Kamar Tidur by Asortie Mobilya Dekorasyon Aş.

24 Kesalahan Fatal Dekorasi Rumah yang Harus Dihindari!

Prisca Akhaya Prisca Akhaya
Google+
Loading admin actions …

Dekorasi merupakan salah satu topik populer yang ada di Homify, dan kali ini, lewat buku ide yang satu ini, akan dijabarkan dan ditunjukkan dekorasi yang termasuk dalam kategori gagal total. Dekorasi yang tidak sesuai dan tidak mewakili gaya rumah yang ingin diwujudkan termasuk di antaranya. Seperti apa karakteristik dekorasi yang tidak termasuk ke dalam dekorasi yang berhasil?

1. Dapur tanpa kehidupan

Kombinasi warna di dalam dapur ini bisa digolongkan sebagai bencana. Ruangan ini tidak memiliki kontras yang tidak sedap dipandang sehingga ruangan terasa membosankan dan tidak memiliki gaya.

2. Kereta kencana di kamar tidur?

Contoh yang satu ini benar-benar tampak seperti film horor. Dalam dekorasi, hal pertama yang harus dipahami adalah proporsi dan pencahayaan. Konsep yang satu ini jelas bencana besar. Bukannya jadi romantis untuk gadis kecil yang menempati ruangan ini, yang satu ini hanya menjadi kamar dengan selera buruk.

​3. Hati-hati menggunakan dekorasi etnik

Saat Anda ingin mengikutsertakan gaya etnik pada dekorasi rumah, berhati-hatilah dengan jumlah objek yang akan ditempatkan di dalam ruangan dan seperti apa dekorasi yang ingin diciptakan. Risiko menciptakan mural yang terlalu mencolok juga terlalu besar karena pemandangan dekorasi menjadi lebih tidak menyenangkan dan Anda harus menghapusnya. 

4. Jangan melapisi dinding dengan bahan beludru

Dekorasi dinding rumah bisa menjadi tambahan menarik bagi rumah Anda dan melapisi dinding pun salah satu contohnya. Namun, untuk bahan pelapis, usahakan untuk tidak memilih bahan beludru seperti ini agar tidak menjadi mimpi buruk dekorasi.

​5. Terlalu berlebihan

Gaya klasik dapat menciptakan atmosfer elegan ketika diaplikasikan dalam dosis yang sesuai. Seperti kata pepatah, semua yang berlebihan memang tidak baik dan justru akan merusak, seperti ruangan ini yang tampak seakan keluar dari ensklopedia dengan banyak sekali objek dan ruangan yang benar-benar penuh sesak.

​6. Pentingnya memilih warna dinding

Warna dinding merupakan bagian vital dari dekorasi ruangan yang berhasil karena warna akan membantu terciptanya sensasi dimensi ruangan yang sesuai dengan pencahayaan dan perasaan yang ditimbulkan ruangan. Warna seperti ungu seringkali malah membuat lingkungan tampak gelap, dan warna cerah nan intens seperti oranye dan hijau tidak sesuai dalam rumah.

7. Keputusan buruk bagi langit-langit

modern Bedroom by homify
homify

Theme based headboard and bedroom false ceiling design

homify

Langit-langit sering diabaikan dalam proses dekorasi rumah, namun jangan sampai mendekorasi langit-langit dengan gaya terlalu ekstrem. Langit-langit seperti dalam gambar ini jauh dari estetika, harmoni dan gaya.

8. Kamar tidur kuno

 Kamar Tidur by Hasta architects
Hasta architects

Ground floor Master bedroom wardrobe

Hasta architects

Ide memanfaatkan dimensi ruang kamar bukanlah hal yang baru, namun hanya dapat diwujudkan dengan furnitur yang sesuai dan kombinasi warna yang tepat. Ini dia salah satu contoh mengenai apa yang harus dihindari dalam dekorasi kamar tidur. Kamar tidur kuno ini tidak memiliki karakter sama sekali.

​9. Tidak mengikuti gaya tertentu atau tema tertentu

Bagaimana menurut Anda ruangan yang satu ini? Mengurangi keindahan ruangan dengan gempuran warna, tekstur, serta pola yang berbeda merupakan kesalahan fatal dalam mendekorasi. Jika Anda ingin memberikan sentuhan eklektik untuk ruangan Anda, pilihlah tema tertentu untuk diwujudkan dan pilih objek yang sesuai dengan gaya tersebut.

​10. Pilihan buruk dalam kombinasi pola

Yang satu ini sebenarnya memiliki potensi mengingat warna dominannya adalah hitam putih yang klasik, elegan dan abadi. Kegagalan terjadi akibat adanya pola psychedelic yang memusingkan.

​11. Kombinasi warna yang buruk

 Dapur by homify
homify

Modular kitchen design

homify

Warna hijau seharusnya dapat tampak segar dan alami, serta merupakan pilihan yang sesuai untuk mendekorasi dapur. Kesalahan terjadi ketika warna yang dipilih serta kombinasinya adalah dengan warna kuning. 

12. Kesalahan yang terulang kembali

Kesalahan yang banyak sekali dilakukan di dalam rumah adalah adanya penggunaan dekorasi yang tergolong berlebihan, bahkan dalam hal pelapis dinding. Dinding yang dilapisi haruslah diukur, terutama dalam ruangan yang terbatas. Kesalahan dalam kamar mandi ini adalah adanya desain dinding yang berlebihan.

​13. Dekorasi yang terlalu keras dengan selera buruk

Kamar tidur seharusnya memiliki desain dan dekorasi yang membuat orang yang ada di dalamnya merasa rileks dan bisa melepaskan penat. Tidak mungkin kamar dengan tampilan seperti ini dapat membuat orang yang ada di dalamnya merasa nyaman dengan gaya yang berantakan. 

14. Detail yang memberikan perbedaan

Detail yang unik sebenarnya bisa menentukan nasib keberhasilan dekorasi sebuah kamar atau tidak. Yang satu ini pun menjadi contoh kegagalan detail yang seharusnya bisa mengangkat keunikan kamar. Pelajaran yang bisa dipetik adalah hiasan yang dipasang di dalam rumah haruslah dipertimbangkan masak-masak, terutama jika yang diharapkan adalah suasanya yang orisinil. Taman buatan seperti pada gambar ini malah menjebak dan merusak gaya ruangan, hanya dibiarkan berdebu.

​15. Ide yang buruk

 Dapur by Shape Interiors
Shape Interiors

Corian engraving Kitchen

Shape Interiors

Tidak semua kombinasi dekorasi bisa berhasil. Meski motif bunga-bunga biasanya sanggup memberikan gaya feminin yang lembut bagi dekorasi ruangan, namun saat berada dalam jumlah berlebihan dan ditempatkan di tempat yang salah, hasilnya adalah malapetaka. 

​16. Tanpa harmoni

Pola bisa menjadi sentuhan yang menarik ketika tepat penempatannya dan ada dalam jumlah secukupnya, dan dalam kasus yang satu ini, tidak ada harmonisasi sama sekali untuk menciptakan ruangan yang nyaman. 

​17. Ruangan yang kosong dan dingin

Ruang tamu merupakan ruangan ideal dalam rumah untuk berkumpul dengan keluarga dan menghabiskan waktu bersama. Seringkali, ruang tamu juga menjadi area ditempatkannya televisi. Karena itu, hindari pengaturan ruang tamu seperti dalam gambar ini yang terkesan kosong dan dingin karena jauhnya letak televisi. 

​18. Pentingnya perawatan karpet

Karpet dan berbagai bahan rajutan dengan pola binatang memang memiliki penggemar dan daya tarik tersendiri. Namun, pastikan karpet yang Anda pilih tidak berbentuk layaknya hewan asli atau bencana seperti gambar berikut, di mana karpet hewan tampak seperti mayat hewan. 

​19. Yang jauh lebih buruk

Meja ini terlihat seperti menimpa dan menindih hewan secara sadis.  

​20. Furnitur yang tidak jelas gunanya.

Dalam hall yang menyambut langkah kaki Anda saat memasuki rumah, Anda perlu memiliki kesan ramah dan mengundang yang terpancar dari interior Anda. Hindari penempatan kursi yang tidak akan digunakan dan pilihlah furnitur yang akan menambar karakter ruangan. 

​21. Jangan menggunakan rantai

Kursi di ruang makan ini benar-benar bencana besar. Selain warna yang tidak menarik, desain dari kursi pilihan ini juga tidak membantu dengan rantai-rantai yang aneh. 

​22. Jangan menempatkan sesuatu yang tidak Anda yakini

Tujuan dari dekorasi adalah untuk memperindah ruangan melalui warna, tekstur dan objek yang ditempatkan secara koordinatif. Jika Anda sendiri tidak yakin mengenai dekorasi yang Anda rencanakan, sebaiknya jangan memaksakan sesuatu yang tidak Anda yakini tersebut atau Anda akan menghancurkan estetika dalam rumah. 

23. Disproporsi

Proporsi dan keseimbangan adalah kunci dekorasi yang sukses dan mengabaikan hal ini dapat menciptakan kekacauan seperti dalam gambar ini. Mural yang berlebihan jadi bertabrakan dengan sprai, tirai dan bantalan duduk, dan akhirnya menciptakan sesuatu yang tidak sedap dipandang. 

​24. Terakhir

Satu lagi contoh dari dekorasi yang berlebihan. Ketika berada di dalam ruangan, terdapat satu objek dengan warna beraksen sehingga ruangan makin berkarakter, Anda seharusnya berhenti di sana. Jangan menambahkan objek lain yang hanya akan membuat objek mencolok saling berkompetisi satu sama lain seperti dalam kasus berikut. 

Yang mana dekorasi yang paling mengerikan? Pastikan Anda tidak melakukannya!

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!