Ruang Makan by 田村建築設計工房

13 Trik Membangun Rumah Ala Jepang yang Modern

Henti Kresdiana Henti Kresdiana
Loading admin actions …

Arsitektur Jepang penuh dengan solusi yang sangat mudah serta praktis baik dalam perencanaan dan metode, terutama bagi Anda yang ingin mengadopsinya menjadi sebuah rumah modern. 

Awalnya rumah Jepang cukup hanya terdiri dari zona persegi/kamar yang dipisah sama lain hanya dengan pintu geser padi pada bingkai kayu. Selain itu ternyata tidak ada perbedaan antara dinding eksternal dan internal. Teras dengan lantai dan juga merupakan bagian penting dari rumah. 

Bagi Anda yang menginginkan ada sentuhan ala jepang dalam rumah Anda, coba simak trik yang akan membuat rumah Anda bernuansa rumah jepang kemudian bicarakan dengan konsultan Anda.

1. Atap rendah dan tidak ada loteng

Atap datar atau rendah serta tidak adanya loteng, merupakan ide bagus yang menunjukkan karakter rumah arsitektur Jepang. Atap rendah tidak selalu membutuhkan skylight, Anda bisa menambahkan gables untuk membuat ruangan lebih terang dengan pencahayaan alami.

2. Jendela besar

Karakter rumah Jepang lain adalah menggunakan pintu geser. Dengan teras atau balkon di atas loteng, jendela besar akan mengimbangi ruangan yang luas pula.

3. Garasi bukanlah gudang atau sebaliknya

Garasi terbuka yang praktis, rapi dan bersih adalah gaya hidup ala jepang. Terapkan gaya hidup itu pada garasi dan gudang Anda.

4. Rencanakan zonasi dengan jelas

 Ruang Makan by 田村建築設計工房
田村建築設計工房

「Lがつなぐ家」 群馬県前橋市

田村建築設計工房

Ruang dengan banyak fungsi sangat populer di Jepang. Oleh karena itu sering ditemui ada sudut tempat kerja di dapur (untuk laptop), dan ruang kosong dengan karpet untuk anak-anak. Ruang seperti ini sangat berguna untuk ibu bekerja yang banyak menghabiskan waktu di rumah.

5. Teras untuk anak-anak

Kehadiran taman-teras,yang dapat dilihat dari ruang tamu, dapur dengan ruang makan sangat memudahkan pengawasan anak-anak yang bermain di luar.

6. Teras depan rumah

Teras depan rumah, selain menambah estetika juga dapat berfungsi ganda sebagai tempat duduk dan teras tempat bermain anak.

7. Perabot dan dekorasi sederhana

Tidak ada emas, furnitur mahal dari Italia atau Amerika Serikat, tidak ada sutra mahal dan wallpaper. Dekorasi yang sederhana, furniture dan aksesoris yang lucu, lantai hangat dan dapur ultra-fungsional dengan sebuah island putih glossy.

8. Jendela kecil di kamar tidur

Rumah Jepang biasanya memiliki kamar tidur di lantai pertama yang menghadap ke jalan, kamar tidur di belakang rumah. Biasanya, kamar tersebut memiliki pandangan hanya untuk pagar atau rumah sebelah. Oleh karena itu, di kamar tidur sering menempatkan jendela kecil dan cuti panorama untuk ruang tamu menghadap ke taman.

9. Aksen dinding tanpa finishing yang rumit

Untuk diversifikasi interior sederhana, digunakan dinding aksen dan teknik dekoratif lainnya dengan penekanan menggunakan warna (misalnya tekstil).

10. Sarapan kecil di bar

Di rumah Jepang modern di samping ruang makan selalu ada tempat untuk sarapan yang dekat dengan dapur. Dengan demikian, ruang makan dbisa menjadi tempat melakukan pekerjaan rumah sekaligus bermain dengan anak-anak.

11. Kecil dan multifungsi

Dengan luasl 80 meter persegi, memungkin membuat rumah dua lantai dengan membangun sendiri, Anda dapat menyelesaikan dengan hanya 1,5 juta rubel!

12. Teras rumah Mini bersama

Teras ini murah tapi sangat fungsional. Jika tidak ada dana untuk menyelesaikan, tinggal bersihkan dan gunakan!

13. Menggunakan loteng 100%

Selain teras, loteng bisa juga menjadi tempat berkumpul keluarga, tempat  bermain anak-anak, ruang menyalurkan hobi, atau menikmati home theater.

Simak juga buku ide berikut:

Desain Rumah Jepang Modern Minimalis

Desain Apartemen Loft yang Unij dan Berjiwa Muda

Trik mana yang akan Anda pakai untuk rumah Anda?
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!