Taman by Zendo 深度空間設計

8 Taman Minimalis Cantik Tanpa Lahan Luas

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Rumah tanpa taman bagaikan masakan tanpa garam. Sayangnya, tidak semua dari kita memiliki area atau lahan untuk menciptakan taman impian. Namun homify percaya, keterbatasan bukan halangan buat mewujudkan keinginan. Oleh karena itu, ulasan berikut ini menampilkan beberapa contoh desain taman di lahan sangat sempit untuk referensi Anda. 

1. Bak tanaman di belakang rumah

Sebidang kecil tanah dalam bak tanaman sudah cukup untuk menciptakan taman impian. Tambahkan lampu sorot di beberapa titik agar terpancarlah keindahan taman di malam hari. 

Baca tentang cara mengubah penampilan halaman belakang di: 

Renovasi Taman Belakang Menjadi Tempat Bersantai yang Menawan

2. Tanaman dalam pot

Tinggal di apartemen bertingkat bukan menjadi sebab Anda tak bisa memandang hijaunya dedaunan. Pilih tanaman hias berdaun unik dan tanamlah dalam pot yang unik pula. Tempatkan di beberapa titik strategis di mana Anda bisa memandangnya setiap saat. 

3. Deretan tanaman di muka teras

Area sempit memanjang di depan teras bisa makin cantik dengan paduan tanaman tinggi dan rendah dari jenis yang berbeda. Tanaman di belakang sebaiknya jenis tanaman tidak berbunga, dan deretan di depannya adalah tanaman berbunga warna-warni seperti dalam contoh. 

4. Tanaman di sekitar jalan setapak

Jangan biarkan jalan setapak mulus tampak gersang. Hiasi dengan tanaman yang mudah dipelihara dan tidak akan tumbuh menutupi jalan setapak. 

Baca juga: 

11 Ide Menawan Untuk Jalan Taman Anda 

5. Halaman berumput hijau

Lahan kosong di rumah sebaiknya tidak ditutup dengan semen atau beton. Manfaatkan sebagai area resapan air. Jika tak punya banyak waktu buat merawat tanaman, penuhi lahan kosong dengan rumput. 

6. Kolam ikan

Kolam ikan juga merupakan cara memanfaatkan halaman sempit secara efektif. Cocok untuk Anda yang ingin punya hewan peliharaan tapi tidak ingin rumah kotor akibat bulu binatang atau malas membersihkan kotorannya. 

7. Tanaman dan batu-batuan

Selain rumput, memenuhi lahan dengan batu-batuan juga pilihan tepat bagi Anda yang tak punya waktu mengurus tanaman. Pilih tanaman yang tak membutuhkan perhatian ekstra dan tidak terlalu banyak jenisnya. 

8. Taman vertikal

Selain menanam tanaman dalam pot, taman vertikal kini jadi solusi menghadirkan kesegaran alam dalam gedung bertingkat. Bisa ditempatkan di manapun termasuk dalam kamar mandi. 

Temukan ide taman vertikal selengkapnya di: 

37 Desain Taman Vertikal 

Manakah ide taman yang paling menarik untuk Anda?
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!