Taman by Lúcia Vale Interiores

10 Inspirasi Patio yang Bisa Anda Bangun di Halaman Rumah

Prisca Akhaya Prisca Akhaya
Google+
Loading admin actions …

Halaman merupakan cara dan tambahan di area rumah yang asri dan menambah kesan alamiah, mempercantik rumah Anda, membuat mereka yang tinggal di dalamnya merasa nyaman dengan pemandangan hijau yang menyegarkan mata. Rerumputan hijau tentu perlu banyak perawatan, namun dengan mengikuti cara mendesain patio atau halaman teras berikut, Anda tidak akan ragu lagi untuk memiliki halaman indah yang bisa Anda nikmati kapanpun.

1. Halaman yang terang benderang

Sebagai tambahan dari tempat untuk berjalan-jalan yang luas dan menyenangkan, rerumputan hijau di halaman Anda juga dapat memberikan pemandangan indah baik di siang maupun di malam hari. Cobalah menambahkan pencahayaan seperti yang dilakukan dalam tatanan halaman berikut untuk menonjolkan keindahan halaman dan beberapa tanaman dan pohon pilihan.

Untuk menjaga rumput tetap hijau dan mengilap sehat, merawat dan menyirami rumput tentu saja diperlukan. Berinvestasilah pada alat atau kaleng penyiram tanaman yang berkualitas, bisa berupa kaleng biasa atau bisa juga berupa selang penyiram tanaman atau keran otomatis. Berkonsultasilah terhadap tukang kebun dan spesialis halaman untuk mengerti mengenai cara merawat halaman secara lebih maksimal.

2. Padang hijau nan indah

 Taman by homify

Memiliki padang hijau yang indah dengan rerumputan yang bisa dinikmati dan menyenangkan bagi mata, dibingkai pula dengan desain yang menonjolkan keindahan halaman, pasti menjadi impian semua orang. Untuk mewujudkan halaman ala padang rumput ini, Anda dapat memanfaatkan bahan kayu dan menambahkan jalur kerikil yang memungkinkan Anda berjalan berkeliling halaman Anda.

Dengan adanya perubahan musim, Anda bahkan bisa merasakannya dalam halaman dengan gaya seperti ini. Saat musim meranggas, banyak dedaunan akan berjatuhan dan Anda harus rajin membersihkannya dan mengganti tanahnya agar siap untuk ditumbuhi tunas baru.

3. Halaman dengan bentuk orisinil

Tidak semua halaman memiliki gaya dan bentuk yang sama. Dalam kasus halaman berikut, dapat dilihat adanya pembingkaian pada area rerumputan menggunakan ubin yang membentuk pola geometris seru dan menarik.

Rajin memotong dan merapikan rumput merupakan salah satu tips dalam menjaga keindahan halaman. Potong sedikit-sedikit rumput untuk menjaga agar kumpulannya tetap tebal dan agar tahan lama saat udara kering dan panas.

4. Halaman yang dikelilingi tanaman dan tumbuh-tumbuhan

Cara lain untuk membingkai rerumputan di halaman adalah dengan memaksimalkan ruangan yang ada dengan tanaman. Ciptakanlah area penanaman yang membatasi area rerumputan dan area dinding dengan menggunakan tanaman rambat yang menjaga kelembaban dan kesegaran serta memberikan tampilan segar pada dinding

Sudah menjadi hal mendasar untuk memastikan rerumputan dirawat dengan pupuk, setidaknya sekali setiap 4 sampai 5 minggu. Rerumputan ini membutuhkan berbagai nutrisi yang dapat dengan mudah Anda temukan di toko perlengkapan berkebun sebagai bahan jadi.

5. Sudut personal

Memiliki halaman rerumputan sendiri hampir sama rasanya dengan memiliki ruangan di mana Anda dapat menikmati pemandangan dan mencium aroma bunga di sekeliling Anda. Untuk mewujudkannya, Anda perlu memikirkan mengenai desain taman sebelum memasang dan menanam rumput atau kapan Anda ingin merombak taman Anda.

Entah Anda meminta bantuan para ahli atau Anda memang minat melakukannya sendiri, Anda dapat selalu mengukur taman Anda dengan gambar sederhana dan memilah-milah area yang ingin Anda miliki. Area ini dapat termasuk jalur menuju taman dengan jalan setapak agar rumput Anda awet, seberapa banyak tanaman yang ada dalam pot serta furnitur apa yang cocok menghiasi taman sehingga menjadi tempat untuk bersantai juga.

6. Sederhana namun indah

Tidak dibutuhkan banyak selain dari rerumputan untuk bisa menciptakan taman indah, dan Anda masih bisa berinovasi dengan memisahkan halaman Anda menjadi dua bagian. Pada salah satu sisinya, Anda dapat menambahkan dek kayu yang membuat Anda memiliki area sosial untuk beraktivitas, mengadakan barbekyu, lengkap dengan konter penyajian minuman dan kursi bar. Di sisi lainnya, Anda dapat memiliki halaman untuk beristirahat dan menikmati sekeliling.

Salah satu masalah yang mungkin timbul dengan gaya halaman seperti ini adalah munculnya alang-alang yang merusak tanaman dan menjadi hama. Hama tanaman yang masih kecil harus segera dicabut hingga ke akarnya menggunakan sekop. Jika masalah hama tanaman yang dihadapi lebih serius, gunakanlah herbicide atau pembasmi hama.

7. Pemisahan alami dengan bunga

Cara lainnya untuk mendesain tanaman serta memisahkan beberapa area tertentu di rerumputan adalah dengan menggunakan bunga. Selain memberikan sentuhan warna-warni, keragaman dan keindahan bunga pun mempengaruhi daerah sekitarnya.

Cara lain merawat rumput adalah dengan membiarkannya bernapas. Menggunakan garpu jerami saat merawat tumbuhan diperlukan untuk membantu membuat lubang yang kemudian diisi pasir. Teknik demikian membantu memperbaiki aliran air serta memberikan oksigen hingga ke akar tanaman. Garpu jerami sebagai alat berkebun membantu menyimgkirkan daun mati dan kotoran lainnya dari rumput.

8. Ruang yang terbagi secara baik

Rerumputan selalu ditemani oleh desain yang melengkapi ruangan yang sama. Tidak masalah apakah Anda memiliki area kecil sekalipun, Anda dapat memperbaiki area kecil ini sehingga tampak elegan. Anda perlu merawat halaman Anda dan untuk memperindahnya, Anda dapat menambahkan bunga-bunga.

Anda dapat juga menambahkan bebatuan sebagai jalur berjalan, pencahayaan yang cukup, namun dengan ekstra perawatan di sekeliling dinding halaman sehingga semuanya harmonis.

9. Taman di sekeliling rumah

 Taman by KREATIVE HOUSE
KREATIVE HOUSE

NORTH SIDE BUILDING VIEW

KREATIVE HOUSE

Kelebihan dari keberadaan alam hijau di sekitar rumah adalah membantu membuat rumah memiliki tampilan yang cantik dan sangat indah untuk taman belakang maupun taman depan. Anda dapat juga menambahkan pot tanaman berisi berbagai spesies tanaman untuk menghiasi taman.

Perawatan rumput juga akan berubah menyesuaikan musim dan iklim di mana Anda berada, dan jika Anda ingin merawat taman Anda sendiri, Anda perlu mencari informasi relevan atau banyak-banyak berbelanja barang-barang dan peralatan berkebun untuk membiasakan diri Anda dan menjaga taman tetap tampil indah.

10. Teras berlekuk

Untuk menciptakan desain patio serta memberikan kehidupan pada taman, Anda dapat menggunakan bentuk geometris, entah itu bentuk kotak atau persegi atau berlekuk atau lingkaran. Seperti dalam contoh yang berikut ini, di mana semua aksesoris taman mengikuti bentuk geometris melingkar dari jalur setapak hingga ke bentuk furniturnya seperti meja dan kursi.

Jika Anda menyukai ide-ide patio berikut, inilah waktunya untuk menambahkan tanaman ini di dalam rumah Anda!

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!