Koridor dan lorong by Mint&Brisk

10 Tips Jitu Agar Area Depan Rumah Lebih Indah

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Apa yang Anda ingin lihat pertama kali saat tiba di rumah? Makanan yang lezat di meja atau kasur yang empuk? Sebelum Anda mencapai keduanya, tentu harus melewati pintu depan bukan? Kami memiliki beberapa ide agar area depan rumah terlihat lebih menarik, dan menimbulkan perasaan menyenangkan ketika Anda melihatnya setelah bepergian. 

1. Tempat penyimpanan tersembunyi

Jika ada ruang lebih di sekitar area depan rumah, pasang sebuah tempat penyimpanan yang menyatu dengan dinding. Lalu tambahkan rak-rak dan pintu geser yang sewarna dengan dinding di sekitarnya. Bisa digunakan sebagai tempat menyimpan sepatu, payung, topi, peralatan berkebun dan perlengkapan luar ruangan lainnya. 

2. Dinding batu bata merah

Tidak perlu merenovasi rumah secara besar-besaran jika ingin menghadirkan gaya industrial di rumah Anda. Gunakan kotak logam sebagai rak sepatu. Lapisi satu bagian dinding dengan keramik yang bertekstur dan berwarna mirip batu bata merah.

Apa saja hal yang tak perlu dilakukan untuk area depan rumah? Silakan baca: 

5 Kesalahan Area Depan Rumah yang Perlu Dihindari 

3. Gantungan jaket unik

Adalah hal biasa menggantungkan jaket atau topi di dekat pintu depan. Agar area ini tak tampak berantakan akibat banyaknya jaket dan topi yang digantungkan di sana, pilih kaitan atau gantungan jaket berbentuk unik. Dalam contoh ini digunakan gantungan jaket yang mirip ranting pohon. 

4. Lukisan atau foto

Trik ini bisa dipilih jika dinding area depan rumah masih kosong dan tidak banyak hiasan di sekitarnya. Deretan lukisan atau foto di area ini membuat tamu Anda seolah sedang berkunjung ke sebuah galeri seni.

5. Cermin besar

Jika area depan rumah Anda sempit, coba letakkkan sebuah cermin di sana. Pilih sebuah cermin datar yang bisa menyatu dengan salah satu bagian dinding. Ini akan membuat area masuk rumah Anda tampak lebih lebar dan luas. 

6. Bangku kecil

Jika di rumah Anda berlaku kebiasaan melepas sepatu atau sandal sebelum masuk ke rumah, fasilitasilah kebiasaan ini. Melepas dan memakai alas kaki kadang menyulitkan bagi anak-anak atau manula. Letakkan bangku kecil dekat tempat penyimpanan sepatu agar aktivitas ini bisa dilakukan dengan lebih nyaman. Bisa pilih bangku kayu atau bangku beralas sewarna dengan dinding. 

7. Warna cerah

Ingin area masuk rumah lebih menarik tanpa banyak pernak-pernik? Gunakan warna cerah untuk bangku, gantungan jaket dan karpet. Warna cerah akan membuat Anda lebih termotivasi untuk mengawali hari. 

8. Mengganti lantai

Mengganti lantai juga bisa memberikan penampilan baru pada area masuk rumah. Tidak perlu mengganti seluruh lantai di rumah. Cukup lantai di sepanjang koridor, dari pintu depan sampai ruang utama. Pilih lantai bermotif memanjang geometris seperti pada contoh. Motif ini merupakan motif klasik dan bisa kita lihat di beberapa rumah peninggalan masa lalu. 

9. Bunga segar

Aroma dan warna bunga segar bisa menenangkan hati dan mengusir kelelahan. Letakkan di sekitar area depan rumah, di lokasi di mana harum bunga bisa tercium siapapun yang masuk ke rumah. Perhatikan pencahayaan agar bunga tampak lebih cantik. 

10. Plafon tinggi

Rejeki akan mendatangi mereka yang berhati lapang, juga rumah yang lapang. Kesan lapang bisa dihadirkan dengan merekayasa bentuk ruangan tanpa menambah luas rumah. Salah satunya adalah dengan menambah ketinggian plafon atau langit-langit di sekitar pintu depan. Area depan rumah seperti contoh cerah dan berventilasi baik, membuat aliran udara lebih lancar dan mencegah kelembaban. 

Baca juga: 

12 Ide Gerbang Pintu Masuk dan Koridor Untuk Hunian Anda 

Mana trik memperindah area depan rumah yang paling cocok untuk Anda? 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!