumnya, di mana kita harus melepaskan alas kaki sebelum memasuki ruangan. Pemilihan jendela kecil pada bagian samping pintu dan depan juga berhasil menghemat ruangan. Tidak ada lagi bagian ruangan yang tersia-siakan!

4. Desain dapur yang indah dan fungsional

Dapur lebih dari sekedar tempat untuk berbagi makanan, tetapi menjadi tempat utama yang digunakan untuk berbincang bersama teman atau keluarga. Untuk itu, fungsi memasak dan meja makan yag nyaman merupakan hal yang penting untuk diperhatikan. Saat ini, di dapur rumah disediakan countertop luas yang memungkinkan pemilik untuk dapat memasak, mengatur, dan juga menghias seluruh bagia ruangan yang dominan dengan warna putih. Sehingga, pencahayaan merupakan elemen penting lain yang tidak boleh terlupakan. Tentunya, untuk melengkapi fungsi dapur yang seringkali digunakan, tempat penyimpanan seperti lemari kabinet atas dan laci di bawah meja dapur harus terinstal dengan sempurna. Pada foto berikut ini, terlihat pula meja berbentuk U yang berfungsi sebagai bar dan juga meja saji yang dilengkapi dengan kursi berdesain stylish yang lucu untuk difoto.

5. Perpaduan ruang tamu dan ruang makan yang independen dan menawan

Sementara ruang makan rumah ini disatukan dengan dapur, ternyata ruang tamu dan ruang makan juga disediakan secara terpisah khusus untuk teman atau keluarga yang berkunjung. Ide yang digunakan pada ruangan ini diambil dari apartemen tradisional, yang memisahkan fungsi ruangan di tempat yang sama. Pada ruangan ini, terlihat ruang tamu, ruang makan, dan juga dapur terpisah lewat penggunaan jenis lantai yang berbeda dan juga langit-langit dengan dekorasi yang jauh berbeda pula.

Pada ruang tamu, ditempatkan karpet halus yang nyaman untuk dijadikan tempat duduk lesehan, sementara dekorasi ruangan mengingatkan kita pada gaya skandinavia yang dipadukan dengan corak oriental yang minimalis. Jendela juga ditempatkan pada sudut ruangan yang memungkinkan cahaya alami dapat masuk dengan lebih maksimal.

6. Ruang keluarga dengan desain khusus yang lebih intim

Berbeda dengan desain yang dapat Anda temukan pada ruang tamu sebelumnya, menelusuri lorong dari ruangan tersebut Anda dapat menemukan ruang keluarga yang sangat nyaman. Di ruangan ini, terdapat sofa empuk dengan sandaran berwarna hitam yang dipadukan dengan meja kayu mungil berwarna gelap yang sangat serasi untuk bersantai. Di ruangan ini, anggota keluarga dan pemilik dapa menonton TV bersama-sama, karena ruangan ini juga dilengkapi dengan karpet yang sangat nyaman untuk diduduki. Pada dinding, warna cat yang digunakan tetap warna netral, sehingga efek minimalis yang ingin disampaikan dapat tetap terasa dengan baik.

7. Ruang tangga yang selalu cerah dan berenergi

Tangga menjadi penghubung antara lantai bawah dan lantai atas. Biasanya area tangga ini sempit dan gelap bukan? Tapi dalam proyek kali ini, area tangga berada di area yang terang. Jendela berada tepat di persimpangan tangga yang menyudut. Selain bisa menambah kesegaran udara yang masuk melalui jendela, ini bisa menjadi pencahayaan yang alami untuk area tangga. Anak tangga menggunakan material kayu dipadukan dengan pegangan besi berwarna hitam. Manis diantara dinding yang serba putih!

8. Koridor dan kamar kecil yang ramah dan rileks

Pada ruangan, terlihat koridor dan juga kamar mandi kering yang sangat nyaman untuk digunakan. Kamar mandi dan toilet menciptakan efek ruangan yang lebih luas di sepanjang koridor. Dan jika pada pagi hari pemilik cukup sibuk, kamar mandi ini praktis untuk digunakan dan menghemat waktu berkat penataan ruang yang fungsional lewat adanya bak cuci tangan dan gosok gigi yang terpisah. Tentunya, ruangan ini sangat menggoda sekali untuk sering digunakan, karena desain yang minimalis menjadikan foto selfie Anda sangat bagus.

9. Pemanfaatan ruang bawah tangga sebagai tempat penyimpanan

Akhirnya, kita sampai juga ke salah satu bagian ruangan yang tidak kalah menariknya. Jika pada loteng di lantai dua terdapat ruangan berdinding dupleks, maka di bagian bawah tangga ditempatkan sebuah ruang penyimpanan yang menghubungkan dua ruangan. Ide ini sangat cemerlang, karena pemilik dapat menyimpan barang kesayangannya, mulai dari buku, kamera, kaset dan CD, hingga hal lainnya yang mudah untuk ditemukan. Pada bagian atasnya, terdapat dinding putih yang menempel langsung ke anak tangga yang dipasangkan besi pegangan tipis yang menghasilkan efek visual yang sangat ringan.

Jadi, apakah Anda juga ingin ruangan mengagumkan seperti rumah ini? Simak pula artikel mengenai rumah 3 lantai menakjubkan dan tak kalah menginspirasinya!

Jangan tunda sekarang, karena desain rumah idaman bukan lagi sekedar angan-angan!
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!