Dapur by Arkinprogress

Rumah Seluas 80 m² Penuh Furnitur dengan Budget Kecil

Prisca Akhaya Prisca Akhaya
Google+
Loading admin actions …

Kali ini, buku ide berikut akan membahas mengenai transformasi sebuah rumah dengan hasil yang mengagumkan. Selain itu, proyek berikut yang ditangani oleh Ark in Progress, memiliki budget rendah untuk transformasi dengan perubahan drastis seperti ini. Proyek ini melibatkan sebuah apartemen yang berlokasi di Cesena, sebuah kompleks padat di Italia. Pengisian ulang apartemen ini dengan furnitur baru memiliki fokus pada area ruang tamu dan dapur. Berkat tangan dingin para profesional yang ada di belakang transformasi apartemen ini, ruangannya menjadi lebih modern dengan pengaturan ruangan yang lebih merata dan pilihan furnitur yang sesuai.

1. Area sebelum transformasi

  by Arkinprogress

Sebelum melihat hasil sesudah transformasi, mari terlebih dahulu melihat kondisi sebelumnya dari area sosial di rumah ini untuk bisa menyadari detail perubahan yang terjadi. Gambar berikut menunjukkan area persimpangan antara dapur, ruang tamu dan area jalur masuk ke dalam rumah. Tidak banyak furnitur tersedia di dalamnya, dan kondisinya cukup buruk. Apartemen berikut ruangannya ini ketinggalan zaman dan tidak fungsional.

2. Kembalinya kehidupan

 Ruang Keluarga by Arkinprogress

Ta-da! Atmosfer dari ruangan ini berubah seketika dengan terapan logika perencanaan terbuka, dengan dapur, ruang tamu dan ruang makan saling terhubung. Ruangan terbuka ini dipenuhi pencahayaan alami dan sistem pencahayaan buatan yang kompleks dengan poin-poin cahaya yang dipasang pada volume langit-langit rumah. Dinding dan furniturnya dibiarkan tetap putih, sebuah pilihan yang menjadi elemen gaya pada kebanyakan rumah modern. Lantai kayunya memberikan kesan hangat dan nyaman bagi penghuninya.

 Dapur by Arkinprogress
Arkinprogress

Cucina – Ingresso

Arkinprogress

3. Area dapur

 Dapur by Arkinprogress

Seperti yang sudah disebutkan, dapur dalam hunian ini memiliki kesatuan dengan ruang tamu dan ruang makan, dengan tidak adanya batasan berupa pintu antara ruangan yang satu dengan yang lainnya. Integrasi demikian memungkinkan adanya kesinambungan antara ruangan yang satu dengan yang lain di dalam rumah dengan dibantu oleh penataan cahaya dan ventilasi yang cukup. Kembali ke area dapurnya, terlihat jelas adanya penataan modern dengan kulkas besar di salah satu sisi dan furnitur yang ditata dalam satu garis lurus di sisi lainnya. Garisnya sangat presisi dan bersih, memberikan kesan menimalis. Elemen kayunya kontras dengan warna putih, memberikan kehangatan bagi ruangan.

4. Area sosial

 Ruang Keluarga by Arkinprogress

Berbagai penataan cahaya ini pada akhirnya bertujuan untuk kepentingan dan kenyamanan penghuni. Tidak kurang menarik adalah set televisi yang juga jadi rumah bagi buku-buku, yang dapat dinikmati sambil duduk di atas sofa kulit empuk atau kursi berbantalan putih dengan pemandangan ruangan yang bebas dan tidak penuh, terutama di dalam ruangan sekecil ini.

5. Sederhana dan klasik

 Ruang Keluarga by Arkinprogress

Set televisi dan raknya dijaga tetap sederhana nan klasik. Gaya ini dipertahankan agar seragam dengan atmosfer dalam rumah.

6. Kamar mandi

 Kamar Mandi by Arkinprogress

Kamar mandi dalam rumah ini juga ditransformasi dengan estetika yang kompak dengan sisa area lainnya dalam rumah. Lantainya juga dari bahan kayu, yang berhasil menciptakan keseragaman dalam seisi rumah sekaligus pembagian yang alamiah. Gaya modern dan warna ruangan melengkapi kehangatan yang hendak diciptakan. Warna muda kayunya sangat nyaman, enak dipandang, dan kubikel shower-nya pun dibatasi pintu kaca yang memberikan ilusi ruangan yang lebih luas.

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!