Rumah by 지성하우징

8 Kesalahan Fatal Eksterior Rumah yang Harus Dijauhi!

Homify.co.id Homify.co.id

Tanya harga

Invalid number. Please check the country code, prefix and phone number
Dengan mengklik 'Kirim' saya mengkonfirmasi bahwa saya telah membaca dan menyetujui Kebijakan Privasi bahwa informasi saya akan diproses.
Catatan: anda dapat mencabut persetujuan tersebut kapan saja dengan mengirim email ke privacy@homify.com.
Loading admin actions …

Setiap kali kita memikirkan bagian eksterior rumah, pastinya yang kita pikirkan adalah mengenai estetika, warna, dan juga cara yang lebih baik agar membuatnya tampak lebih cantik. Tetapi, Anda juga perlu memahami jika kenyamanan dan kegunaan dari tiap bagian eksterior harus diperhatikan dengan baik. Jangan sampai, rumah Anda memiliki beberapa kesalahan fatal berikut ini.

Apa saja kah kesalahan fatal eksterior rumah yang harus dijauhi? Mulai dari rincian tiap kesalahan hingga elemen yang membuat suasana eksterior tidak nyaman, akan kita bahas di artikel kali ini. Ingin tahu lebih lanjut? Yuk langsung simak selengkapnya di bawah ini dan siap-siap membawa buku catatan Anda dan mencentang kesalahan yang sudah Anda lakukan!

1. Masalah keamanan

Ketika Anda memikirkan aspek estetika atau keindahan dari rumah, jangan lupa untuk memikirkan mengenai keamanan juga. Hal ini dikarenakan, beberapa desain memang dapat menciptakan suasana yang nyaman pada rumah, akan tetapi sering melupakan pencahayaan yang baik.

Pintu masuk dengan cahaya yang terlalu remang contohnya, dapat menjadi hal yang kurang bagus karena menciptakan celah atau suasana yang gelap dan rentan kejahatan. Akan lebih baik lagi, jika Anda memasang lampu atau alarm yang dapat mendeteksi getaran mencurigakan di luar rumah. Dengan begitu, rumah Anda lebih indah dan juga aman!

2. Membuat rumah terlalu nyaman

Privasi adalah sesuatu yang banyak dicari orang ketika akan mendesain rumah, terutama jika pada bagian depan rumah terlihat banyak interior dan furnutir dari luar. Mengingat biasanya jalan selalu sibuk oleh lalu lalang kendaraan atau orang, maka menyisihkan kenyamanan dan memementingkan privasi dan keamanan jauh lebih baik.

Akan tetapi, jika Anda memilih untuk memberikan lebih banyak cahaya alami ke dalam ruangan dengan menempatkan jendela yang besar, memasang panel kayu atau menempatkan sedikit penghalang dengan bantuan arsitek mungkin adalah solusi terbaik. Dengan begitu, cahaya alami dapat tetap masuk, interior dapat tetap terjaga, dan risiko kehilangan pun lebih kecil. Cara lainnya adalah dengan memasang jendela tersebut dengan gorden, yang akan membuat eksterior rumah erlihat bagus, elegan, dan juga ekonomis..

3. Tidak menjaga keindahan rumah

 Rumah by 지성하우징
지성하우징

모던함 속에 고급스러움을 간직한 전원주택[충남 천안]

지성하우징

Bagian depan atau eksterior rumah adalah hal yang pertama dilihat dari rumah. Maka dari itu, hal utama yang umumnya kita lakukan adalah mendesain eksterior agar terlihat orisinil dan berbeda dengan rumah lainnya. Namun, hal ini seringkali membuat Anda melakukan kesalahan dalam menghiasnya. Terkadang, Anda akan menempatkan terlalu banyak dekorasi atau warna yang mencolok dan menarik perhatian, tetapi tidak selaras dengan desain rumah Anda.

Jadi, jika Anda ingin memberikan sentuhan khusus pada eksterior, makan cara terbaik dan efektif yang homify sarankan adalah melalui pemilihan warna. Namun, jika Anda ragu mengenai warna apa yang bagus untuk digunakan sebagai cat eksterior, memberikan sentuhan detil pun bisa dilakukan Misalnya, dengan menempatkan balok kayu yang dicat ke eksterior, pagar, atau juga taman. Anda juga perlu cermat dalam melakukan hal ini. Jangan sampai, eksterior rumah malah jadi kacau dan terlihat norak.

4. Apakah rumah terlihat lucu pada siang dan malam hari?

Jika Anda memilki eksterior rumah yang indah, tidak peduli seberapa sempurnanya eksterior tersebut, namun jika tidak terlihat saat malam, maka akan percuma jadinya. Maka dari itu, pencahayaan adalah elemen terpenting pada bagian depan rumah Anda. Untuk itu, jangan lupa memasang lampu di beberapa titik strategis, yang memperlihatkan keindahan rumah Anda saat malam hari. Dengan begitu, desain rumah indah Anda akan tersorot dengan baik sepanjang hari!

5. Rumah yang tidak menyambut tamu

 Rumah by epb arquitectura
epb arquitectura

Fachada Frente

epb arquitectura

Ketika Anda menyambut tamu,tentunya kita ingin agar mereka dapat merasa diundang masuk. Sehingga, akses yang mudah bagi tamu adalah hal yang penting. Seperti misalnya bel di dekat pintu, bel yang berfungsi dengan baik, dan juga bel yang terdengar jelas dari dalam rumah. Sehingga, tamu tidak perlu buang-buang waktu dengan mengetuk pintu atau berteriak memanggil nama Anda dari luar.

6. Penunjuk arah rumah yang kurang jelas

Bagian dari eksterior rumah yang jarang diperhitungkan adalah nomor rumah. Seringkali kita lupa memasang nomor rumah, letaknya tersembunyi atau bahkan sudah dibaca, yang membuat tamu, keluarga atau teman Anda kesulitan untuk menemukannya

Hal ini sangat penting, mengingat nomor rumah memiliki beberapa keunggulan dan desain yang berbeda. Dengan begitu, Anda dapat menyesuaikannya dengan desain rumah Anda. Idealnya, nomor rumah dibuat tidak terlalu kecil dengan angkan dan warna yang kontras di dinding. Selain itu, nomor rumah jugak perlu diberi penerangan di malam hari, agar mudah ditemukan setiap saat..

7. Pintu masuk yang nyaman, bukan hanya bergaya

Jika rumah Anda memiliki jalan masuk, apakah berbentukdari  taman, beton atau kombinasi keduanya, sebisa mungkin kita harus membuat pintu masuknya senyaman dan seaman mungkin.

Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk selalu menjaga tanaman di sekitar pintu masuk dalam kondisi sempurna. Jangan sampai, ketika musim hujan tiba, tanaman tersebut malah roboh dan menimbulkan bahaya bagi orang yang masuk. Selain itu, perhatikan pula ukuran pintu masuk, agar Anda dapat memasukkan atau mengeluarkan barang yang lebar seperti furnitur, tas, dan lainnya dengan lebih nyaman dan aman.

8. Memberi jalan masuk yang mudah bagi maling

Ada detil tertentu yang seringkali kita anggap tidak terlalu penting, akan tetapi dapat menjadi jalan masuk bagi maling untuk masuk ke dalam rumah.

Untuk itu, memperhitungkan ukuran jendela, ventilasi dan akses udara lainnya adalah pilihan yang perlu Anda pertimbangkan. Anda dapat memasang teralis pada titik-titik tertentu di dalam rumah atau juga menginstal alarm agar kondisi rumah lebih aman. Meskipun sederhana, hal ini dapat menjauhkan rumah Anda dari bahaya kriminalitas. Lakukan sekarang atau menyesal belakangan!

Ingin tips rumah lainnya yang tak kalah bermanfaat? Simak 'cara menata rumah hanya dalam 15 menit' berikut ini!

Kesalahan apa saja yang telah Anda lakukan? Yuk share di kolom komentar bersama ribuan pengguna lainnya!
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!