Ruang Keluarga by studio wok

Tren Interior Terkini: Pembagian Dapur dan Ruang Tamu yang Cantik

Prisca Akhaya Prisca Akhaya
Google+
Loading admin actions …

Perencanaan ruangan tamu dan dapur yang terbuka sudah lama menjadi acuan penuh gaya di dunia desain interior. Tren kini mengalami perputaran dan ruangan yang dibiarkan terbuka sudah mulai tergeser digantikan oleh pembagian dan penyekatan antar ruangan.

Bagaimanapun, pendekatan ruangan yang demikian bukan berarti setiap orang menginginkan rumahnya terbagi-bagi. Kali ini, yang diutamakan adalah keseimbangan, dengan sedikit pemisahan tanpa membatasi ruang gerak dalam rumah. Pembagian ruangan yang menjadi tren adalah dapur yang bersebelahan dengan ruang tamu, namun dengan penyekatan yang baik. 

Terdapat banyak cara yang mungkin dicoba untuk tetap mempertahankan kesan terbuka namun tetap dengan pembatas yang sesuai. Proyek di Milan ini sanggup mengatasi situasi demikian. Desain ruangan yang satu ini muncul dari keinginan pemilik untuk menambah luas dapur serta menyembunyikannya dari pandangan di ruang tamu. Solusi yang ditawarkan di buku ide berikut sangatlah kreatif. Mari melihatnya!

1. Ruangan modern dan fungsional

 Dapur by studio wok
studio wok

The light blue box

studio wok

Mari memulai tur keliling rumah dengan melihat hasil akhir dapur yang lega, modern dan fungsional dengan banyak tempat penyimpanan praktis dan area persiapan yang lebar dengan cukup ruang gerak.

Perhatikan penggunaan warna putih dan pastel di sini. Palet warnanya menciptakan ilusi adanya ruangan yang lebih lebar di ruangan yang tadinya terbatas, dan membuat dapur tampak bergaya modern dan lega.

2. Tertutup dan cerah

 Ruang Keluarga by studio wok
studio wok

The light blue box

studio wok

Di sini dapat dilihat pemisahan antara dapur dengan ruang tamu yang memiliki unit dinding berwarna biru langit: dengan pembatasan yang tertutup dan cerah berkat adanya bukaan kecil yang memungkinkan cahaya masuk dari dapur dan menawarkan penampilan menawan dari dapur. Desainer interior telah mendesain proyek ini dengan sruktur kubus yang multifungsional dengan diameter sebesar 60 cm dari area di mana dapur tadinya berada. Pemisahan yang cantik atau lemari ini tidak hanya indah dengan warna cerah namun juga menawarkan area penyimpanan untuk dalam apartemen kecil. Sebuah cara yang pintar dan sangat praktis dalam mendesain ruangan kecil!

3. Inspirasi dari masa lalu

 Ruang Keluarga by studio wok
studio wok

The light blue box

studio wok

Dari sudut berikut dapat dilihat cara pemisahan ruangan dilakukan, di mana desainer membangun lemari besar berwarna biru telur bebek sebagai partisi. Sangat kreatif, bukan?

Bukaan pada dindingnya menjadi detail yang indah dan memberikan pemandangan dapur yang juga praktis untuk memindahkan makanan dari ruangan ke ruangan. Elemen desain rumah ini sering ditemukan di rumah-rumah tua, yang menjadi inspirasi referensi gaya vintage ini! Berikut dengan warna pastel, furnitur modern, tanaman dalam pot dan lantai blok kayu yang disusun secara geometris atau parquet, rumah semakin terkesan muncul dari tahun 1950's.

4. Struktur modular

 Ruang Keluarga by studio wok
studio wok

The light blue box

studio wok

Lemari berikut telah didesain dengan solid, aman dan juga berfungsi sebagai alat partisi sementara, tanpa perlu membangun secara permanen dengan batu. Artinya, partisi dengan gaya seperti ini sangat mudah dibongkar jika diperlukan atau jika penghuni ingin kembali membuka batasan antara ruang tamu dan dapur.

5. Gaya bergeser

 Koridor dan lorong by studio wok
studio wok

The light blue box

studio wok

Struktur modular dari dapurnya juga melibatkan keberadaan pintu geser, yang menyediakan pilihan yang mengisolasi area dari sisa ruangan lain dalam rumah. Partisi yang demikian memberikan kedua ruangan privasi tambahan dan juga mencegah menguarnya bau masakan yang menyengat dan menyebar ke seluruh rumah.

6. Gaya minimal

 Dapur by studio wok
studio wok

The light blue box

studio wok

Ruang yang terbatas dalam apartemen ini memungkinkan setiap elemen dari dapur baru didesain untuk memenuhi ruangan seminimal mungkin. Kulkasnya sudah dibangun agar masuk ke dalam cekungan di dinding yang bersambungan dengan kamar mandi, dan kabinet dapurnya rendah dan memanjang.

Meski dengan ruangan yang terbatas, dapur ini memiliki segala yang diperlukan pasangan masa kini. Dapur yang demikian terasa ringan, segar dengan banyak gaya mewah.

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!