Kamar Mandi by José Vigil Arquitectos

10 Tren Desain Rumah Terbaik Saat Ini

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Seperti apa sih desain rumah yang sedang tren belakangan ini? homify telah kumpulkan jawabannya untuk Anda. Entah Anda sedang merancang hunian terbaik untuk keluarga atau hendak meningkatkan nilai properti, di sinilah tempat yang tepat. Inilah desain rumah terkini yang wajib Anda simak. 

1. Rumah kayu

Tren kadang bukan sesuatu yang gemerlapan seperti tren musik atau fesyen terkini. Bagi sebagian kelompok masyarakat, hidup sederhana dan serba organik adalah tren yang luar biasa keren. Rumah kayu adalah pilihan tepat untuk mereka yang memilih gaya hidup sehat dan nyaman dengan kembali ke alam. Rumah panggung kayu bisa jadi solusi bagi mereka yang tinggal di daerah rawan banjir. 

2. Rumah panel surya

Kesadaran akan pentingnya energi terbarukan telah tumbuh dalam benak sebagian orang. Mereka berupaya memecahkan masalah menipisnya sumber daya alam dimulai dari rumah masing-masing. Salah satu caranya adalah dengan memasang panel surya sebagai sumber energi listrik untuk keperluan rumah tangga. 

Ketahui selengkapnya tentang panel surya untuk rumah tangga di: 

10 Tips Membangun Rumah Hemat Energi 

3. Interior Skandinavia

Serba putih atau monokrom adalah karakter utama interior Skandinavia yang lambat laun mulai dikenal masyarakat. Agar tidak membosankan, tambahkan warna putih tulang atau putih keabu-abuan di tengah ruangan serba putih. 

Interior Skandinavia cocok diterapkan di Indonesia. Simak alasannya di: 

10 Desain Ruang Keluarga Terbaik Untuk Rumah di Indonesia 

4. Ruang cuci

 Koridor dan lorong by Clean Design
Clean Design

Laundry Room

Clean Design

Aktivitas mencuci pakaian akhirnya mendapat perhatian para desainer. Masyarakat pun semakin menyadari pentingnya area ini dalam kehidupan sehari-hari. Tempat penyimpanan praktis di atas mesin cuci menjadi dambaan siapapun yang ingin meningkatkan fungsi ruang cuci di rumah. 

5. Warna cerah

Warna cerah kadang menjadi penyeimbang warna putih dalam tata ruang Skandinavia. Bersama stiker dinding bertema serupa, keduanya membuat ruangan tampil beda tanpa banyak hiasan. 

6. Area depan rumah dan koridor

Dua area ini kurang populer di kalangan masyarakat Indonesia. Namun gambar-gambar cantik di website arsitektur membuat orang semakin memahami fungsi area ini bagi aktivitas sehari-hari. Desain area depan rumah minimalis sebaiknya dipilih jika rumah tak terlalu luas. 

7. Kamar mandi outdoor

Hidup dan bekerja di tengah padatnya kota membuat orang merindukan suasana alam. Tapi butuh waktu dan biaya untuk berwisata ke hutan setiap minggu. Mandi berendam di luar membuat kita seolah sedang mandi di pinggir kali. Kita bisa melakukannya di sudut rumah yang terbuka tanpa atap. Kamar mandi semacam ini pasti disuka pasangan pengantin baru. 

8. Lemari dinding di dapur

 Dapur by Elfa Deutschland GmbH
Elfa Deutschland GmbH

Eine geschmackvolle Küche

Elfa Deutschland GmbH

Tempat penyimpanan memadai adalah hal yang wajib dimiliki rumah sempit. Lemari dinding di dapur bukan hanya akan menjaga kebersihan makanan, namun juga menjaga penampilan dapur Anda. 

9. Ruang keluarga, ruang makan, dapur

Jumlah manusia semakin banyak, luas rumah semakin berkurang. Ada juga keluarga yang memilih tinggal di apartemen, karena harga rumah belum terjangkau. Kondisi ini membuat manusia memikirkan cara menghadirkan kenyamanan dalam ruang yang terbatas. Meniadakan sekat antara ruangan bisa membuat hunian terkesan lebih luas dan lapang. 

10. Halaman rumput di atap rumah

Alam yang hijau bisa dinikmati di mana saja, bahkan di tengah pemukiman padat. Jika tak bisa punya halaman di depan rumah, buat saja halaman di atasnya! Halaman berumput di atas rumah beratap beton bisa mendatangkan kesejukan alami. Rumah pun lebih dingin walau tanpa AC. 

Manakah tren desain rumah yang paling Anda suka? 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!